Persiapan Sebelum Berenang yang Sebaiknya Perlu Anda Lakukan

ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berenang untuk menghindari cidera saat berenang - diminimalis.com

Persiapan sebelum berenang penting Anda lakukan untuk menghindari efek yang tidak diindingkan. Maka, sebelum mulai menyebur ke dalam kolam renang, ada baiknya Anda memahami apakah tubuh Anda sudah siap untuk menghadapi medan yang ditempuh. Peregangan sebelum berenang akan menyiapkan fleksibilitas tubuh, sehingga akan mengurangi risiko cedera atau kram saat berada dalam air yang bisa membahayakan.

persiapan sebelum berenang, persiapan yang dilakukan setelah sebelum berenang, gerakan pemanasan sebelum berenang
ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum berenang untuk menghindari cidera saat berenang – diminimalis.com

Persiapan sebelum berenang

Di bawah ini adalah beberapa latihan singkat yang bisa Anda lakukan sebelum mulai berenang:

persiapan sebelum berenang, persiapan yang dilakukan setelah sebelum berenang, gerakan pemanasan sebelum berenang
minum air putih perlu dilakukan untuk menghindari dehidrasi – diminimalis.com

1. Minum air putih

Beri tubuh asupan air yang cukup sebelum Anda renang. Hal ini sering sekali disepelekan oleh banyak orang, masih banyak orang beranggapan bahwa berenang tidak akan menimbulkan dehidrasi. Faktanya, tubuh bagian dalam kita tetap mumbutuhkan air agar meski kita berada di dalam kolam renang.

2. Lakukan Pemanasan dan atur Pernafasan

Melakukan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang otot pada saat berenang. Pemanasan senam bisa dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan badan (senam kecil) atau dengan berlari-lari kecil. Melakukan pemanasan. Gerakan pemanasan bertujuan untuk mencegah terjadinya kejang otot di waktu berenang. Otot-otot yang harus diregangkan antara lain:

– Peregangan otot lengan
– Peregangan otot leher
– Peregangan otot pinggang
– Peregangan otot punggung dan perut
– Peregangan otot kaki

Anda bisa melakukan peregangan dengan cara berikut ini:

Loncat-loncat di tempat, atau lari di tempat. Posisikan kedua tangan merentang sejajar bahu dan gerakkan memutar secara bersamaan. Buka kedua kaki sejajar dengan bahu sambil merentangkan kedua lengan ke samping, sedikit bungkukkan tubuh Anda ke depan. Ayunkan tangan kanan hingga menyentuh lutut kiri, kemudian ayunkan tangan kiri menyentuh lutut kanan (pose X). Kembali ke posisi awal. Ulangi untuk tangan kiri dan kemudian gunakan kedua lengan secara bersamaan.

3. Basahi tubuh dengan air bersih

Sebelum masuk ke kolam renang, ada baiknya kita menuju pancuran atau kamar mandi untuk membasahi seluruh tubuh kita. Tujuannya agar tubuh bisa menyesuaikan dengan suhu air di kolam renangan yang tentunya sangat berbeda dengan di luar kolam.

Pakai sun block, jangan lupakan yang 1 ini jika Anda tidak ingin hitam. Jika Anda berenang di pagi hari tidak menggunakan sun block pun tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah jika Anda berenang di siang hari. Pilih yang mengandung spf 30 karena memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit.

Demikian ulasan kami tentang persiapan sebelum berenang yang sebaiknya perlu Anda lakukan, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara pendinginan setelah berenang untuk memulihkan stamina di bawah ini. (ls)

Pendinginan setelah berenang untuk memulihkan stamina

Bila Anda berencana ingin membuat atau merawat kolam renang, Anda bisa membaca informasinya di bawah ini:

Kontraktor dan perawatan kolam renang terpercaya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.