by

Pertimbangan Sebelum Menentukan untuk Pilih Rumah atau Apartemen

Berencana untuk pilih rumah atau apartemen dan bingung mana yang tepat untuk Anda? Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas tentang hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menentukan untuk pilih rumah atau apartemen.

Permintaan akan properti, termasuk rumah dan apartemen sekarang semakin meningkat. Keduanya termasuk dalam kategori papan yang merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sehingga, memiliki rumah ataupun apartemen merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Anda dapat memilih rumah atau apartemen sesuai dengan keinginan Anda. Namun, Anda tidak boleh asal pilih karena keputusan tersebut akan mempengaruhi kehidupan Anda. Hal tersebut dikarenakan keduanya akan digunakan setiap hari oleh Anda sebagai pemilik.

Menentukan keputusan yang tepat dalam memilih rumah atau apartemen menjadi sangat penting dan keputusan tersebut harus segera ditentukan. Oleh karena itu, Anda harus dapat segera mengambil keputusan yang tepat.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui hal berikut untuk mendapatkan keputusan yang tepat dan meminimalisir kemungkinan rasa menyesal karena keputusan yang salah atau kurang tepat yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut informasi yang perlu Anda ketahui:

Pertimbangan sebelum pilih rumah atau apartemen

Sebelum pada akhirnya Anda menentukan pilihan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut yang akan membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat.

Pilihan yang tepat menjadi tujuan semua orang. Karena pilihan yang tepat akan mempengaruhi kehidupan Anda. Termasuk dalam memilih rumah atau apartemen yang merupakan hal yang pokok yang akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas Anda.

pilih rumah atau apartemen

Kebimbangan dalam memilih rumah atau apartemen sering kali dialami karena mungkin banyak orang yang belum mengetahui informasi berikut. Informasi terkait pertimbangan yang perlu Anda fikirkan sebelum Anda memilih rumah atau apartemen.

Berikut informasinya yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan dengan baik sehingga keputusan yang Anda ambil tidak membuat Anda menyesal:

a. Biaya

Hal yang pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah terkait biaya. Khususnya biaya untuk membeli rumah ataupun apartemen. Kedua properti yang sedang banyak diminati tersebut memiliki harga yang berbeda.

Sehingga Anda perlu membandingkan kedua harga properti tersebut. Setelah mengetahui harga dari rumah dan properti, Anda dapat segera menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Karena harga rumah dan properti itu berbeda-beda, maka Anda harus benar-benar memilih properti mana yang tepat buat Anda dan sesuai dengan kondisi finansial Anda. Sehingga Anda tidak menyesal pada akhirnya.

b. Kebutuhan

Yang ke-dua adalah kebutuhan. Yang dimaksud kebutuhan dalam hal ini adalah jika Anda memang belum memiliki salah satu dari rumah atau apartemen, Anda disarankan untuk segera membeli dan memilikinya.

Namun, jika Anda sudah memilikinya, lebih baik tidak usah untuk membeli lagi. Karena hal itu termasuk dalam pemborosan. Kecuali untuk hal bisnis atau investasi.

Sehingga Anda harus bisa memilah apakah hal tersebut termasuk kebutuhan yang sangat penting atau hanya keinginan semata.

c. Lokasi

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi. Lebih baik Anda memilih lokasi yang dekat dengan kantor Anda. Karena akan mempermudah Anda jika ke kantor.

Jangan sampai Anda memilih lokasi rumah atau apartemen yang jauh. Selain mempermudah akses, Anda juga akan memperhemat biaya transportasi. Sehingga Anda harus mempertimbangkan lokasi rumah atau apartemen yang akan Anda beli.

d. Kepemilikan

Selanjutnya Anda harus mempertimbangkan terkait kepemilikan. Karena kepemilikan menjadi hal yang penting, khususnya terkait setifikat yang menunjukan bahwa properti tersebut adalah milik Anda.

Jika Anda membeli rumah, Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM). Sedangkan jika Anda memilih apartemen Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (HMSRS).

Sertifikat yang Anda dapatkan setelah membeli apartemn hanya berlaku sebagai bukti bahwa Anda memiliki hak atas bangunan (unit) apartemen saja, dan tidak termasuk fasilitas lainnya, seperti tempat parkir, kolam renang, dll.

Sedangkan tanah yang digunakan untuk mendirikan apartemen adalah tanah milik developer. Sehingga Anda termasuk penyewa. Masa sewa tanah biasanya cukup lama, yaitu antara 20-50 tahun.

Jika masa sewa tahan sudah habis, maka Anda perlu memperpanjangnya lagi sesuai dengan perpanjian dengan developernya.

Namun, jika Anda memilih untuk membeli rumah, Anda sudah memiliki semuanya termasuk tanah. Sehingga Anda tidak perlu membayar sewa tanah layaknya jika Anda membeli apartemen.

e. Fasilitas

Yang terakhir adalah fasilitas. Hal ini karena fasilitas yang ditawarkan berbeda, antara rumah dan apartemen. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan jika membeli rumah atau membeli apartemen.

Sehingga Anda tidak menyesal jika Anda membeli salah satu dari jenis properti tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan harga dari rumah dan apartemen.

Anda perlu menyesuaikan fasilitas yang ditawarkan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Kemudian Anda juga harus menyesuaikan antara harga dengan fasilitas yang ditawarkan dari rumah dan apartemen.

Menentukan keputusan untuk pilih rumah atau apartemen

pilih rumah atau apartemen

Setelah Anda membaca terkait pertimbangan apa saja yang perlu Anda lakukan, diharapkan Anda dapat segera menentukan pilihan yang tepat. Semua itu terantung masing-masing individu, karena Anda semua memiliki kebutuhan yang berbeda.

Sehingga pertimbangan-pertimbangan seperti yang dijelaskan di atas adalah cara yang terbaik untuk menentukan pilihan yang tepat. Pilih rumah atau apartemen bukan menjadi masalah besar jika Anda sudah mempertimbangkan hal-hal di atas.

Semoga dengan informasi di atas Anda dapat segera menentukan pilihan yang terbaik. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.