Menanam pohon buah di teras rumah ternyata punya banyak manfaat. Dengan adanya pohon buah di teras rumah atau jenis tanaman lainnya, maka karbondiokasida akan terserap sehingga udara sekitar akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Selain mendapat udara yang berkualitas, kita juga bisa mengambil manfaat nutrisi dan vitamin dari buah yang matang.

Ada banyak pilihan pohon buah yang bisa ditanam jika Anda mau. Tinggal pilih sesuai selera dan tentu saja yang sekiranya Anda komitmen untuk memeliharanya. Nah, di artikel kali ini, kita akan coba bahas mengenai apa saja pohon buah yang recommended untuk ditanam di teras rumah.

Rekomendasi Pohon Buah di Teras untuk Ditanam

Di bawah ini diminimalis akan sajikan beberapa contoh buah yang bagus untuk ditanam di teras rumah agar terlihat segar dan menyejukkan.

1. Pohon Sawo

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
Rekomendasi pohon buah di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Pohon sawo merupakan pohon yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Pohon ini juga mempunyai umur yang panjang. Tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah Anda karena mudah beradaptasi dan dibudidayakan.

Tanaman ini sangat disukai karena mempunyai rasa yang sangat manis dan tekstur buah yang lembut. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat olahan seperti campuran es krim atau selai. Sari buah yang ada di dalam sawo juga mempunyai manfaat. Anda bisa memekatkan menjadi sirup atau difermentasikan menjadi anggur atau cuka.

Kayu pohon sawo mempunyai kualitas yang bagus dan tergolong jenis kayu yang keras dan berat. Kayu ini juga mempunyai daya tahan yang lama dan tahan terhadap serangan jamur atau serangga. Biasanya kayu ini digunakan untuk membuat bahan perabotan dan ukir-ukiran seperti patung.

2. Pohon buah Srikaya

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
Srikaya_rekomendasi pohon buah di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Pohon srikaya merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis. Buah tanaman ini hampir mirip dengan buah sirsak yang mempunyai mata banyak dan daging berwarna putih. Bentuk dari buahnya bundar atau kerucut mirip cemara, berdiameter 6-10 cm.

Kandungan yang terdapat pada buah srikaya yaitu asam amino, gula buah, magnesium, mucilago, potassium, niasin dan tanin.

Manfaat pohon buah di teras selain menunjang tampilan juga bermanfaat dari sisi lainnya. Buah ini mempunyai manfaat yang sangat banyak di antaranya dapat membantu menurunkan kolesterol, memperlancar pencernaan karena mengandung serat yang tinggi, mencegah diabetes, mencegah penyakit jantung, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung atau selai, srikaya dapat Anda gunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat. Akar dari tanaman ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi sembelit, membantu proses penyembuhan disentri akut, meringankan depresi mental, dan menurunkan kadar nyeri tulang pada punggung.

3. Pohon Belimbing

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon buah di teras rumah minimalis_belimbing- diminimalis.com

Pohon belimbing termasuk buah yang berasal dari India, Indonesia, dan Sri Langka. Pohon ini dapat mencapai tinggi 5 m, bercabang banyak, daun majemuk yang bisa mencapai 50 cm, serta tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Buah ini mempunyai bentuk yang seperti bintang jika dipotong, berbiji kecil berwarna cokelat, dan rasanya manis sedikit asam. Tak heran jika buah ini mempunyai banyak vitamin c.

Belimbing yang dapat Anda jadikan olahan bumbu masakan adalah belimbing wuluh. Belimbing ini cocok dijadikan campuran masakan karena akan memberi rasa asam. Salah satu daerah yang terkenal memproduksi belimbing ini adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbingnya terkenal berukuran besar, rasanya manis, dan warnanya kuning cerah.

Apabila memakan buah belimbing Anda akan merasakan berbagai manfaatnya di antaranya

  • Mengendalikan gula darah. Mengkonsumsi belimbing ternyata dapat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya karena mempunyai kandungan serat tidak larut air.
  • Menurunkan berat badan. Buah belimbing mempunyai kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi, membuat Anda mudah cepat lapar. Sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.
  • Meredakan penyakit mag. Kandungan terpenoid, flavonoid, dan mucilage dapat digunakan untuk memperkuat lapisan lambung dan usus yang dapat menurunkan risiko kerusakan lambung.

4. Pohon Kelapa

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon buah kelapa di teras rumah mnimalis – diminimalis.com

Pohon kelapa adalah salah satu tumbuhan yang dikenal mempunyai kegunaan pada semua bagiannya. Pohon ini diperkirakan berasal dari sisi Asia dan telah menyebar ke seluruh pantai tropika di dunia. Beberapa manfaat kelapa yang dapat Anda rasakan yaitu:

  • Kayu dari batang. Kayu pada pohon kelapa biasa disebut dengan glugu. Kayu ini mempunyai kualitas menengah dan dapat digunakan untuk papan pada rumah.
  • Daun. Daun kelapa dapat Anda jemur, kemudian digunakan sebagai atap rumah. Daun muda kelapa (janur) dapat digunakan untuk pembuatan ketupat atau untuk tradisi hiasan pada upacara pernikahan.
  • Tangkai anak daun. Tangkai yang dikeringkan disebut lidi ketika dihimpun akan menjadi sapu lidi.
  • Tandan kelapa (mayang atau manggar). Biasanya dipakai oleh orang Jawa-Mataram digunakan untuk hiasan upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang biasa juga digunakan untuk bahan pengganti gori dalam masakan gudeg.
  • Bunga buda (bluluk). Bluluk dapat dimakan dan cairan manis pada tangkai bunga dapat diminum atau difermentasi menjadi tuak atau nira.
  • Buah kelapa. Pada buah kelapa terdiri bagian sabut yang dapat digunakan untuk keset, media tanam, jok kursi, dan lain-lain. Tempurung dapat digunakan tempat minum dan kerajinan tangan. Daging kelapa dapat dimakan secara langsung atau campuran es. Buah ini sangat baik untuk penetral racun dan penenang. Santan, bagian dari pohon kelapa ini biasanya digunakan untuk bumbu masakan.

Jadi, Anda bisa pilih kelapa sebagai pohon buah di teras yang bagus.

5. Pohon Markisa

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon markisa di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Pohon markisa tergolong tanaman jenis Passiflora yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. Buah dari pohon ini mempunyai ciri khas berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning. Pohon ini dapat tumbuh sampai ketinggian 600 – 1600 meter dan termasuk tanaman merambat.

Tidak kalah penting manfaat yang dapat Anda rasakan ketika makan buah markisa. Kandungan yang terdapat pada buah markisa sekitar 80 – 100 kalori, vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium. Adanya kandungan tersebut sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan atau mencegah sembelit dan mencegah diabetes. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, ekstrak kulit markisa juga dapat digunakan untuk meringankan penderita osteoporosis karena kandungan mineral yang banyak.

Baca juga: Manfaat Tabulampot Bagi Anda Pemilik Rumah Minimalis

6. Pohon Anggur

 pohon buah di teras, tanaman buah di teras, pohon buah di teras rumah, jenis tanaman buah
pohon buah anggur di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Pohon anggur merupakan tanaman merambat yang masuk dalam keluarga Vitaceae. Buah ini mempunyai kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang sangat berguna untuk metabolisme tubuh serta dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Anda dapat menanam buah ini di samping rumah yang akan mempercantik pekarangan.

Senyawa aktif di dalam anggur ternyata juga dapat meningkatkan kerja sel endotelial yang dapat digunakan untuk memperlancar aliran darah. Dengan begitu, bagi yang mempunyai penyakit jantung akan mengurangi serangan.

Menanam pohon anggur agak sulit karena tanah juga harus memiliki derajat keasaman yang netral yaitu 7. Bagi Anda yang ingin menanam buah anggur jangan lupa juga gunakan tanah yang mengandung pasir dan lempung.

Demikian ulasan kami tentang contoh rumah minimalis yang cocok ditanami pohon buah di teras. Anda juga bisa membaca artikel kami terkait manfaat tabulampot bagi Anda pemilik rumah minmalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL191220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *