Tips Mendesain Perpustakaan Minimalis Pribadi di Rumah

Ada banyak cara untuk membuat diri Anda atau keluarga nyaman selama di rumah. Salah satunya dengan membuat perpustakaan minimalis pribadi yang berisi buku-buku bacaan favorit. Bayangkan, saat Anda tidak sedang ada keperluan kemana-kemana di luar rumah dan bingung mau melakukan apa, Anda bisa menghabiskan waktu dengan membaca.

Membuat perpustakaan minimalis pribadi jadi salah satu cara paling efektif juga untuk menumbuhkan minat baca si kecil jika Anda sudah punya anak. Setidaknya akan membantui dia untuk tidak berlama-lama bermain di luar rumah. Dengan menyuguhkan buku bacaan favorit di atas rak buku khusus pasti ia akan jadi teralihkan juga dari bermain gadget.

Nah, bagaimana sih tips meuwujudkan desain perpustakaan minimalis pribadi yang bagus? Adakah model tertentu yang bisa diusung dan dibuat sendiri agar tidak perlu menyuruh tukang? Yuk mari kita bahas di artikel ini.

Keuntungan Memiliki Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan minimalis  pribadi memang penting untuk dihadirkan di rumah, terlebih bila Anda adalah seorang yang gemar membaca. Dengan memiliki perpustakaan pribadi, Anda bisa larut menikmati bacaan kesukaan ditemani secangkir kopi ataupun soft drink.

Anda tak perlu keluar rumah menyambangi perpustakaan umum, yang pastinya akan memakan waktu dan tenaga. Ketika Anda pergi ke perpustakaan umum, ada banyak hal ribet yang harus Anda hadapi. Diantaranya Anda harus menyiapkan waktu luang khusus, panas-panasan di jalan, terganggu dengan pengunjung lain yang berisik, dan belum tentu diperbolehkan membawa makanan dari luar.

perpustakaan minimalis pribadi, perpustakaan pribadi minimalis, perpustakaan minimalis, perpustakaan pribadi di rumah,
Perpustakaan pribadi di dalam rumah – diminimalis.com

Namun ketika Anda bisa membangun sendiri perpustakaan pribadi di rumah, segala hal ribet tersebut tak perlu lagi Anda pikirkan. Bahkan Anda bisa membaca buku kapan saja, tanpa harus mandi terlebih dahulu dengan penampilan apa adanya. Keren dan solutif bukan?

Diantara keuntungan lain dari memiliki perpustakaan pribadi ialah rumah Anda akan terlihat lebih dinamis dan menunjukkan aura kecerdasan. Selain itu, tamu-tamu Anda yang mungkin orang terdekat juga bisa mengakses buku-buku bacaan yang Anda miliki dan bisa singgah sembari membaca. Mungkin memang Anda akan sedikit direpotkan saat membuat desainnya. Namun, keuntungan yang berpihak pada Anda dan keluarga bisa menjadi pemicu semangat Anda dalam mewujudkannya.

Desain Perpustakaan Minimalis Pribadi dan Tata Kelolanya

Mengupayakan perpustakaan pribadi di dalam rumah tidaklah serumit yang dibayangkan. Memang setelah selesai Anda membuatnya, penampakan perpustakaan masih akan terlihat luang, karena untuk bisa memenuhi perpustakaan dengan buku, butuh waktu yang tidak sebentar.

Anda tak perlu buru-buru menyempurnakan penampilan perpustakaan dengan mengisi banyak buku. Kita harus bisa memahami keberadaan perpustakaan secara fungsionalis.

Perpustakaan tidak bisa disamakan dengan ruang lain yang bisa langsung dihias dengan aneka furniture. Perpustakaan bis ditempatkan di ruang baca keluarga yang khusus dimana kita bisa melahap satu-persatu buku bacaan senyaman mungkin.

 perpustakaan pribadi minimalis, perpustakaan minimalis, perpustakaan pribadi di rumah,
perpustakaan minimalis pribadi di bawah tangga – dminimalis.com

Terkait kapan perpustakaan Anda bisa penuh dengan banyak buku, ini hanyalah masalah waktu, tergantung seberapa produktifitas Anda dalam menyelesaikan tiap buku.

Hal ini juga ditentukan dengan seberapa banyak Anda memiliki waktu luang desela-sela aktifitas  harian Anda.

Dengan memahami bagaimana mengembangkan koleksi buku bacaan di rumah, maka proses pemenuhan berbagai buku bacaan tak perlu terburu-buru,  biarlah perpustakaan Anda “tumbuh” secara alami. Hal yang sebenarnya lebih utama untuk Anda upayakan adalah tentang tata kelola buku di dalam perpustakaan Anda.

Meski hal ini terlihat remeh, namun bila database koleksi buku Anda tidak dikelola dengan baik, Anda pun akan kerepotan untuk mengelolanya.

Diantara tata kelola perpustakaan pribadi yang harus diupayakan adalah:

1.    Identifikasi buku dengan kode dan penempatan yang tepat.

Anda perlu mengklasifikasikan jenis bacaan di perpustakaan Anda dengan kode dan penempatan rak yang terpisah. Buku bacaan yang perlu diklasifikasikan misalnya, buku fiksi, buku non fiksi, serial komik, keagamaan, majalah dan lain sebagainya.

2.    Beri sampul plastik pada setiap buku bacaan Anda.

Hal ini akan membuat buku Anda terlihat awet meski sudah berumur lama.

3.    Siapkan pembatas buku tiap kali Anda ataupun anggota keluarga lain membaca buku.

Jangan biasakan melipat halaman buku untuk menandai jangkauan bacaan anda. Ini akan membuat buku Anda menjadi lusuh dan tidak rapi.

4.    Letakkan kembali buku yang telah dibaca sesuai dengan kode dan rak penempatan yang sudah diklasifikasikan.

Hal ini akan memudahkan siapapun untuk menemukan buku yang akan di baca di dalam perpustakaan pribadi Anda. Selain itu, kerapihan juga seharusnya menjadi jargon Anda untuk diterapkan pada pengelolaan perpustakaan pribadi Anda.

Empat prinsip penataan buku di perpustakaan pribadi Anda di atas sudah sangat berguna untuk membuatnya nampak rapi dan teratur. Jika jadi membuat ruang perpustakaan minimalis pribadi, jangan lupakan empat hal itu ya,.

Baiklah itu saja ulasan dari kami tentang desain dan tata kelola perpustakaan minimalis pribadi di rumah. Sangat mudah bukan mewujudkannya? Semoga berhasil ya. (ls) editted by RN20012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.