Tips Merenovasi Rumah Minimalis Agar Anggaran Tak Membengkak

Jika Anda sedang merencanakan renovasi rumah minimalis Anda, sebaiknya lakukan dengan penuh pertimbangan. Bukan apa-apa, sibuknya pengerjaan renovasi bisa sama dengan pembangunan rumah dari nol lho. Jadi memang perlu perencanaan yang matang tidak hanya sebatang “ingin”.

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan coba memberikan gambaran pada Anda tentang apa saja yang harus dilakukan saat melakukan renovasi rumah minimalis. Silakan dibaca sampai tuntas.

Mengapa Penting Persiapan projek Renovasi Rumah?

Persoalan renovasi rumah minimalis seringkali meninggalkan cerita panjang tentang besaran anggaran yang membengkak tanpa disadari. Sampai sering terdengar banyak orang yang melakukan renovasi rumah berkata ‘mendingan buat baru sekalian’, dikarenakan perhitungan yang meleset jauh dari perkiraan.

Renovasi rumah minimalis
Renovasi rumah minimalis – diminimalis.com

Kesalahan yang terjadi saat renovasi rumah minimalis type 21 maupun tipe yang lain biasanya terjadi dikarenakan ketidaktahuan Anda tentang cara merenovasi rumah yang benar. Apalagi jika Anda termasuk awam dalam dunia pertukangan tetapi tidak mau bertanya kepada ahlinya, akan semakin memperparah keadaan tentunya.

Tips Sukses Renovasi Rumah Minimalis

Merenovasi rumah memang tidak semudah membalikkan tangan, semuanya perlu perhitungan dan pertimbangan yang matang. Untuk membantu Anda yang awam mengenai renovasi rumah, berikut diminimalis berikan beberapa kiat yang bisa dilakukan agar biaya renovasi rumah minimalis Anda bisa semurah mungkin. Selamat menyimak.

Prioritas

Saat Anda sedang melakukan renovasi pada salah satu bagian rumah biasanya bagian rumah lainnya ingin Anda renovasi juga. Sebagai contoh, jika Anda sedang merenovasi kamar utama, Anda harus bisa menahan diri dan fokus pada kamar utama. Karena, biasanya akan datang bisikan untuk mengganti furnitur atau lainnya. Jika hal ini dituruti, bisa jadi renovasi belum selesai namun biaya sudah habis.

Barang bekas

Jangan sepelekan barang bekas. Barang bekas yang masih bisa digunakan akan banyak membantu Anda dalam menghemat biaya renovasi. Kusen pintu hingga daun jendela yang masih bisa dipakai sebaiknya tidak Anda sia-siakan. Anda hanya tinggal memvernis ulang material tersebut ataupun mendaur ulangnya agar bisa dipakai kembali dengan tampilan yang terlihat baru.

Perhitungkan dengan cermat

Hitung semua keperluan yang dibutuhkan untuk renovasi. Anda harus jeli dan cermat memperhitungkan keseluruhan biaya yang diperlukan saat renovasi, dari awal hingga tahap finishing.

Jika Anda tidak begitu paham dengan perhitungan volume bangunan ataupun biaya tukang, jangan sungkan untuk bertanya kepada yang sudah berpengalaman, agar Anda terhindar dari mahalnya biaya saat renovasi rumah minimalis Anda.

Toko material sebagai ‘teman’

Renovasi rumah minimalis
toko material – diminimalis.com

Hari ini banyak toko bangunan yang sekaligus memposisikan diri sebagai mitra pelanggannya, baik untuk membangun maupun renovasi rumah. Banyak toko yang menawarkan kemudahan dalam hal pembiayaan saat Anda membutuhkan material. Ada yang menawarkan angsuran dan ada juga yang tempo, Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak terbawa arus

Ingat, seringkali orang terbawa arus lingkungan saat melakukan renovasi. Jika Anda memiliki anggaran terbatas sebaiknya harus pintar-pintar mengendalikan diri. Bagi Anda yang mungkin tinggal di perumahan elit, tidak usahlah menuruti nafsu yang menginginkan lebih dari lainnya. Jika nafsu ini dituruti, siap-siaplah anggaran renovasi yang ada akan membengkak.

Pertimbangkan unfinished look

Ketika merenovasi rumah minimalis, Anda bisa mempertimbangkan gaya tanpa finishing. Misalnya untuk dinding tidak perlu dilapisi semen/acian tapi usung model bata ekspos, itu akan memakan biaya yang lebih sedikit bukan?

Gunakan lagi material lama

Beberapa proyek renovasi rumah minimalis tentunya membongkar bagian yang sudah rusak, jika di rumah Anda demikian, Anda bisa gunakan sisa material yang masih bisa dipakai lagi. Intinya sama, ini bisa jadi misi penghematan untuk Anda. Material-material seperti genteng misalnya akan bisa digunakan lagi jika belum pecah, begitu juga dengan material lainnya, gunakan lagi yang masih bagus.

Kombinasikan material mahal dan standar

Produk dengan kualitas di atas rata-rata tentunya harganya mahal, Anda bisa membelinya. Namun begitu, jangan terapkan pada semua produk material, gunakan yang standar juga untuk produk-produk tertentu. Dengan mencampur material standar dan mahal tentu akan lebih irit.

Terakhir, lumrahnya di daerah perkotaan menggunakan jasa pemborong dalam melakukan renovasi rumah minimalis. Anda harus jeli dalam memilih pemborong agar tidak terkena harga mahal, atau kalau tidak cukuplah Anda menggunakan tukang yang ahli namun tarifnya standar. Semoga bermanfaat (am). Editted by RN16052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.