10 Jenis Pohon Palem Hias Tanaman Ideal untuk Taman Minimalis Anda

Perlu Anda ketahui bahwa pohon palem hias adalah salah satu jenis tanaman yang populer ditanam di depan rumah, sekolah, atau gedung perkantoran. Tanaman palem digemari karena sosoknya yang dapat memberikan kesan gagah dan berwibawa. Jenisnya pun beraneka ragam dari yang kecil hingga yang besar, ada yang cocok ditanam di dalam pot juga ada yang ditanam langsung di tanah.

Tanaman dari suku areacaceae ini sangat disukai karena memiliki bentuk daun yang cantik dan perawatannya pun mudah. Perawatannya membuat tanaman ini selalu menjadi pilihan saat merancang taman. Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, tanaman palem bisa menjadi tanaman andalan yang mampu memberi kesejukan saat musim kemarau, dan mampu menyerap banyak air saat musim hujan.

Pohon Palem Hias dan Manfaatnya untuk Taman Minimalis Anda

pohon palem hias, Jenis Pohon Palem hias, manfaat pohon palem
palem merah bisa berkembang merumpun sejak usia belia – diminimalis.com

Pohon palem sangat cocok untuk rumah-rumah yang dibangun di daerah perkotaan yang panas. Meski tanaman ini mampu memberikan kesejukan yang maksimal, namun pohon palem hanya tumbuh tinggi ke atas, sehingga tidak akan membuat sesak taman minimalis Anda.

Selain beberapa kelebihan di atas, pohon palem memiliki banyak jenis dengan berbagai bentuk yang indah. Sebut saja jenis palem botol, jenis palem ini memiliki postur yang menggelembung pada batang utamanya dan daunnya tumbuh mengembang seperti payung. Selain itu ada jenis palem ekor tupai yang tekstur pupus daunnya bisa menjuntai mirip ekor tupai.

Sebagian orang biasanya menyukai tanaman palem yang dikombinasikan dengan rerumputan, misalnya rumput gajah mini. Bila Anda juga ingin memadukan palem dengan rumput gajah mini, maka Anda bisa memilih pohon palem kuning atau palem botol yang akan terlihat elok diantara rerumputan.

Jenis Pohon Palem, Jenis Pohon Palem hias, harga Pohon Palem
palem botol yang dikembangbiakkan – diminimalis.com

Potensi Tanaman Palem untuk Dikembangbiakkan

Dari dulu hingga sekarang, pangsa pasar pohon palem tidak pernah surut, bahkan cenderung meningkat seiring dengan maraknya pembangunan rumah minimalis yang membutuhkan tanaman peneduh yang bisa di tanam di lahan sempit. Bisnis pembibitan dan penjualan pohon palem pun mulai menyerbak karena sangat menjanjikan. Meski tidak tergolong sebagai tanaman mahal, namun karena permintaannya stabil, maka para pembibit pohon palem hias selalu mendapat keuntungan yang lumayan.

10 Jenis Pohon Palem Hias yang Cocok untuk Taman Anda

Anda ingin menanam pohon palem di taman minimalis? Lantas bingung memilih jenis palem yang cocok? Berikut ini diminimalis sajikan beberapa jenis pohon palem hias yang aestetika.

1. Palem Merah

Palem merah atau sering disebut sebagai Cyrtostachys lakka merupakan salah satu pohon palem yang unik dan cantik. Namun, karena sering mengalami eksploitasi besar-besaran sehingga tumbuhan ini menjadi langka. Tanaman ini berasal dari Kalimantan, Sumatra, Thailand, dan Semenanjung Malaya.

Palem ini mempunyai ciri-ciri batang merah, daun pelindung, dan tangkai daunnya yang juga berwarna merah menyala. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 16 meter dan dapat membentuk rumpun dengan banyak batang. Tanaman ini juga mempunyai buah bulat atau oval dengan warna hitam dan ketika sudah matang terdapat dasar merah tua.

2. Palem Kuning

Palem kuning atau Dypsis lutescens juga tidak kalah menariknya. Palem ini juga banyak digemari dan masih mudah ditemukan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan stok. Adapun ciri-ciri dari palem ini adalah daunnya menyirip berwarna hijau kekuningan dan pelepahnya berwarna kuning terang.

Palem ini dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Palem ini merupakan tanaman yang favorit di masyarakat Indonesia, umumnya yang mempunyai tinggi sekitar 3 meter. Selain dapat di tanam pada taman Anda, palem ini cocok untuk taman indoor Anda.

3. Palem Kipas

Palem kipas (Livistona chinensis) merupakan palem yang berasal dari Madagaskar dan dikenal dengan nama Palem Pelancong. Bentuk dari palem ini tergolong unik karena mempunyai bentuk setengah lingkaran dan menyerupai kipas. Pohon ini mempunyai ciri-ciri dengan batang pendek, sehingga mudah untuk di tanam di pot atau pekarangan.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga 10 meter dengan 7 jenis varietas yang dapat Anda jadikan pilihan. Namun, jenis palem kipas yang paling banyak diminati adalah Palem Sadeng dan Palem Waregu. Selain itu, palem kipas ini dapat tumbuh di daerah tropis dan sub tropis, di dataran rendah maupun dataran tinggi, di tanah subur atau gersang.

4. Palem Bambu

Palem bambu (Chamaedorea seifrizii) merupakan palem yang banyak dijumpai di pekarangan rumah, kawasan perkantoran, atau disewakan pada acara-acara resmi untuk dekorasi tanaman indoor. Pohon palem hias jenis ini dapat hidup di kondisi cahaya yang rendah. Anda tidak perlu khawatir untuk menanamnya di dalam rumah.

Pohon palem bambu ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 4 meter. Agar lebih tambah cantik, Anda dapat mengkombinasikan dengan tanaman hias lainnya. Anda dapat menanamnya di halaman untuk menciptakan kesan tropis pada hunian Anda.

5. Palem Botol

Tanaman hias selanjutnya yaitu pohon palem botol atau Hyophorbe lagenicaulis. Pohon palem ini menggelembung di bagian bawahnya seperti botol dengan batang membulat, padat, dan pendek. Pohon palem ini dapat tumbuh besar di halaman atau di area indoor rumah Anda.

6. Palem Putri

Palem putri merupakan pohon palem yang paling banyak di tanam pada halaman gedung, taman kota, dan pekarangan rumah. Pohon palem ini dapat tumbuh di iklim tropis atau sub tropis, dataran rendah maupun tinggi, pegunungan atau pantai, selain itu pada tanah gersang atau subur. Sedangkan untuk proses pertumbuhannya tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh.

7. Palem Jenggot

Palem jenggot merupakan jenis palem yang membuat orang penasaran karena bentuknya yang unik. Palem ini mempunyai jenggot berwarna putih keemasan dan menjulur dari pucuk hingga batang. Meskipun haganya cukup mahal palem ini banyak diminati.

Pohon palem hias ini membutuhkan cahaya yang cukup dan penyiraman yang baik untuk perawatannya. Tak heran jika tanaman ini cocok diaplikasikan pada taman minimalis Anda dan pot teras rumah Anda. Jangan sampai Anda tidak memiliki palem jenis ini.

8. Palem Phoenix

Bagi Anda penggemar tanaman hias pasti tidak asing lagi dengan palem phoenix. Tanaman ini memiliki warna daun hijau keabuan dan bila berbunga akan berwarna kekuningan. Tingginya pun dapat mencapai maksimal 2-3 meter dengan panjang batang daun mencapai 120 cm. Tanaman ini mudah ditemukan di perkantoran dan di dalam rumah.

9. Palem Ekor Ikan

Sesuai dengan namanya palem ini mempunyai daun yang mirip dengan ekor ikan atau sirip ikan. Tanaman ini dapat tumbuh di semenanjung Malaya, Sulawesi Utara, dan Pulau Jawa. Daun siripnya berjumlah ganda dengan panjang sekitar 30-40 cm. Pada sisi daunnya juga tidak rata, tumpul, dan bergerigi. Pohon palem hias ini dapat menjadi pilihan untuk di tanam di taman minimalis Anda.

10. Palem Palas Payung

Jenis palem hias terakhir yaitu palem palas payung yang berasal dari Papua Nugini. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 500 mdpl. Daun dari palem ini berbentuk bundar dan bergaris tengah sekitar 60 cm. Daunnya kaku dengan permukaan berombak mengikuti arah tulang daun. Palem ini juga menghasilkan buah, namun tidak untuk dikonsumsi.

Demikian ulasan kami tentang jenis pohon palem hias untuk taman minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis pohon palem yang indah untuk menghias taman minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL120221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.