Ketika hendak membuat rancangan rumah minimalis, menyesuaikan dengan kondisi wilayah adalah hal yang penting. Kenapa? Karena dengan membuat rancangan rumah minimalis terbaik yang sesuai dengan kondisi sekitar maka saat nanti dihuni akan nyaman dan menyenangkan.

Iklim Tropis yang ada di Indonesia ini memang membuat siapapun ketika hendak membangun rumah perlu mempertimbangkan berbagai hal agar bisa beradaptasi dengan kondisi alam yang ada.

Mengingat iklim tropis yang ada di Indonesia hanya ada dua musim saja setiap tahunnya, yaitu kemarau dan penghujan. Maka, perlu jeli dalam membangun rumah yang mana sebaiknya disesuaikan dengan kemampuannya nanti menghadapi cuaca panas dan dingin.

Rancangan Rumah Minimalis, Rancangan Rumah Minimalis modern, desain Rumah Minimalis sederhana
Rancangan rumah minimalis dengan gaya klasik yang elegan – dimnimalis.comklasik

Tips Mengatur Rancangan Rumah Minimalis untuk Wilayah Tropis

Karena pentingnya membuat rumah yang sesuai dengan keinginan, maka memperhatikan beberapa pertimbangan terkait desainnnya cukup penting.

Ada beberapa cara yang bisa Anda usahakan ketika nantinya Anda harus membuat rancangan rumah minimalis untuk Anda pakai sendiri, diantaranya:

Buat salah satu ruangan menghadap matahari langsung

Salah satu tips ampuh dalam membuat rancangan rumah minimalis tropis adalah mengatur salah satu ruangan agar menghadap matahari langsung.

Pilih salah satu ruangan yang salah satu sisi bangunannya langsung menghadap ke arah matahari di pagi ataupun sore hari. Pilihlah ruang-ruang yang memang memerlukan akses sinar matahari langsung secara maksimal.

Ruangan yang memerlukan sorotan sinar matahari secara maksimal diantaranya adalah kamar mandi, gudang, garasi dan lorong.

Untuk ruang santai atau ruang keluarga Anda bisa mengaturnya pada posisi yang lain. Mengingat kedua ruangan ini memerlukan ketenangan dan kenyamanan saat bersantai sehingga sorot matahari bisa jadi mengganggu.

Atur jarak antar dinding

Salah satu cara lainnya dalam membuat konsep rumah iklim tropis yang nyaman adalah dengan mengatur jarak antar dinding.

Membuat jarak untuk mengalirkan udara di antara celah-celah dinding tersebut dapat mencegah rusaknya dinding akibat cuaca ekstrim yang biasa terjadi di wilayah tropis.

Atur agar talang air hujan mengaliri taman rumah

Guna mendapatkan manfaat lain dari rancangan yang sudah ada terutama bagian talang, buatlah pancuran talang tersebut agar langsung jatuh di atas tanaman rumah.

Anda bisa mengatur kemiringan atap hingga lebih dari 35 derajat agar air hujan bisa langsung mengalir ke bawah.

Perbanyak Bukaan

Desain rumah minimalis tropis selalu mengoptimalkan sirkulasi udara dapat mengalir keluar masuk rumah secara optimal sehingga terasa sejuk dan tidak pengap.

Anda bisa mengatur desain bukaan dengan penggunaan kaca film dan interiornya dengan kisi-kisi kayu yang akan membentuk rumah Anda terlihat mewah.

Alangkah baiknya Anda meminimalkan penggunaan sekat dalam rumah, supaya dapat memberikan kesan yang lebih luas dan tidak panas. Ada baiknya juga Anda menggunakan jendela yang lebih besar dengan bahan dari kaca Film.

Cara ini akan membantu penolakan dan penyerapan panas dari sinar matahari, karena 99% Sinar ultraviolet dan 91% Inframerah akan terperangkap dengan menggunakan kaca film Infinity.

Dengan banyaknya ruang terbuka, hal ini dapat mengurangi pengaruh panas di dalam ruangan.

ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu lesehan minimalis
interior dengan konsep lesehan akan cocok diaplikasikan agar ruang tidak terasa sempit – diminimalis.com

Disarankan dibangun di atas lahan luas

Rumah yang paling baik untuk ada di wilayah iklim tropis adalah yang dibangun di lahan yang tidak terlalu sempit.

Jika Anda hendak membangun rumah minimalis di lahan yang sempit, maka alangkah lebih baiknya Anda tidak banyak menggunakan sekat. Tujuannya agar tdiak terlihat sumpek dan terlalu minimalis.

Tambahkan Taman

Desain rumah minimalis khusus untuk darah tropis harus memperhatikan beberapa bagian yang benar-benar bisa dioptimalkan.

Untuk tujuan kenyamanan tinggal, yang perlu Anda upayakan adalah membuat taman di dibelakang atau di samping rumah. Taman tersebut bermanfaat untuk memberikan kesejukan di siang dan malam hari.

Baca juga: Rumah Iklim Tropis dan Modern Berbalut Gaya Minimalis

Buat kolam renang jika memungkinkan

Jika memng memungkinkan dan Anda ada budget, Anda bisa membuat kolam renang yang dapat membantu untuk menyerap panas yang terlalu berlebihan.

Namun bila hal tersebut tiak memunginkan, Anda bisa merancang beberapa bukaan tambahan, supaya dapat memberikan sirkulasi udara dengan lancar.

Dengan menerapkan berbagai cara di atas, rumah minimalis Anda akan lebih terasa sejuk dan nyaman.

Mungkin itu saja ulasan singkat dari kami tentang ide membuat rancangan rumah minimalis yang ideal untuk ada di wilayah tropis. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat. (ls) editted by AL03102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *