Pintu Geser Kamar Mandi Alternatif Solusi Melapangkan Kamar Mandi

Memiliki sebuah kamar mandi yang nyaman dan indah merupakan impian setiap orang. Kamar mandi yang bisa menampung keseluruhan aktivitas di dalamnya secara umum bisa diperoleh jika Anda memiliki kamar mandi yang luas. Salah satunya adalah penerapan pintu geser kamar mandi agar lebih mudah aksesnya.

Ukuran kamar mandi yang luas memang sangat mendukung digunakan mandi hingga sebagai tempat relaksasi. Namun, bagaimana jika kamar mandi yang kita miliki berukuran sempit, masih bisakah mengakomodir itu semua? Jawabannya bisa, dengan cara menggunakan pintu geser kamar mandi.

pintu geser kamar mandi
pintu geser kamar mandi – diminimalis.com

Penggunaan pintu pada kamar mandi memang sangat diperlukan guna melindungi privasi Anda saat melakukan aktifitas di dalamnya. Ada begitu banyak pilihan pintu kamar mandi yang bisa Anda gunakan, mulai dari pintu berbahan kayu hingga pintu berbahan PVC. Motif dan desain yang dimiliki pintu kamar mandi pun sangat beragam, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memperindah interior kamar mandi.

Tips Desain Alternatif Penerapan Pintu Geser Kamar Mandi

Selain hal-hal yang berkaitan dengan tampilan dalam ruangan, mendesain furniture agar tampak simpel dan tidak mempersempit ruangan juga merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah dengan menerapkan tips desain sebagai berikut.

1. Terapkan dominasi warna putih agar terkesan lebih luas

Warna putih pada kamar mandi akan memberi kesan bersih sehingga membuat tampilannya jadi lebih luas. Anda bisa pilih perabotan warna putih mulai dari kloset, wastafel, hingga corak dan warna keramik lantai serta dinding yang dicat warna putih. Untuk menambah kesan yang lebih bersih, Anda dapat padukan warna putih tadi dengan warna perak pada ornamen seperti shower atau gantungan baju.

2. Shower akan lebih menghemat ruang

Penggunaan shower pada kamar mandi Anda juga bisa membantu Anda lebih hemat biaya air. Selain itu, akan mampu membuat kamar mandi mungil Anda tampak lebih luas jika dibandingkan dengan penggunaan bak mandi atau bathtub di dalamnya. Dengan shower, Anda hanya perlu space sedikit saja sebagai tempat basah saat waktu mandi Anda.

3. Pilih perabot bergaya minimalis

Selanjutnya, tips lain untuk membuat kamar mandi minimalis Anda tampak lebih luas adalah dengan pemilihan perabotan berdesain minimalis yang akan menghemat ruang. Misalnya, Anda bisa gunakan rak yang dipasang di belakang atau di atas kloset untuk menyimpan barang-barang kamar mandi. Atau bisa gunakan ide lain perbaot yang mungil tapi multifungsi.

Pintu geser kamar mandi sebagai solusi

Keberadaan kamar mandi di dalam rumah minimalis biasanya hanya menyisakan space ruangan yang tidak cukup luas. Ruangan yang tidak luas ini tentunya bisa sangat menggangu aktifitas Anda di dalamnya. Anda akan kesulitan saat harus menaruh atau menyimpan peralatan mandi yang akan digunakan. Kamar mandi yang sempit tentunya juga akan menyulitkan saat proses pembersihannya. Permasalahan tersebut bisa Anda atasi jika pintu yang digunakan adalah pintu geser kamar mandi.

Jika Anda hendak menggunakan pintu geser pada kamar mandi, sebaiknya pilihlah material yang tahan air. Area kamar mandi tentunya lebih sering basah dan bersuhu lembab, jadi hindari material kayu sebagai bahan pintunya. Anda pisa memilih pintu geser kamar mandi aluminium yang lebih tahan air dan karat, sehingga usia pintu jauh akan lebih awet dibandingkan material lainnya.

pintu geser kamar mandi
pintu sliding kamar mandi – diminimalis.com

Harga pintu kamar mandi geser yang ditawarkan sangatlah variatif tergantung bahan, ukuran serta motif yang ditampilkan. Ada satu tips yang bisa Anda lakukan agar saat membeli pintu geser Anda bisa mendapatkan harga yang murah, yaitu dengan melakukan survey terlebih dahulu dibeberapa toko material agar didapatkan harga dan barang yang cocok.

Sebagai penutup, perhatikan posisi pemasangan pintu. Anda harus yakin pintu geser kamar mandi yang dipasang arah gesernya tidak terhalang oleh storage atau benda lain yang ada di dalamnya, hal ini bertujuan agar pintu bisa terbuka dengan sempurna sehingga akan memudahkan penghuni rumah saat mengaksesnya. Salam diminimalis (am). editted by RN14012020


Comment