by

Dilema Memilih Rumah: Pilih Rumah Subsidi atau Komersial?

Pilih rumah subsidi atau komersial? Lagi-lagi dihadapkan dengan pilihan yang mungkin akan membuat Anda bingung untuk memutuskan pilihan terbaik.

Pilihan yang terbaik adalah pilihan yang setelah dipilih tidak akan merugikan si pemilih atau pembuat keputusan. Jadi Anda dintuntut untuk segera pilih rumah subsidi atau kmersial. Agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Rumah subsidi merupakan rumah yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sedangkan rumah komersial tidak. Sehingga kedua jenis rumah tersebut merupakan jenis rumah yang berbeda dan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pilih rumah subsidi atau komersial merupakan pilihan yang membuat kita sangat dilema. Hal ini mungkin karena Anda tidak mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari rumah subsidi dan rumah komersial.

Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas terkait kelebihan dan kekurangan rumah subsidi dan rumah komersial. Hal ini diharapkan dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan apakah akan pilih rumah sibsidi atau komersial, sehingga Anda tidak menyesal pada akhirnya.

Berikut penjelasan terkait kelebihan dan kekurangan rumah subsidi dan rumah komersial yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilih rumah subsidi atau komersial:

Kelebihan dan kekurangan rumah subsidi

Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap individu. Memiliki rumah merupakan hal yang sangat penting karena rumah tempat dimana setiap orang akan tinggal di dalamnya.

Namun, sayangnya banyak masyarakat yang belum mampu untuk memiliki rumah pribadi. Dengan kata lain hanya mengontrak. Banyaknya masyarakat yang mengontrak, khususnya di Indonesia, kemudian muncul inisiatif baru yaitu adanya program rumah subsidi.

Pilih Rumah Subsidi atau Komersial

Rumah subsidi merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu agar memiliki rumah dengan harga yang lebih murah. Hal ini merupakan salah satu program yang positif guna mencukupi kebutuhan pokok masyarakat.

Walaupun rumah subsidi memiliki tujuan yang baik, rumah subsidi tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan sebelum membeli rumah subsidi. Sehingga Anda dapat menentukan pilihan dengan baik.

Berikut kelebihan dan kekurangan rumah subsidi yang perlu Anda cermati:

a. Kelebihan

Sebagaimana yang sudah Anda ketahui bahwa rumah subsidi merupakan rumah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sehingga harga rumah tersebut lebih murah dibandingkan harga rumah komersial.

Selain harga yang lebih murah, rumah subsidi merupakan rumah yang dibangun oleh pemerintah dan bekerjasama dengan developer yang terpercaya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika akan muncul developer yang nakal karena pemerintah hanya akan bekerjasama dengan developer yang resmi dan berlisensi.

Kelebihan lainnya adalah rumah subsidi bukan merupakan rumah inden. Pemerintah telah membuat sistem yang sedemikian rupa sehingga akan membantu masyarakat terhindar dari developer nakal. Salah satunya adalah dengan menjual rumah inden atau siap huni.

Selain itu calon pembeli juga dapat survey ke lokasi, sehingga bisa melihat rumahnya secara langsung dan memastikan kondisi rumah apakah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Yang terakhir adalah persyaratan untuk membeli rumah subsidi sangat mudah. Menurut Peraturan Kemenpera No. 3 Tahun 2014, syarat untuk membeli rumah subsidi antara lain:

a. WNI berusia minimal 21 tahun,
b. Berpenghasilan tetap (maksimal 4 juta rupiah untuk tapak dan 7 juta rupiah untuk rumah sejahtera susun),
c. Memiliki NPWP,
d. Mengumpulkan fotokopi SPT dan PPh,
e. Tidak memiliki rumah pribadi,
f. Belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk proses kepemilikan rumah.

Dengan syarat tersebut diharapkan dapat membantu Anda yang menginginkan untuk segera memiliki rumah pribadi.

b. Kekurangan

Bagi Anda yang suka dengan keramaian kota, rumah subsidi mungkin bukan menjadi salah satu pilihan Anda. Hal ini karena lokasi rumah subsidi biasanya berada jauh dari pusat kota.

Selain itu, Anda juga akan ditawarkan dengan spesifikasi bangunan yang sesuai dengan harga rumah tersebut. Biasanya rumah subsidi memiliki ukuran yang kecil, sehingga Anda harus bersedia menerima spesifikasi rumah subsidi.

Kelebihan dan kekurangan rumah komersial

Selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan rumah komersial. Rumah komersial adalah rumah yang tidak mendapat subdisi atau bantuan dari pemerintah. Sehingga rumah komersial merupakan rumah yang benar-benar dimiliki dengan uang Anda sendiri tanpa bantuan dari pemerintah.

Pilih Rumah Subsidi atau Komersial

Rumah komersial lebih dikenal dengan rumah yang dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Sehingga bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan lebih dan inginmemiliki rumah pribadi, Anda dapat memilih rumah komersial sebagai pilihan Anda.

Namun, sebelum menentukan pilihan, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari rumah komersial. Berikut kelebihan dan kekurangan rumah komersial yang perlu Anda ketahu:

a. Kelebihan

Rumah komersial adalah rumah yang memiliki model beragam. Sehingga Anda dapat memilih dengan leluasa karena pilihan modelnya sangat banyak dan tidak terbatas oleh aturan pemerintah karena tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Selain itu, rumah komersial juga tidak terbatas oleh lokasi. Jika Anda menginginkan memiliki rumah di perkotaan, Anda dapat memilih rumah yang dijual di perkotaan. Sedangkan jika menginginkan di pedesaan, Anda juga dapat memilih yang di desa.

Tidak terikat oleh persyaratan khusus seperti halnya rumah subsidi yang diatur oleh pemerintah.

Siapapun boleh memiliki rumah komersial dengan syarat mempu membayar dan tidak ada ketentuan minimal penghasilan yang dimiliki. Hanya saja Anda harus memiliki uang untuk saving, mampu membayar biaya hidup sehari-hari dan mampu untuk membayar angsuran rumah.

b. Kekurangan

Harga lebih mahal dari rumah subsidi karena tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Sehingga Anda perlu mempersiapkan uang yang lebih supaya bisa mendapatkan rumah komersial yang sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga harus pintar memilih developer. Tidak ada campur tangan pemerintah saat memilih pengembang. Sehingga Anda harus benar-benar bisa memilih developer dengan cermat. Jangan lupa untuk memilih developer yang resmi dan berlisensi.

Jadi, Pilih rumah subsidi atau komersial?

Kembali lagi kepertanyaan yang mengharuskan Anda untuk memilih. Dan jawaban untuk Anda diantara pilih rumah subsidi dan komersial yang paling tepat adalah dengan menyesuaikan kondisi finansial Anda.

Sehingga tidak ada penyesalan yang akan terjadi karena kondisi finansial. Selain itu jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan baik-buruknya, kelebihan-kekurangannya, dan selalu diskusi dengan keluarga sebelum memutuskan untuk memilih diantara kedua pilihan tersebut.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan dan semoga bermanfaat untuk kita semua khususnya ketika hendak pilih rumah subsidi atau komersial. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.