by

3 Tips Menjawab Pertanyaan Pilih Rumah Hadap Mana

Anda masih bingung dengan menentukan jawaban dari pertanyaan “pilih rumah hadap mana?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda harus memilih beberapa pilihan agar sesuai dengan keinginan Anda.

Urusan pilih rumah hadap mana memang sangat membingungkan. Rumah yang menghadap ke arah yang benar akan sangat memabantu aktivitas Anda. Sehingga Anda jangan sampai memutuskan untuk pilih rumah hadap mana dengan sebarangan.

Ketika Anda menentukan memutuskan untuk pilih rumah hadap mana, Anda harus memilihnya dengan tepat. Jika Anda memutuskannya dengan sembarangan, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman karena posisi rumah yang menghadap ke arah yang salah.

Kesalahan dalam menentukan rumah hadap mana akan berdapak negatif. Sehingga, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut untuk meminimalisasi dampak negatif yang akan terjadi jika Anda menentukan pilihan yang salah.

Berikut tips untuk menjawab pertanyaan pilih rumah menghadap mana:

1. Pilih rumah hadap mana: Menyesuaikan dengan lingkungan

Tips yang pertaman adalah menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Misalnya rumah Anda berada dalam satu komplek yang semua rumah dibangun berjajar dan rapih, maka Andapun harus bisa menyesuaikan.

Hal ini mungkin terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah peraturan dari pemerintah setempat atau kesepakatan bersama.

Dengan demikian Anda benar-benar harus mengikuti peraturan yang sudah ada dan Anda tidak memiliki pilihan lain terkait rumah Anda yang akan Anda bangun menghadap ke arah mana. Karena pilihannya sudah diharuskan mengikuti peraturan di kompleks tersebut.

Tips ini sangat tepat dijalankan ketika Anda hendak membangun di perkotaan yang pada penduduk, di daerah perumahan, atau daerah-daerah yang memegang teguh adat istiadat/peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Sehingga Anda tidak dapat melanggar peraturan yang Anda demi kelangsungan hidup yang nyaman dengan tetangga dan lingkungan sekitar. Dengan mengikuti tips ini diharapkan Anda dapat hidup nyaman dengan rumah yang Anda miliki.

2. rumah hadap mana: Menghadap ke arah jalan

Tips yang ke-dua adalah menghadap ke arah jalan. Hal ini merupakan pilihan yang menjadi salah satu favorit masyarakat. Karena masyarakat banyak yang memiliki rumah yang menghadap ke arah jalan.

Kenapa hal demikian terjadi? Hal ini karena dengan menghadap ke arah jalan merupakan salah satu upaya setiap orang untuk memudahkan dirinya dalam menjalankan aktivitasnya.

Pilih Rumah Hadap Mana

Dengan rumah yang menghadap ke arah jalan akan membantu Anda memudahkan akses ke rumah dan ke luar rumah. Karena pada dasarnya aktivitas manusia hanya berada di dalam rumah dan di luar rumah.

Sehingga rumah yang mengadap ke arah jalan akan lebih mudah akses keluar masuknya. Semoga dengan Anda memilih untuk menghadapkan rumah ke arah jalan akan menjadikan Anda lebih efektif dan efisien dalam beraktivitas.

Jangan lupa untuk selalu memberikan space/ tempat untuk dijadikan halaman rumah Anda. Karena halaman rumah merupakan bagian yang penting juga dalam suatu rumah.

3. rumah hadap mana: Bebas dengan mengikuti arah mata angin

Nah yang terakhir adalah Anda bebas memilih ke arah mana saja. Apalagi jika didaerah tersebut belum ada rumah lain yang dibangun dan rumah Anda merupakan satu-satunya rumah yang akan dibangun disitu.

Sehingga Anda bebas menentukan rumah Anda kan menghadap ke arah mana. Anda bebas mengikuti arah mata angin mana saja, baik itu timur, tenggara, selatan, atau yang lainnya.

Pilih Rumah Hadap Mana

Jika di daerah tersebut terdapat mitos-mitos yang berkembang dan Anda mempercayainya makan Anda boleh mengikuti peraturan adat yang ada. Namun jika Anda merupakan orang yang tidak mudah percaya dengan mitos, Anda bebas mau membangun rumah menghadap ke arah mana saja.

Namun, Anda juga harus mengetahui beberapa arah mata angin yang mungkin akan memiliki keunikan dan perbedaan dari rumah lainnya. Arah mata angin itu adalah:

a. Timur

Yang pertama adalah arah timur. Rumah yang dibangun dengan mengadap arah timur akan sering berhdapan langsung dengan sinar matahari pagi. Sehingga kebutuhan cahaya matahari ke rumah mungkin akan berlebihan.

Sehingga rumah yang menghadap ke arah timur sebaiknya di desain khusus agar cahaya matahari di pagi hari tidak terlalu berlebihan.

Anda bisa menggunakan tirai untuk meminimalisasi cahaya yang masuk ke dalam rumah, sehingga Anda lebih merasa nyaman di dalam rumah pada pagi hari.

Namun, jika depan rumah Anda terdapat pohon yang dapat menghalangi sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah, Anda tidak perlu menggunakan tirai khusus. Cukup dengan pohon yang akan melindunginya.

b. Barat

Yang ke-dua adalah rumah yang menghadap arah barat. Rumah ini menjadi sangat membutuhkan perlindungan lebih karena akan berhadapan langsung dengan sinar matahari yang hendak terbenam.

Sehingga Anda mungkin akan merasa lebih silau dan panas. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan tirai untuk menutupi cahaya matahari. Tirai tersebut dapat Anda pasang di depan rumah.

Sama dengan rumah yang menghadap ke arah timur, jika di depan rumah Anda terdapat pohon yang membantu menghalangi sinar matahari lagsung masuk ke dalam rumah, maka Anda tidak perlu menggunakan tirai di depan rumah Anda.

Bagi Anda yang hendak membangun rumah dengan mengarah ke arah timur atau barat, Anda perlu menyiasati dengan cara di atas. Dengan begitu Anda akan tetap merasa nyaman di dalam rumah Anda.

Sekian penjelasan terkain pemilihan arah rumah yang tepat untuk rumah Anda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan arah rumah yang akan Anda bangun. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semua. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.