Ruang Baca Keluarga Senyaman Taman Santai

Anak-anak Anda sudah mulai tertarik dengan buku bacaan? Atau keingintahuaanya sudah mulai tak terbendung? Anda bisa mulai mengajaknya bermain sambil belajar di ruang keluarga.

Ruang baca keluarga bisa jadi salah satu cozy spot favorit untuk menghabiskan waktu senggang dengan membaca buku. Bila di artikel sebelumnya, kami telah mengulas tentang pentingnya memiliki perpustakaan minimalis pribadi di rumah, maka tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas tentang bagaimana cara “menikmatinya”.

Ruang Baca Keluarga Sebagi Perpustakaan Prinado

Meski antara perpustakaan pribadi dan ruang baca saling terkait, namun dalam desain rumah minimalis, bisa jadi dua elemen tersebut harus dibuatkan ruang yang terpisah.

Perpustakaan pribadi kita fokuskan sebagai tempat menyimpan buku dan majalah. Untuk jangka panjang,  ruangan ini akan didominasi oleh berbagai buku bacaan. Letak ruang ini tak harus strategis, asal cukup untuk menampung banyak buku, misal di ruang bawah tangga menuju lantai dua.

 ruang baca keluarga, desian ruang baca minimalis, ruang baca sederhana,
ruang baca keluarga – diminimalis.com

Sedangkan untuk ruang baca, tujuannya lebih untuk menghadirkan kenyamanan semaksimal mungkin ketika Anda sedang menikmati buku bacaan di rumah.  Jadi kita bisa bedakaan, buku ya buku, tempat menyimpannya ada di perpustkaan, lokasinya bisa dimana saja asal rapi. Sedangkan ruang baca, tak harus jadi satu dengan perpustakaan asal ada sirkulasi udara yang cukup demi kenyamanan saat membaca.

Memanfaatkan Space Kosong jadi Ruang Baca Keluarga

Jika Anda tidak punya ruang khusus untuk membaca sedari awal, Anda juga dengan memanfaatkan space kosong dalam ruangan untuk jadi reading corner -nya. Jika tidak ada ruang kososng, Anda tetap bisa membuat ruang baca di ruang keluarga sebagai ganti ruangan khusus baca.

Sofa yang ada di ruang keluarga bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk saat nanti anak asyik membaca. Anda juga bisa menempatkan bantal kursi atau tambahan boneka dan mainanan apapun agar si kecil semakin betah berlama-lama.

Jangan lup untuk memasang lampu baca khusus agar momen saat dia membaca tidak terganggu. Atau jika tidak mau beli lampu baru, Anda bisa mengubah lampu di ruang keluarga menjadi lebih terang.

Untuk media tempat menyimpanan buku, Anda bisa meletakkan lemari di salah satu sudut ruangan. Jika anak Anda memamng masih kecil, tidak usah ukurannya yang terlalu besar.

Sebagai tambahan, meja ruang keluarga juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan (storage) buku atau majalah langganan Anda. Begitu juga dengan meja televisi, Anda bisa memanfaatkan bagian bawahnya sebagai storage koran atau buku-buku penting lainnya.

Selanjutnya untuk perabotan yang bisa Anda tempatkan di ruang baca keluarga ini adalah karpet. Ini bisa jadi alternatif jika Anda dan anak-anak lebih nyaman duduk di bawah ketimbang di atas kursi.

Ruang baca keluarga nyaman maksimalkan produktifitas membaca Anda

Ketika Anda sudah mengambil salah satu buku dari perpustakaan pribadi untuk dibaca, maka selanjutnya Anda tinggal menikmatinya senyaman mungkin di ruang baca Anda. Alangkah baiknya Anda membuat ruang baca yang jauh dari ruang TV supaya fokus Anda tidak terganggu oleh suara TV yang sedang menyala. Ruang baca juga sebaiknya dijauhkan dari dapur karena suara dari aktifitas di dapur serta aroma masakan yang sedang di masak juga bisa mengganggu Anda ketika membaca buku.

 ruang baca keluarga, desian ruang baca minimalis, ruang baca sederhana,
ruang baca keluarga di samping ruang terbuka – diminimalis.com

Ruang baca yang paling ideal adalah yang paling dekat dengan ruang terbuka, supaya kita bisa memanfaatkan sirkulasi udara demi mendapatkan nuansa rileks ketika membaca. Pastikan juga tempat tersebut cukup tenang dan kondusif untuk membaca.

Selain itu perbanyak tanaman di sekitar ruang baca Anda bila kebetulan ruang baca Anda berdampingan dengan taman. Karena aktifitas membaca tidak akan banyak membakar kalori, maka asupan oksigen harus cukup untuk mempertahankan performa tubuh Anda.

Bila ruang baca Anda tidak berdampingan dengan taman, maka pastikan pencahayaan pada ruang tersebut cukup memenuhi syarat untuk kesehatan mata Anda ketika membaca. Jangan lupa siapkan juga meja kecil untuk menempatkan minuman serta cemilan untuk menemani santai Anda bersama buku kesukaan.

Demikian ulasan kami tentang membuat ruang baca yang nyaman, Anda juga bisa membaca artikel terkait kami di bawah ini.(ls) -editted by RN14122019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.