Rak Ambalan Melayang, Hidupkan Nuansa Magis di Rumah Anda

Setiap sudut ruangan rumah bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang fungsional dan kreatif. Untuk Anda yang mempunyai keluarga gemar membaca, rak ambalan melayang atau floating shelf bisa diadopsi. Rak buku dengan model tempel pada dinding alias tanpa kaki ini bisa menjadi alternatif dari menyiasati sebuah ruangan minimalis.

Jika Anda terapkan dengan desain terbaik bahkan tidak hanya akan mendapatkan fungsinya sebagai penyimpan buku saja. Akan tetapi secara estetis juga akan membantu tampilan ruangan jadi lebih elegan. Selain itu, kesan classy juga akan didapat yang mana bisa sekaligus memotivasi anak-anak untuk geamr belajar dan membaca.

Merencanakan Desain Rak Ambalan Melayang dalam Sebuah Ruang

Rak Ambalan melayang (floating shelf) merupakan sebuah furniture unik yang sering digunakan sebagai salah satu pemanis ruangan rumah minimalis. Sebenarnya fungsi utamanya adalah sebagai rak media penyimpanan barang agar tidak berantakan sehingga ruangan terlihat rapi.

Karena desain interior minimalis membutuhkan rak yang efisien dan tidak banyak memakan ruang, maka dibuatlah rancangan rak tanpa kaki untuk meletakkan buku. Dari kejauhan buku-buku tersebut akan terlihat melayang karena rak tersebut tidak memiliki kaki penyangga.

Namun begitu, dalam merencanakan setiap desainnya Anda juga harus memperhatikan berbagai hal. Diantaranya; material yang digunakan, sistem dan lokasi penempatan, ukuran, dan estetika desain akhirnya.

furniture melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan
Tumpukan buku menempel di dinding yang nampak melayang – diminimalis.com

Material

Urgensi pemilihan material rak ada pada seberapa kuat menahan beban buku yang akan Anda letakkan di atasnya. Sebagian besar material rak memnag terbuat dari plat besi sebagai penahannya pada dinding. Namun bukankah Anda bisa memilih kualitas plat tersebut?

Nah, berkaitan dengan ini Anda sebaiknya mempertimbangkan ketahanan dari bahan tersebut apakah akan mampu bertahan hingga bertahun-tahun atau tidak. Ini penting karena tentu Anda ingin rak tersebut awet bukan? Lebih baik berinvestasi pada barang yang seidkit mahal daripada lebih cepat rusak.

Penempatan

Pada poin penempatan ini, yang harus Anda pikirkan adalah tentang bagaimana sebuah rak buku bisa membantu mempercantik ruangan. Tidak hanya diambil fungsi utamany saja sebagai penyimpan buku, namun Anda juga dapat fungsi lainnya yaitu estetika.

Jadi, pikirkan penempatan dimana Anda akan memasang rak buku melayang tersebut. Jika mau dipasang di ruangan akses publik seperti ruang tamu maka pastikan penempatannya tidak mengganggu aktivitas menjamu tamu. Ruangan yang disarankan untuk bisa dipasang rak ambalan melayang adalah ruang keluarga. So, try it there!

Ukuran

Poin yang satu ini lebih cenderung pada seberapa panjang dan lebar rak yang akan dipasang. Ini juga tidak kalah penting karena akan disesuaikan dengan buku yang akan diletakkan di atasnya.

Anda bisa membeli rak yang tinggal pasang dan sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Untuk buku-buku berukuran besar maka beli rak yang kuat dan berukuran besar. Begitu juga sebaliknya untuk ruangan si kecil dengan buku-buku peljaran yang relatif kecil bisa dipasang dengan rak ambalan melayang yang kecil.

Estetika

Satu hal/poin terakhir yang juga tidak kalah penting dari poin-poin di atas adalah perhatian terhadap estetika hasil akhir. Mengapa ini ikut dalam poin-poin penting yang harus diperhatikan? Tentu saja karena rak ini adalah bagian dari elemen interior yang mesti diperhatikan tampilannya.

Semakin baik pemilihan dari mulai bahan, penempatan hingga penggunaannya setelah jadi maka akan semakin bagus juga tampilan ruangannya. Sebaliknya, jika mengabaikan poin-poin penting sebelumnya maka bisa jadi Anda akan kehilangan poin estetika yang dimaksud.

Nah, jadi untuk Anda yang hendak membuat rak ambalan melayang untuk memfasilitasi peletakkan buku-buku Anda bisa baca hingga selesai poin selanjutnya di bawah ini.

Prinsip Desain Rak Ambalan Melayang

Prinsip utama dari rak melayang terletak pada plat besi sebagai penyangga yang disembunyikan dengan memasukkannya ke dalam rak. Rak buku ini tersusun dari beberapa bilah kayu persegi yang dapat dilipat horizontal dan vertikal. Anda bisa menata buku buku koleksi atau menambahkan beberapa benda lain di atas rak ambalan tersebut.

Keuntungan lain menggunakan rak melayang, diantaranya mampu membuat ruangan kecil terasa longgar karenakan dapat memanfaatkan area vertikal untuk mengatur penempatan barang. Hal Ini merupakan salah satu cara untuk mengefisienkan ruangan pada rumah minimalis Anda. Dengan berbagai keuntungan tersebut, rak melayang menjadi salah satu perabot yang cocok digunakan oleh para pemilik rumah minimalis.

Bagaimana cara mendapatkan rak ambalan melayang?

Sebenarnya rak ambalan sebagai bagian dari furniture melayang dalam rumah ini bisa dibuat dengan mudah bila Anda paham konsep dasarnya. Namun bila Anda tidak terbiasa mengerjakan pekerjaan pertukangan, Anda tak perlu pusing bagaimana cara merancang rak ambalan tersebut.

Saat sudah banyak furniture baik online maupun offline yang menyediakan rak melayang ini. berbagai macam varian tersedia, mulai dari ukuran, bahan, warna maupun finishing-nya, Anda tingga memilih sesuai selera yang diinginkan.

Rak Ambalan melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan
rak buku tanpa kaki yang mebuat tumpukan buku seolah melayang – diminimalis.com

Beberapa toko furniture ada yang menyediakan rak melayang yang terbuat dari kayu solid. Rak melayang ini sudah dilengkapi dengan dua plat besi penyangga beserta sekrup & fischer-nya untuk dipasang di dinding.

Pemasangan rak melayang ini sangat mudah. Anda tinggal melubangi dinding menggunakan bor listrik, pasang plat besi sebagai penyangga dan masukkan rak ke dalam plat besi tersebut, dengan begitu rak melayang siap digunakan.

Demikian ulasan kami tentang rak ambalan melayang untuk rumah minimalis Anda. Semoga bisa Anda terapkan dengan sebaik mungkin guna mendapatkan manfaat semaksimal mungkin. (ls) editted by RN03022020


Comment