Ide Desain Rak Ambalan Tampak Melayang untuk Efisiensi Ruang dan Estetika

Rumah minimalis dimanapun berada biasanya ciri khasnya sama, yaitu simpel dan efisien. Semua elemen desain yang masuk ke dalamnya bertujuan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi ruangan. Ini sudah umum.

Tidak heran, jika para pemilik rumah minimalis biasanya lebih suka memasukkan elemen-elemen dekorasi yang bertujuan untuk menghemat ruang. Adapun masalah interior yang sering dihadapi adalah ketidak seimbangan antara barang yang akan dipajang dengan space tempatnya. Sehingga, mau tidak mau harus memilih antara akan tetap dipajang dengan menambahkan tempatnya, atau sebaliknya.

Untuk mengatasi ini, beberapa orang biasanya menambahkan elemen dekorasi yang kreatif. Salah satunya, menambahkan rak ambalan tampak melayang di dinding untuk barang-barang yang akan dipasang terbuka. Dengan kata lain, ide ini sering jadi solusi untuk efisensi ruang untuk penempatan benda-benda berukuran kecil. Bisa dipakai untuk meletakkan buku-buku atau barang lain yang perlu dipajang di ketinggian seperti mini vas bunga ataupun pigura.

Nah, lantas seperti apa sih cara mengatur agar rak ambalan tampak melayang mampu bermanfaat maksimal untuk mengurangi sesaknya ruangan? Apakah seharusnya beli atau lebih bagus juga DIY alias buat sendiri? Kita akan ulas lebih jauh disini.

Rak Ambalan Tampak Melayang, Ide Kreatif Menata Barang Koleksi

Desain rak ambalan tampak melayang yang dipasang pada dinding bisa menjadi salah satu ide kreatif sederhana namun cukup berguna untuk mengatasi sempitnya ruangan. Secara fungsi dasar, rak dinding berperan sebagai media untuk meletakkan barang-barang tertentu agar menghemat tempat.

Namun demikian, fungsi tersebut sudah semakin luas dan bergeser menjadi penghias interior ruangan. Artinya, dengan sedikit sentuhan ide kreatif, rak ambalan tampak melayang di dinding dapat terlihat menawan misalnya hanya dengan ditiadakan kaki penyangganya.

 Rak ambalan tampak melayang, furniture nampak melayang, furniture tampak melayang, rak amblan melayang, furniture melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan

ramaikan dinding dengan amblan melayang – diminimalis.com

Furniture model pemasangan pad dinding sangat pas dirancang untuk efisiensi ruang sekaligus sebagai penambah nilai estetika. Kedua hal inilah yang akan berpengaruh terhadap pilihan variasi model rak yang bisa dipilih.

Nah, bagi Anda pemilik rumah minimalis, pastinya menginginkan interior dengan tampilan yang simpel namun semua barang terakomodir penempatannya. Dengan kata lain, Anda mungkin perlu tempat penyimpanan yang tidak memakan tempat.

Jika ingin space yang ada menjadi lega dan dipakai untuk keperluan lain, nampaknya Anda perlu mengadopsinya. Disinilah pentingnya ide kreasi desain furniture berkonsep melayang (tanpa kaki) untuk dijadikan sebagai alternatifnya.

Kembali ke rak ambalan (floating shelf), ini merupakan sebuah furniture unik selain lampu duduk melayang sebagai salah satu pemanis ruangan. Sebenarnya fungsi utamanya adalah sebagai rak media penyimpanan barang agar tidak berantakan sehingga ruangan terlihat rapi.

Rancangan desain rak tanpa kaki bisa dipakai untuk meletakkan barang-barang tertentu seperti buku, piala dan sebagainya. Dari kejauhan benda-benda di atas rak yang tidak memiliki kaki penyangga akan terlihat melayang. Ini jelas akan bagus secara tampilan dan bisa jadi membuat orang yang melihatnya kagum, apalagi jika pertama kali menjumpai.

Kelebihan dan Kekurangan Adanya Rak Ambalan Melayang

Prinsip utama dari rak ambalan melayang terletak pada plat besi sebagai penyangga yang tersembunyi. Rak buku ini tersusun dari beberapa bilah kayu persegi yang dapat dilipat horizontal dan vertikal. Anda bisa menata buku-buku koleksi atau menambahkan beberapa benda lain di atas rak ambalannya.

Dilihat dari sisi kreativitas, rak ambalan melayang adalah salah satu ciri khas desain bertipikal modern. Tentu saja ini sebuah kelebihan yang akan Anda dapat dari tampilan interior yang akan terlihat kekinian.

Keuntungan lain menggunakan rak melayang, diantaranya ialah mampu membuat ruangan kecil terasa longgar. Hal ini karena rak ambalan melayang sendiri memanfaatkan area vertikal untuk mengatur penempatannya.

Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengefektifkan ruangan pada rumah minimalis Anda. Dengan berbagai keuntungan tersebut, rak melayang menjadi salah satu perabot yang cocok digunakan oleh para pemilik rumah minimalis.

Namun demikian, sudah bukan rahasia lagi jika tetap ada plus minus dari apapun yang didesain dan dimasukan ke dalam ruangan. Salah satu kekurangannya adalah jika tidak direncanakan dan dibuat dengan serius bisa jadi hasilnya jelek yang mengganggu pemandangan. Termasuk juga ini membuat Anda keluar biaya yang akhirnya sia-sia. Kecuali Anda mempercayakan pembuatannya kepada desainer handal.

Kekurangan lainnya  ialah untuk membersihkan benda-benda yang ada di rak tersebut butuh usaha besar. Yakni Anda membutuhkan semacam tangga. Ini berlaku juga saat Anda hendak mengambilnya seperti misalnya buku yang diperlukan untuk dibaca. Anda tidak bisa sekedar ambil jika posisinya di atas ketinggian jangkauan tangan Anda.

Mending beli atau buat sendiri?

Sebenarnya, rak ambalan ini bisa dibuat sendiri dengan mudah bila Anda paham konsep dasarnya. Namun, bila Anda tidak terbiasa membuat rak dinding melayang sendiri atau tidak biasa mengerjakan pekerjaan pertukangan, lebih baik tidak usah dicoba. Anda bisa beli yang sudah siap pasang, amati, dan tiru desainnnya sehingga ilmunya bisa dipakai untuk membuat rak dinding sendiri kedepannya.

Untuk yang mau beli langsung juga tidak ada salahnya. Saat ini sudah banyak penjual barang-barang furniture baik online maupun offline yang menyediakan rak melayang ini. Berbagai macam varian tersedia dan bisa dipilih. Biasanya dibedakan harganya dari sisi model, ukuran, bahan, warna hingga kriteria finishing-nya, Anda tingga memilih sesuai selera saja.

furniture melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan
tumpukan buku menempel di dinding yang nampak melayang – diminimalis.com

Pemasangannya Bagaimana?

Beberapa toko furniture ada yang menyediakan rak melayang yang terbuat dari kayu solid. Jika suka dengan karakteristik kayu solid bisa Anda pilih. Rak ambalan tampak melayang dari kayu solid biasanya sudah dilengkapi dengan dua plat besi penyangga beserta sekrup & fischer-nya.

Jika Anda menginginkan kaki penyangga papan rak dinding terlihat bagus, ada tips khusus untuk pemasangannya. Anda dapat memilih ukuran rak dengan lebar papan sekitar 15-20 cm, panjang berkisar antara 40-120 cm dan tebalnya sekitar 4-6 cm. Namun jika terpaksa, bisa juga dengan menyesuaikan space di ruangan yang akan dipasangi rak dinding melayang tersebut.

Sedangkan untuk material ambalan/rak yang bagus selain kayu solid, bisa pilih multipleks yang difinishing dengan melamik, duko, atau HPL.

Pemasangan rak ambalan tampak melayang ini sangat mudah. Anda tinggal melubangi dinding menggunakan bor listrik, pasang plat besi sebagai penyangga dan masukkan rak ke dalam plat besi tersebut. Tidak perlu ragu hasilnya akan buruk, coba saja dulu karena Anda akan tahu plus minusnya sekaligus memikirkan perbaikannya.

Mungkin demikian ulasan dari kami tentang ide memasang rak ambalan tampak melayang pada interior rumah minimalis Anda. Semoga keinginan Anda terwujud dan ilmunya bisa ditularkan pada yang lain.(ls) editted by RN20052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.