Ide Ragam Hiasan Dinding untuk Kamar Tidur Minimalis Anak

Tidak perlu bingung jika punya anak balita menjelang remaja di rumah. Meski mungkin repot karena harus menyiapkan berbagai kebutuhannya, pasti tetap akan terasa menyenangkan. Sebab, Anda jadi punya kesempatan untuk mengajak anak aktif berpikir ide desain yang terbaik. Sang anak bisa dilibatkan mulai dari apa saja furniture yang harus ada, ranjang menghadap kemana, hingga ragam hiasan dinding apa saja yang akan dipasang.

Nah, bicara soal hiasan dinding kamar tidur tentu sebagai orang tua, Anda hanya “ngikut” saja. Apapun kemauan anak bisa Anda turuti asal sesuai kemampuan. Meski mungkin ia sudah bayangan, tapi bisa saja ia sulit mengatakannya. Oleh karenanya lah Anda sebagai orang tua perlu setidaknya mencari tahu apa saja contoh ide desain kamar tidur minimalis untuk anak.

Tips Mudah Menemukan Ragam Hiasan Dinding Kamar yang Cocok

Jika mencari ide menurut Anda susah, Anda bisa melakukan riset kecil dimulai dengan mencari tahu kesukaan anak. Misalnya jika anak suka dengan karakter doraemon, maka warna cat dinding sedari awal dibuat warna biru muda bercorak putih.

Jika kesukaan anak masih sulit ditebak atau ketika ditanya bingung, maka Anda bisa pantau kegiatan yang menjadi hobinya. Dari situ harapannya bisa Anda simpulkan warna dan dekorasi seperti apa yang cocok untuk kamar tidurnya. Jadi, untuk menemukan ide desain kamar anak yang tepat termasuk memilih elemen hiasan dindingnya, harus Anda mulai dari tahu banyak hal tentang si anak.

Ragam Hiasan Dinding, Hiasan Dinding ruang tamu sempit, hiasan dinding buatan sendiri, Desain Kamar Anak Kembar, Desain Kamar Anak Kembar minimalis, tempat tidur anak kembar

kamar anak kembar yang dihias dengan lukisan dinding yang indah – diminimalis.com

Bahan dan Ragam Hiasan Dinding untuk Kamar Tidur Anak

Mendesain kamar tidur anak sekaligus merencanakan dekorasinya memang bukan perkara yang mudah. Kamar tidur direkomendasikan untuk didesain sedemikian rupa agar anak tidak merasa bosan saat beraktivitas di dalamnya.

Kamar tidur yang baik selain memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya, ada unsur estetika yang harus ditonjolkan. Dalam hal ini kamar tidur anak, kesan tersebut akan membuatnya merasa nyaman dan semangat kreativitasnya tetap terjaga. Anda bisa mendekorasinya dengan memilih ragam hiasan dinding yang tepat.

Nah, pada kesempatan yang baik ini, kami akan coba menyajikan pilihan ragam hiasan dinding untuk kamar anak Anda.

Pertama, Wallpaper

Hiasan dinding berupa wallpaper tidak hanya berfungsi untuk menutup dinding dari goresan yang terlihat saja. Melainkan, dapat juga dijadikan pemanis ruangan karena keberadaannya yang menempel pada dinding ruangan.

Ada beragam motif dan warna wallpaper yang bisa dipilih sesuai dengan karakter buah hati Anda. Untuk jenisnya, Anda bisa memilih wallpaper jenis sticker yang sudah terpasang lem sepenuhnya sehingga Anda tidak memerlukan bahan perekat tambahan.

desain wallsticker 3d murah, desain wall sticker 3dmurah, jual wall sticker 3d

wallsticker 3d dengan motif bunga, cocok sebagai penghias dinding yang indah – diminimalis.com

 

 

Kedua, Wallsticker

Selain wallpaper, Anda juga bisa mengaplikasikan hiasan dinding beruopa wallsticker yang lebih mudah dan simpel. Ya, wallsticker yang merupakan salah satu elemen penghias dinding dalam bentuk potongan-potongan sticker.

Wallsticker memang tidak bisa dipakai untuk menutup permukaan dinding sepenuhnya. Namun tidak akan menjadi masalah jika dinding ruangannya masih bagus, sebab wallsticker sangat cocok diaplikasikan pada dinding dengan kondisi yang masih baik. Motif, warna, dan karakter wallsticker sendiri pun beragam, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga tokoh kartun. Tinggal Anda pilih saja yang sesuai dengan selera anak.

Ketiga, Kertas origami

Alternatif ragam hiasan dinding selanjutnya adalah memakai kertas origami. Jenis kertas yang satu ini tidak hanya sering dimanfaatkan sebagai bahan pajangan meja saja. Melainkan juga bisa digunakan sebagai penghias dinding sebuah ruangan.

Kertas origami yang memang cukup akrab dengan anak-anak sebagai salah satu mainan maka jika dipakai sebagai hiasan kamar anak akan sangat tepat. Anda tinggal mengembangkan kreativitas, maka sebuah karya hiasan dinding bisa dibuat. Anda dan anak bisa bahu-membahu membuat hiasan karakter, misalnya burung, pesawat, dan lain-lain. Tinggal gunakan kertas origami berwarna-warni agar hasil hiasan kamar terasa lebih colorful.

Keempat, Kertas majalah bekas

Selain kertas origami, Anda juga bisa memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak terpakai untuk membuat hiasan. Lumayan kan sekaligus memanfaatkan sisa barang bekas? Untuk membuat hiasan dari kertas majalah bekas hampir sama dengan menggunakan kertas origami di atas.

Anda tinggal buat pola seperti burung, kupu-kupu, karakter kartun, lalu ditempel di dinding. Mengingat kertas majalah berwarna random maka gunakan imajinasi Anda untuk memilih warna dari karakter yang dibuat. Jika sudah, susun dan rekatkan secara rapi pada dinding. Pilih perekat yang kuat dan tidak merusak lapisan dinding.

Tips Membuat Hiasan Dinding Khusus Wallpaper

Dari ketiga bahan di atas, kami tertarik untuk fokus membahas lebih detail satu diantaranya, yaitu hiasan dinding berupa wallpaper.  Anda bisa membuat dan memasang wallpaper sendiri hasil dari karya Anda dan si kecil. Nah, kami akan coba bahas mengenai pembuatan wallpaper adari bahan-bahan yang mudah dijumpai, diantaranya:

Wallpaper dari Kertas Kado

Harga wallpaper dinding yang mahal bisa jadi membuat Anda berpikir ulang untuk membeli dan memasangnya di kamar tidur anak. Alternatifnya, Anda tetap bisa membuat wallpaper dari bahan lain yang murah seperti kertas kadio.

Anda bisa menempelkan kertas kado sebagai hiasan dinding kamar tidur anak Anda. Selain harganya yang murah, pilihan warna dan gambar dari kertas kado pun beragam. Bahan ini bisa jadi solusi terjangakau untuk wallpaper dinding yang harganya kurang bersahabat.

Wallpaper bentuk polkadot

Alternatif wallpaper mudah yang satu ini cukup simpel karena Anda cukup membuat hiasan dinding dari kertas membentuk bulatan. Wallpaper bermotif polkadot artinya Anda akan membuat dan menggunting kertas menjadi bulatan lalu di tempel di dinding secara acak.

Untuk warna serta ukuran kertas yang akan dipotong dan ditempel pun bisa disesuaikan dengan selera Anda atau si kecil. Anda bisa mengajaknya turut menempelkan wallpaper polkadot yang sudah siap pasang.

Wallpaper bernuansa langit

Wallpaper dinding dari kertas bertema langit bisa Anda buat dengan cukup mudah. Anda hanya perlu kertas yang sudah bergambar awan atau balon udara. Jika sudah siap tempel, Anda bisa memasangnya di salah satu dinding kamar yang ingin dihias.

Wallpaper berbentuk hati 3 dimensi

Ide wallpaper selanjutnya adalah yang membentuk 3 dimensi. Untuk membuatnya, Anda bisa mulai dengan memotong kertas karton berwarna membentuk gambar hati (love). Buatlah ujung bawah gambar hati tidak lancip, selanjutnya bagian ujung tersebuy dijepit dengan lem agar mengembung. Setelah itu bisa Anda tempel, maka jadilah wallpaper kreatif berbentuk love 3D.

Selain empat ide bentuk wallpaper di atas, tentu Anda masih bisa mencari inspirasi yang lain. Hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam mendesain wallpaper adalah kesesuaian ukuran dengan tema ruangan. Jangan sampai wallpaper yang didesain berbentuk hati tapi diletakkan di kamar anak lelaki Anda. Tentu kurang pas bukan?

Jadi bagaimana, mudah bukan memilih hiasan dinding untuk kamar anak? Tinggal Anda pilih salah satu dari ragam hiasan dinding di atas, mau wallpaper, wallsticker atau yang lainnya. Percayalah, kamar tidur anak Anda akan sangat terlihat beda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN14042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.