Barang-barang keperluan rumah tidak mungkin semuanya ditempatkan di tempat terpisah. Selain berantakan juga tidak ada kesan rapi yang terlihat. Untuk itu, cara mengakalinya bisa dengan menambahkan rak dinding minimalis di salah satu sisi ruangan. Selain mendapatkan kesan ringkas, space ruangan juga jadi bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat rak dinding minimalis sendiri secara custom. Di era seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan internet untuk membuka tutorial di Youtube. Ada banyak inspirasi model yang bisa dicontoh sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan ide.

Pilihan Material Rak Dinding Minimalis Modern

Rak dinding merupakan salah satu furniture yang bisa digunakan untuk menaruh barang apapun di dalam rumah. Utamanya benda-benda kecil yang mungkin memiliki nilai dekoratif. Rumah berkonsep minimalis memang menjadi tantangan tersendiri dalam penataan ruangnya, dikarenakan keterbatasan ukuran yang ada. Nah, untuk mengurangi sumpek, Anda bisa menggunakan rak yang terpasang di dinding.

rak dinding minimalis
rak stainless stel – diminimalis.com

Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan sebagai material penyusun rak dinding. Bahan dari alam seperti kayu dan bambu bisa digunakan sebagai material penyusunnya. Namun, bahan alami yang lumrah digunakan adalah dari kayu. Rak dinding kayu memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain desainnya yang alami, faktor mudahnya untuk dibentuk sesuai dengan keinginan menjadi nilai tambah.

Jenis material sintetis penyusun rak pun cukup banyak, namun yang paling favorit adalah bahan dari stainless steel. Bahan stainless banyak digunakan sebagai bahan rak dinding minimalis dikarenakan bobotnya yang ringan namun tetap kuat menopang beban yang berat. Ada baiknya pertimbangkanlah terlebih dahulu bahan apa yang cocok untuk digunakan sebagai material penyusun rak dinding minimalis rumah Anda, agar penggunaannya bisa maksimal.

Tujuan Pembuatan Rak Dinding

Sebelum Anda menentukan bahan penyusun dan mulai mendesain rak dindingnya, pahami terlebih dahulu tujuan dibuatnya rak tersebut. Penentuan tujuan ini bermaksud agar rak dinding yang dibuat bisa bermanfaat sesuai dengan keinginan dan meminimalisir kesalahan saat membuatnya. Sekurangnya ada dua tujuan utama yang harus dipahami ketika hendak membuat rak dinding, berikut pembahasannya:

Tujuan Fungsional

Penempatan rak pada dasarnya bisa Anda lakukan dimana saja, disesuaikan dengan kebutuhan. Rak dinding minimalis yang menempel di dinding dapur bisa digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan memasak. Begitu juga rak dinding yang ada di dalam garasi bisa Anda fungsikan sebagai penyimpan perkakas mobil dan motor Anda. Tidak ada aturan baku dalam meletakan rak dinding ini, yang terpenting rak harus mudah dijangkau dan fungsional.

rak dinding minimalis
rak kayu minimalis – diminimalis.com

Jika Anda lebih mengedepankan aspek fungsional dalam pembuatan rak dinding minimalis, ada baiknya perhatikan material penyusun rak dan konstruksi rak saat dipasang.

Material dan konstruksi rak dinding yang digunakan untuk menopang beban yang berat tentunya harus lebih kokoh dan kuat dibandingkan dengan rak yang digunakan untuk menopang beban yang ringan. Dengan begitu rak menjadi aman saat digunakan.

Tujuan fungsional ialah misalnya untuk menempatkan buku bacaan. Desain rak buku sendiri tentu saja berbeda dengan keperluan untuk meletakkan barang lain. Disinilah pentingnya memahami tujuan pembuatannya dari awal.

Fungsi Dekoratif

Untuk rak yang difungsikan sebagai elemen dekoratif dalam pembuatannya, ada baiknya senadakan dengan interior ruangan dalam bentuk dan desainnya, sehingga tampilan interior dapat menjadi lebih indah. Konstruksi dan material yang dipakai pun berbeda dengan rak dinding minimalis modern yang fungsional. Bentuk dan desain menjadi hal yang terpenting dalam pembuatannya, tetapi konstruksinya tetap harus aman saat digunakan.

Anda bisa membuat rak dinding minimalis unik yang terbuat dari bahan kayu berstruktur unik sebagai tempat menyimpan vas bunga atau miniatur keramik berbentuk lucu faforit Anda di atasnya. Atau, sebagai tempat memajang koleksi mainan anak-anak, sehingga anak Anda tidak kesulitan saat mencarinya.

Tips Membuat Rak Dinding Minimalis di Rumah

Meski terbilang mudah, untuk membuat rak dinding yang sesuai dengan keinginan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Setidaknya berikut ini beberapa tips mendesain rak dinding pada ruangan minimalis.

1. Tentukan dimana rak akan dipasang

Ini penting karena nanti pengaruhnya pada tampilan dan kenyamanan ruangan. Semakin tepat memilih ruangan yang akan dipasangi rak, maka semakin bagus juga hasil tampilan ruangannya. Misalnya saja Anda akan menambahkan rak di ruang keluarga, maka nantinya fungsi utamanya bisa menjadi sekaligus ruang baca dimana semua berkumpul untuk reading time.

2. Bahan apa yang akan digunakan

Seperti sudah disinggung di awal bahwa ada cukup banyak pilihan bahan material rak yang bisa dipilih. Dari mulai material kayu, stainless hingga pipa PVC (DIY). Pentingnya memilih bahan amterial yang digunakan adalah berkaitan dengan keawetannya. Semakin kuat bahannya maka akan semakin awet barangnya. pemilihan bahan juga berkaitan dengan kekuatannya menompang barang yang akan diletakkan di atasnya. Jadi pertimbangkan ini dengan matang.

3. Mau buat sendiri atau beli jadi

Keputusan ini juga tidak kalah penting, semakin Anda tahu bagaimana cara pengadaannya maka Anda bis siapkan budgetnya. Jika memang Anda ingin mengeksplorasi kemampuan kreasi Anda dan punya banyak waktu luang, lebih baik buat sendiri. Namun bila waktu Anda sempit dan punya budget ingin segera bisa dipasang, bisa beli saja yang sudah jadi.

Oiya, perlu diketahui juga bahwa ruang kosong di bawah rak juga bisa Anda manfaatkan untuk menaruh barang atau meja dan kursi baca. Ini akan membuat semacam space multifungsi. Selain representatif, interior ruangan juga jadi lebih indah bukan?

Mmebuat rak dinding minimalis tidak perlu dibikin pusing. Asalkan Anda punya konsep dasarnya seperti hal-hal di atas, apsti akan mudah mewujudkannya. So, semoga menginspirasi ya(am). editted by RN26012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *