Ide Dekorasi dengan Pernak-Pernik Rumah untuk Ruangan Lebih Artistik

Ide dekorasi Pernak-pernik rumah biasanya digunakan oleh orang untuk memunculkan kesan indah dan unik. Tidak salah memang, dengan pemilihan yang tepat pernak-pernik tersebut akan memberikan kesan tersendiri pada rumah. Anda hanya perlu menyelaraskan pernak-pernik pilihan dengan konsep rumah agar fungsi pernak-pernik lebih maksimal.

Pernak-pernik rumah
Pernak-pernik rumah minimalis – diminimalis.com

Ada begitu banyak jenis pernak-pernik rumah yang bisa Anda gunakan untuk menghias rumah. Mulai dari jenis etnik hingga bentuk abstrak yang bisa diletakkan di semua ruangan dalam rumah. Jika Anda menginginkan konsep rumah minimalis tradisional tentu akan sangat pas jika dikombinasikan dengan pernik bernuansa klasik seperti lukisan.

Tips Memperindah Ruangan dengan Pernak-pernik Rumah Minimalis

Meski sekedar sebagai penghias, pernak-pernik dalam rumah sebaiknya dipikirkan secara matang. Hal ini karena secara langsung atau tidak, akan berpengaruh terhadap tampilan ruangan dan rumah secara keseluruhan.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat agar pernak-pernik yang Anda miliki bisa maksimal dalam memperindah interior rumah minimalis Anda. Berikut ini kami berikan trik mudahnya untuk Anda. Selamat mencoba ya.

Jadikan pernak-pernik sebagai filler rumah

Rumah minimalis selalu identik dengan space ruangan yang terbatas, jadi, pemilihan pernak-pernik yang tepat sangat penting agar ruangan yang tersedia tetap nyaman digunakan. Anda tidak boleh terjebak pada tren yang sedang berjalan agar tidak kecewa nantinya. Pastikan dengan baik pernak-pernik yang dibeli memang Anda butuhkan dan sesuai dengan ruangan agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Oieh karenanya, prinsip dalam menambahkan pernak-pernik rumah harus dianggap sebagai filler/pengisi interior. Sebab jika tidak, bisa saja Anda akan terjebak pada anggapan bahwa pernak pernik rumah tidak lebih dari sekedar hiasan saja.

Gunakan kombinasi warna terbaik

Mengadopsi warna terbaik sebagai warna dominan pada pernak-pernik merupakan hal yang tidak kalah penting. Gunakan warna yang mampu mengubah suasana ruangan jadi lebih hidup.

Putih dan warna pastel biasanya jadi warna yang paling lazim digunakan pada rumah minimalis. Hal ini sangat menguntungkan Anda karena warna putih dan warna pastel merupakan warna yang cocok dikombinasikan dengan hampir semua warna. Anda hanya tinggal menentukan kesan apa yang hendak dimunculkan dengan perpaduan warna tersebut.

Pajang barang-barang koleksi

Sebagai tambahan pernak-pernak, Anda bisa menambahkan barang-barang koleksi pribadi yang dimiliki oleh setiap anggota keluarga.

Anda dapat menyimpan dan mengumpulkannya pada lemari display yang Anda letakan di ruang kelurga maupun ruang tamu. Namun jika barang koleksi Anda tidak terlalu banyak Anda bisa menjadikanya pemanis ruangan dengan menempelnya di dinding.

Tidak perlu takut perubahan

Salah satu kendala jika Anda hendak merubah tampilan interior rumah adalah rasa takut akan rusaknya nilai warisan yang ada. Anda tidak usah khawatir, perubahan yang Anda lakukan pada interior dengan penambahan pernak-pernik rumah di dalamnya tidak akan mengurangi nilai tersebut. Justru penambahan ini akan menambah nilai dan juga kekhasan tersendiri.

Tambahkan cushion

Penambahan cushion atau bantal pada tempat duduk tidak boleh Anda pandang sebelah mata. Ukuran cushion yang relatif kecil justru akan menjadi eyecatcher tersendiri pada interior rumah. Anda bisa memilih cushion bermotif menarik yang senada dengan warna kursi sebagai pernak-pernik rumah penambah keindahan interior.

Memilih bantal kursi yang menarik dan sesuai dengan motif dan warna kursinya menjadi cukup penting karena disinilah nilai estetika ityu tercipta. Anda bisa membeli bantal yang sesuai dengan warna kursi atau bisa sekaligus membelinya saat pertama kali ke toko mebel memborong kursi set.

Ide Wall decor, wall art, dan cermin sebagai pajangan bisa diterapkan

Anda bisa juga menambahkan elemen lain atau sentuhan pada sisi lain dalam ruangan sperti dekorasi dinding dan pemasangan cermin. Ini bisa jadi cara paling praktis yang bisa Anda gunakan agar pernak pernik yang ada dalam ruangan terlihat lebih menarik. Memang harganya relatif lebih mahal dibanding dengan cara sebelumnya namun hasil akhir yang lebih menarik tentu menjadi pertimbangan tersendiri dalam penggunaannya.

Tambahkan tanaman sebagai sentuhan akhir

Siapa sih yang tidak menginginkan rumah yang hijau dan asri? Tentu setiap Anda mendambakannya. Nah untuk mewjudkan hal itu, Anda bisa menambahkan hiasan tanaman guna membuat tampilan ruangan lebih indah bdan sejuk.

tanaman dalam interior, tanaman hias mini dalam ruangan, tanaman hias mini dalam kamar tidur

kaktus yang dijadikan tanaman hias di dalam interior – diminimalis.com

Menjadikan tanaman sebagai sentuhan akhir akan membuat nuansa ruangan semakin sempurna . Jika Anda hendak menjadikan tanaman sebagai pernik penghias interior Anda bisa menaruhnya di dalam pot gantung maupun vas bunga berbentuk menarik.

Mungkin itu dulu uraian singkat mengenai kiat yang bisa Anda praktekan agar pernak-pernik rumah minimalis yang Anda miliki bisa memperindah interior rumah dengan maksimal. Selamat mencoba, salam diminimalis (am). editted by RN23022020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.