Roof Garden Minimalis Tempat Santai Keluarga dengan View yang Indah

Munculnya tren desain roof garden minimalis kini terus berkembang seiring dengan isu pemanasan global. Hal ini juga kemudian direspon oleh kampanye bangunan hijau yang diusung oleh para pemerhati lingkungan. Aplikasinya mulai tampak pada atap gedung-gedung perkantoran, mall maupun hotel. Gerakan ini ternyata terbukti mampu mengurangi efek rumah kaca sekaligus menjadi paru-paru kota.

Saat ini tren roof garden mulai merambah pada perumahan. Alternatif taman rooftop sangat direkomendasikan, terlebih bagi Anda pemilik rumah tipe minimalis yang ingin berkontribusi menghijaukan bumi. Nah, seperti apa desain roof garden minimalis yang bagus? Kita akan bahas di artikel kali ini.

Hal Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Roof Garden Minimalis

Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
roof garden dengan pencahayaan yang indah di malam hari – diminimalis.com

Membangun roof garden sebenarnya tidak sulit asalkan Anda mengetahui dan memperhatikan tiap tahapan pengerjaannya. Berikut ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum mulai merancang roof garden.

Kekuatan Dak Atap Rumah

Pastikan struktur atap rumah cukup kuat untuk menahan beban. Sebab dak beton tak hanya menahan bebannya sendiri, tetapi juga media tanam seperti tanah, tanaman, furnitur dan aktvitas kita disana. Salah perhitungan pada kekuatan struktur atap dapat menyebabkan resiko robohnya bangunan.

Lapisan Waterproofing

Atap pada roof garden minimalis sangat rawan terhadap kebocoran. Oleh karena itu, dak beton harus dilapisi oleh material waterproofing terlebih dulu untuk mencegah merembesnya air masuk ke ruangan yang terdapat di bagian bawahnya.

Saluran Drainase

Selanjutnya adalah membuat instalasi air bersih dan pembuangan air kotor. Tambahkan kerikil, pasir dan batu apung agar air mudah mengalir ke lubang saluran pembuangan. Kemudian lapisi dengan ijuk yang berfungsi menahan butiran tanah agar tidak menyumbat saluran pembuangan.

Tinggi Lapisan Tanah

Cara mempercantik roof garden minimalis berikutnya adalah membuat lapisan paling atas pada taman. yang menggunakan campuran tanah dan pupuk kompos. Tinggi lapisan tanah cukup 5 hingga 15 cm saja. Kemudian tanami rumput dan tanaman sesuai selera. Anda juga bisa melapisi dak dengan lantai kayu untuk meminimalisir perawatan. Kemudian, letakkan pot berisi tanaman berbunga di tepi taman atau tanaman rambat pada pagar pembatas.

Manfaat dan Cara Membuat Roof Garden di Rumah Idaman Anda

Sebelum Anda mengetahui cara membuat roof garden di rumah Anda, alangkah baiknya untuk mengetahui manfaat membuat roof garden.

  • Menurunkan suhu udara pada hunian. Roof garden dapat menurunkan suhu dan membuat hawa sejuk pada ruangan secara alami.
  • Meningkatkan daya tahan atap hunian. Roof garden dapat memberikan perlindungan pada atap dari tekanan suhu, radiasi ultraviolet, dan curah hujan.
  • Tempat serbaguna. Roof garden dapat dimanfaatkan menjadi taman untuk bersantai, tempat olahraga, area cafe dan lain-lain.
  • Membantu mengurangi polusi udara. Keberadaan taman hijau akan membantu menyerap polusi dari kendaraan atau limbah. Sehingga keberadaan roof garden minimalis dapat menjadikan udara lebih bersih dan segar.

Selanjutnya, Anda dapat membuat roof garden idaman di rumah Anda agar tampak elegan dan indah. Tentunya dengan memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Membiarkan Ruangan Terbuka

Apabila ruangan yang ada di atap cukup besar, Anda bisa membiarkannya terbuka agar terlihat lebih luas. Daripada memakai pagar kayu yang biasa Anda bisa memakai pagar dari kaca agar tidak terlalu sempit. Namun, jika Anda tidak ingin privasinya terganggu jangan menggunakan pagar kaca.

2. Menanam Pohon dan Tanaman yang Tinggi

Jika Anda memiliki pandangan yang tidak terlalu bagus, Anda bisa mensiasatinya dengan menanam pohon dan tanaman yang tinggi seperti bambu. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan rumput. Anda bisa membeli rumput hias untuk menambah cantik roof garden Anda.

3. Memperhatikan Furnitur yang Digunakan

Anda harus memperhatikan kira-kira furnitur apa yang nantinya akan digunakan. Jika Anda juga menggunakan roof garden untuk area makan malam. Anda harus menambah penerangan dan furnitur tambahan seperti kursi, tempat bersantai dan lain-lain.

4. Memanfaatkan Ruang Vertikal

Memanfaatkan ruang vertikal pada taman Anda ternyata bisa menambah ruang untuk menggantungkan taman di bagian dinding. Cara ini akan membuat taman Anda terlihat beda dan unik. Anda bisa membuat taman vertikal dari kawat atau kayu yang di desain menarik.

5. Tidak Menggunakan Lebih dari Tiga Warna

Anda dapat memilih satu warna yang digunakan sebagai aksen dan dua warna lainnya sebagai tambahan saja. Menggunakan berbagai macam warna pada dinding, lantai, dan furnitur justru akan memberikan kesan yang berantakan dan ramai. Warna-warna netral seperti abu-abu, putih, dan krem bisa membuat tampilan taman lebih indah.

Merancang Roof Garden Minimalis Menjadi Semakin Cantik

Roof garden minimalis, Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
Jenis tanaman yang cocok untuk roof garden diantaranya adalah bunga-bunga tropis – diminimalis.com

Anda sudah mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat roof garden minimalis. Sekarang, diminimalis paparkan cara merancang roof garden agar lebih cantik dan elegan.

1. Memilih Jenis Tanaman

Langkah pertama untuk mempercantik roof garden Anda adalah memilih jenis tanaman. Anda bisa mengunakan jenis pohon yang sesuai dengan luas taman agar tidak terlalu banyak memakan tempat.

Anda dapat memilih jenis tanaman sebagai berikut:

  • Kamboja Jepang

Tanaman jepang merupakan tanaman yang cocok untuk roof garden minimalis Anda yang sangat mudah sekali berbunga. Selain itu, kamboja jepang juga dapat bertahan pada tanah yang kurang air karena habitat aslinya memang daerah gurun. Meskipun begitu, Anda harus memastikan tanaman ini memiliki pasokan air yang cukup.

  • Melati

Tanaman selanjutnya adalah bunga melati. Bunga ini sangat cocok di tanam di roof garden minimalis Anda. Bunga ini selain mudah untuk dibudidayakan juga dapat menambah kesan estetik taman Anda.

  • Mawar

Variasi warna yang menarik pada bunga yang satu ini dapat memberikan kesan berbeda tersendiri. Perawatan untuk bunga mawar tidaklah sulit, Anda hanya perlu memberikan nutrisi yang baik berupa pupuk kandang dan menyiramnya secara rutin.

  • Lidah Mertua

Tanaman ini biasanya digunakan untuk tanaman hias. Pertumbuhan yang cukup lambat dari lidah mertua ini menjadikan tanaman ini harus Anda letakkan untuk memenuhi roof garden minimalis Anda. Bentuk yang unik dan tampilan warna hijau dengan garis kuning menjadi taman Anda sangat menawan.

2. Memperhatikan Tata Letak Taman

Selanjutnya untuk penataan bunga, Anda bisa atur sesuai view yang ada di sekitar taman. Misalkan rumah Anda terdapat view sungai atau pegunungan. Anda bisa tempatkan tanaman di pojok salah satu sisi taman. Anda juga bisa menambahkan berbagai perabot multifungsi untuk tempat bersantai. Anda dapat memilih bean bag yang nyaman atau bench (dipan)yang dapat Anda gunakan untuk berbaring sambil membaca buku.

3. Membuat Desain yang Menarik

Anda dapat mendesain sesuai dengan sudut pandang yang bagus agar bisa menikmati view yang indah saat bersantai disana. Alangkah baiknya jika Anda tambahkan beberapa lampu penerangan, yang sesuai dengan kebutuhan. Selain untuk fungsi pencahayaan, lampu tersebut berguna untuk memperindah suasana tampilan taman di atap rumah Anda.

Demikian ulasan kami tentang roof garden minimalis. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang taman atap rumah yang indah untuk bersantai keluarga . Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL210121.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.