Memilih Bahan Plafon yang Kuat dan Berkualitas untuk Rumah Minimalis Anda

Rumah minimalis hampir selalu memerlukan ide-ide khusus demi langkah penghematan dan misi keawetan. Bagaimana caranya agar setiap komponen dalam rumah dipertimbangkan semaksimal mungkin agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Termasuk pada bagian interior, dimana ruangan yang bagus biasanya selalu berplafon.

Dengan memilih jenis plafon yang kuat maka ruangan akan indah dan tidak akan mudah rusak. Sebab jika sampai rusak maka akan sangat repot lantaran harus menggantinya dengan yang baru. Dimana biaya penggantian bisa jadi sedang tidak ada atau disibukkan dengan pekerjaan lain. Makanya, mempertimbangkan pemilihan plafon yang kuat dan berkualitas itu cukup penting.

Pentingnya Memilih Jenis Plafon yang Kuat Agar Awet

Ketika Anda berencana membangun sebuah hunian, hal yang perlu diperhatikan adalah desain interiornya. Apa saja elemen yang ada di dalam ruangan sebaiknya direncanakan dengan sebaik mungkin. Bicara soal plafon, ini alasan kenapa Anda mesti memilih yang paling bagus dan kuat:

Plafon Kuat, plafon rumah yang kuat, jenis jenis plafon

plafon gypsum – diminimalis.com

  • Penunjang keindahan interior

Dibalik sedikit banyaknya pengeluaran yang diperlukan untuk memasang plafon, dijamin Anda akan puas dengan hasilnya. Ya, perbedaan nuansa pada rumah dengan plafon dan yang tidak, akan cukup terlihat dari sisi estetika ruangan. Apalagi, jika bahan plafon yang dipilih adalah yang terbaik. Dengan kelebihan yang dimiliki, plafon akan setidaknya mengubah tampilan ruangan dalam rumah Anda.

  • Melindungi lantai dari kebocoran

Ini mungkin bisa dibilang sangat klasik dimana plafon yang dipasang akan sangat membantu mencegah kebocoran dari genteng yang pecah. Air hujan tidak akan langsung jatuh ke lantai rumah lantaran, sebab plafon akan berfungsi dengan baik. Jangan berpikir pesimis bahwa plafon akan cepat rusak jika fungsinya demikian. Nyatanya, asal plafon yang dipasang bagus berkualitas maka akan berfungsi sempurna dan awet.

  • Ruangan akan jadi kedap suara

Tahukah Anda bahwa ruangan yang terpasang plafon di dalamnya akan lebih mampu menyerap suara dan mencegahnya keluar. Bersuara di ruangan berplafon dengan yang tidak jelas ada bedanya. Jika Anda belum pernah membuktikannya coba untuk segera pasang plafon. Langit-langit yang semakin dekat dengan lantai akan memaksa suara tetap di ruangan.

  • Berfungsi menutup rangka atap rumah

Disadari atau tidak, ruangan dengan plafon terpasang di dalamnya akan memberi pemandangan yang berbeda, apalagi setelah dipasangi lampu. Rangka atap akan secara otomatis tertutup oleh plafon sehingga tidak akan terlihat tulangannya. Bayangkan jika tidak ada plafon maka rumah Anda akan kurang sedap dipandang karena rangkanya terlihat jelas dari bawah.

  • Menyembunyikan kabel kelistrikan rumah

Kabel untuk lampu-lampu rumah biasanya akan menjalar di sepanjang rangka atap. Dengan adanya plafon, maka kabel akan setidaknya tertutupi dari terlihat langsung. Pada beberapa kasus, plafon juga mampu mencegah potensi korsleting lho.

  • Mengurangi potensi kotoran oleh cicak dan hewan rumahan

Terakhir, plafon juga berfungsi untuk membantu mengurangi kotornya ruangan oleh hewan seperti cicak dan serangga. Meski tidak secara efektif berfungsi demikian, namun secara teori ini mampu mengurangi kesempatan hidup hewan tersebut di ruangan. Jadi, apakah Anda berniat memasang plafon terbaik di rumah Anda?

Baca: Akibat Rumah Tanpa Plafon yang Perlu Anda Ketahui

Bahan Plafon yang Kuat dan Biasa Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Memasang plafon yang kuat dan berkualitas sama pentingnya dengan mendesain ruangan secara keseluruhan; harus penuh pertimbangan. Nah, untuk membantu Anda memantapkan diri dalam memilih yang terbaik, berikut ulasan tentang jenis-jenis plafob beserta kelebihan dan kekurangannya.

Plafon Kuat, plafon rumah yang kuat, jenis jenis plafon

plafon fiber – diminimalis.com

Plafon Fiber/GRC

Untuk membuat ruangan rumah minimalis yang sejuk dan nyaman, pilih jenis plafon berbahan fiber. Bahan fiber memiliki kemampuan menyerap panas yang baik serta anti bocor. Harganya sendiri memang relatif lebih mahal, namun untuk jangka panjang, fiber merupakan investasi terbaik.

Plafon Glass block

Pengaplikasian plafon glass block tidak bisa berdiri sendiri sehingga perlu plafon lain untuk menopangnya. Plafon glass block memiliki keunggulan sebagai penerang alami karena memanfaatkan cahaya matahari, sehingga lebih hemat listrik. Umumnya plafon glass block digunakan di kamar mandi, ruang tamu, dan ruang keluarga.

Plafon Dak beton

Bahan plafon yang kuat untuk rumah minimalis lainnya adalah dak beton. Plafon ini memiliki kelebihan antara lain; tahan di setiap cuaca, lebih tahan lama, mudah dalam merawatnya, dan tahan terhadap api. Selain itu, plafon dak beton mudah dibersihkan dan dirawat. Dari segi biaya perawatan, plafon dak beton terbilang cukup ekonomis.

Plafon Metal

Selanjutnya, ada plafon metal yang tidak kalah kuat. Jika hanya menginginkan plafon yang kuat, maka jenis ini adalah pilihan terbaik. Apalagi ditambah kelebihan materialnya yang tahan air, anti rayap, dan sangat tahan lama. Praktis, kekurangannya hanya pada harga jualnya yang terbilang sangat mahal sehingga sedikit orang yang memakainya.

Plafon Gypsum

Gypsum menjadi pilihan tepat bila dana pemasangan plafon tidak terlalu besar. Selain harganya yang ekonomis, plafon berbahan gypsum juga banyak varian corak dan warnanya. Plafon gypsum juga mudah diganti apabila mengalami kerusakan serta mudah dalam pengerjaannya.

Plafon PVC

PVC memang akrab dikenal sebagai material untuk pipa. Namun, saat ini PVC sudah dipakai juga sebagai material plafon. Secara fisik tidak terlalu jauh beda, dimana PVC identik dengan warna putih. Hanya saja, pada jenis plafon warnanya bervariasi yang bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan tema ruangan.

Kelebihan dari plafon berbahan PVC bisa ditebak dari bentuk dan bobotnya yang ringan, yaitu pemasangannya lebih mudah. Selain itu, bahan ini anti rayap dan awet. Adapun kekurangan plafon berbahan PVC sendiri ada pada harganya yang sedikit mahal.

Plafon Eternit/Asbes

Bahan plafon yang satu ini berasal dari campuran semen dan kain perca sehingga disebut asbes. Kelebihan dari plafon asbes adalah tahan api dan tidak mudah rembes oleh tetesan air. Harga plafon asbes juga cukup terjangkau dan mampu menjaga suhu ruangan tetap dingin. Kekurangannya terletak pada pemasangannya yang memerlukan kehati-hatian lantaran bahannya mudah retak.

Plafon Akustik

Plafon rumah yang juga cukup bagus dari sisi kualitas adalah jenis akustik. Plafon jenis ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan rumah kedap suara maksimal. Karena kelebihannya ini, jenis plafon akustik sering dipakai di ruang rapat dan pertemuan. Kekurangannya terletak pada harganya yang cukup mahal seperti halnya metal, kurang tahan air, dan sulit ditemukan di pasaran.

Plafon Triplek

Terakhir, ada plafon triplek. Jenis bahan plafon dari triplek memiliki keunggulan dari sisi kemudahan pemasangan. Selain itu, harganya juga cukup murah dibandingkan plafon jenis lainnya. Kekurangannya sendiri, plafon triplek tidak tahan api serta mudah rusak jika sering terkena air. Meski tidak ada salahnya memilih plafon jenis ini namun jika Anda tinggal di daerah pegunungan dengan curah hujan tinggi, sebaiknya pilih yang lain.

Jadi pada intinya, pemilihan jenis plafon perlu dipertimbangkan matang-matang. Sesuaikan pemilihan dengan struktur bangunan dan tata letak ruangan di rumah Anda. Pilih plafon yang kuat dengan perawatan yang relatif mudah. Biaya yang dikeluarkan juga perlu dipersiapkan. Anda bisa menyesuaikan budget Anda dengan jenis plafon, namun tetap pilih secara tepat demi kenyamanan.

Sebagai penutup, semoga rumah impian Anda segera terwujud dan di dalamnya terpasang plafon yang kuat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa. (ls) editted by RN22042020


Comment