by

Pilih AC atau Kipas Angin: Perspeksif Kesehatan

Cuaca panas mengharuskan Anda untuk menggunakan alat pengkondisi udara agar menghilangkan hawa panas, sehingga Anda bingung harus pilih AC atau kipas angin.

Ac dan kipas angin merupakan dua alat elektronik yang berbeda. AC digunakan sebagai pengkondisi udara atau sering dibilang pendingin ruangan. Sedangkan kipas angin hanya menghasilkan angin dingin yang dapat membantu Anda mengurangi hawa panas.

Kedua peralatan elektronik tersebut merupakan hal yang akan Anda cari ketika suhu udara terasa panas. Begitu penting dan berarti alat tersebut sehingga Anda perlu mengetahui apakah alat tersebut aman digunakan dan apakah berpengaruh terhadap kesehatan?

Oleh karena itu Anda wajib membaca artikel ini agar mengetahui informasi terkait hal tersebut, sehingga Anda dapat menentukan AC atau kipas angin yang lebih bagus untuk kesehatan Anda.

Air Conditioner (AC) bagi kesehatan

Air conditioner atau sering disingkat AC merupakan alat elektronik yang digunakan untuk mengkondisikan udara. Sehingga ruangan ber-AC akan lebih dingin dibandingkan ruangan yang tidak ber-AC.

Dalam hal mengusir rasa panas, AC merupakan alat yang lebih ampuh dibandingkan dengan kipas angin. Karena kemampuannya dalam mendinginkan ruang sangat ampuh.

Hal itu juga didukung karena ruangan ber-AC biasanya tertutup rapat. Sehingga suhu dingin yang diciptakan dari AC terbatas pada ruangan itu saja.

Ruangan ber-AC yang tertutup rapan tidak hanya membuat ruangan menjadi dingin, namu ada efek lainnya. Contohnya yaitu berkurangnya kemungkinan adanya serangga dan debu yang ada di dalam ruangan.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada ventilasi atau lubang udara yang terbuka, sehingga udara yang ada di dalam ruangan hanya itu-itu saja dan seranggapun tidak bisa masuk.

Tertutupnya ruangan juga akan mengakibatkan udara yang ada didalam ruangan menjadi tidak segar. Kurangnya udara segar juga dapat menyebabkan kelehan terus-meneru.

pilih AC atau kipas angin

Selain itu, jika AC tidak rajin dibersihkan akan mengakibatkan sulit bernafas. Hal ini karena AC dijadikan tempat untuk berkembang biak bakteri dan jamur.

Selain itu, AC juga dapat membuat kulit Anda kering. Dengan kata lain, elastisitas kulit Anda akan berkurang. Hal ini karena AC dapat menyerap kelembaban udara termasuk tubuh kita. Sehingga Anda dianjurkan untuk menggunakan pelembab jika menggunakan AC.

Selain mengurangi kelembaban kulit, kelembaban mata juga akan berkurang. Sehingga akan menyebabkan mata Anda merah atau penglihatan menjadi buran.

Oleh karena itu, Anda disarankan rajin membersihkan AC yang Anda miliki dan gunakan AC seperlunya saja.

Kipas Angin bagi kesehatan

Kipas angin terkenal sebagai alat yang ramah lingkungan dan murah di kalangan masyarakat. Kipas angin juga dapat digunakan untuk menghilangkan hawa panas. Namun, kipas angin tidak dapat digunakan sebagai pendingin ruangan.

Hal tersebut dikarenakan kipas angin tidak memiliki kemampuan yang ampuh dalam mendinginkan ruangan seperti AC. Namun, kipas angin tetap menjadi salah satu alat yang diminati oleh banyak masyarakat.

pilih AC atau kipas angin

Dengan kipas angin Anda tidak perlu menutup semua jendela, pintu dan ventilasi. Sehingga udara dapat masuk dengan mudah ke ruangan atau ke rumah Anda dan yang pasti udara segar dapat masuk ke dalam ruangan.

Namun disisi lain, tidak hanya udara segar yang masuk, bahkan polusi udarapun dapat masuk dengan mudah. Sehingga Anda tetap harus waspada dengan lingkungan.

Selain itu, jika Anda menggunakan kipas angin jangan Anda hadapkan langsung ke badan dalam jangaka waktu yang lama, apa lagi ditinggal tidur. Hal ini akan mengakibatkan perut kembung karena kemasukan banyak angin.

Selain harus berhati-hati dalam menggunakan kipas angin, Anda juga harus rajin membersihkan kipas angin, agar tidak kotor dan tidak menjadi sarang berkembangnya jamur dan bakteri.

Sehingga Anda bisa tetap bisa menjaga kesehatan jika Anda rajin membersihkannya.

Jadi pilih AC atau kipas angin?

Berbicara tentang memilih, semua orang pasti memiliki pilihannya masing-masing. Termasuk dalam hal menentukan pilih Ac atau kipas angin. Sehingga semua tergantung diri Anda sendiri ketika akan memilih AC atau kipas angin.

Semua pilihan biasanya tergantung dengan kenyamanan Anda. Apakah Anda lebih nyaman dengan AC atau kipas angin. Untuk mengetahui kenyamanan Anda bisa menggunakan informasi terkait pengaruh AC dan kipas angin terhadap kesehatan.

Sehingga dengan adanya informasi di atas Anda dapat mempertimbangkan efek baik-buruk yang akan Anda dapatkan. Selain itu Anda juga dapat mengantisipasinya sebelum mendapatkan efek buruk yang mungkin akan Anda rasakan.

Selain informasi terkait pengaruhnya terhadap kesehatan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang akan Anda keluarkan untuk mendapatkan fasilitas dari AC atau kipas angin.

Untuk itu, persiapkan dari sekarang. Jangan sampai menyesal dan tetap konsisten dengan pilihan yang telah Anda tentukan. Pilihan tersebut tentunya atas dasar pertimbangan dari berbagai informasi yang Anda dapatkan.

Pilih AC atau kipas angin? Semuanya memiliki keuntungan dan kelebihan. Sehingga semuanya kembali ke kenyamanan dan kemampuan Anda dalam menanggung biaya yang akan Anda keluarkan.

Informasi di atas dapat Anda gunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam memilih AC atau kipas angin. Semoga pilihan yang Anda ambil adalah pilihan terbaik versi Anda.

Implikasi akhirnya akan membuat Anda lebih puas dan tidak akan menyesal dengan pilihan yang sudah Anda tentukan.

Semoga bermanfaat untuk Anda dan semoga apa yang telah Anda pilih, baik Ac ataupun kipas angin dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan fungsinya. Selain itu, semoga Anda semua terhindar dari risiko buruk dari penggunaan kedua alat elektronik tersebut. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.