List Perlengkapan Rumah Tangga Pengantin Baru yang Wajib Dimiliki

Biasanya, dua orang sejoli yang baru saja menikah belum memiliki perlengkapan rumah tangga yang lengkap. Bahkan tak jarang pasangan yang baru menikah ini hanya berbekal semangat saja untuk beda atap dengan orang tua/mertua. Padahal, ada banayk list perlengkapan rumah tangga pengantin baru yang harus disiapkan.

Sebenarnya item kebutuhan yang diperlukan itu cukup klasik seperti peralatan untuk makan, mandi, cuci mencuci, bahkan untuk bersih diri/mandi. Semuanya harus ada dan terpenuhi dengan baik mengingat item-item tersebut memang keperluan klasik di sebuah rumah tangga.

Pentingnya Membuat List Keperluan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga
memiliki perlengkapan rumah tangga setelah menikah – diminimalis.com

Mengilmui tentang sesuatu yang hendak dilalui sangatlah penting. Termasuk, tidak boleh hanya berbekal semangat saja saat menjalani biduk rumah tangga karena akan berjalan dalam waktu yang lama.

Seluruh ilmu mengenai kehidupan berumah tangga mulai dari yang sederhana hingga yang rumit haruslah dikuasai. Tujuannya agar terhindar dari potensi karamnya bahtera rumah tangga sebelum waktunya. Hal kecil bisa jadi besar jika tidak disiapkan dengan baik.

Nah, salah satu yang harus dipersiapkan untuk menunjang kehidupan harian rumah tangga adalah keperluan perkakas. Mulai dari alat makan, mandi, hingga kebersihan yang mau tidak mau harus ada agar setiap kebutuhan harian bisa terpenuhi dengan baik.

Jadi, kenapa penting merencanakan list kebutuhan itu? Tentu saja karena agar bisa dibuat prioritas mana yang harus dibeli dulu dan mana yang masih bisa ditunda. Barang-barang yang sifatnya urgent untuk dimiliki sudah pasti harus dibeli lebih dulu. Sementara yang masih bisa dicarikan alternatif atau ditunda bisa belakangan pembeliannya, kecuali memang punya budget besar.

Daftar Perlengkapan Rumah Tangga yang Harus Ada untuk Pengantin Baru

Ketersediaan perlengkapan atau peralatan rumah tangga bagi Anda yang baru menikah merupakan salah satu hal yang amat penting. Sebab ini adalah pendukung keberlangsungan biduk rumah tangga agar bisa berlayar dengan baik.

Perencanaan sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum menikah agar tidak membebani pikiran di tengah sibuknya aktivitas baru di lingkungan baru. Nah, bagi Anda yang belum punya gambaran apa sajakah perlengkapan rumah tangga pengantin baru yang sebaiknya dimiliki, berikut ini list-nya ya.

Perlengkapan tidur

Daftar peralatan rumah tangga pengantin baru yang pertama adalah perlengakapan di kamar tidur. Di ruangan ini pengantin baru biasanya banyak menghabiskan watu untuk berdua sehingga amat penting untuk ada peralatan yang menunjang.

Perlengkapan yang dimaksud secara umum sudah Anda ketahui, mulai dari bantal, kasur, lemari ganti, meja rias dan lampu tidur. Jika belum bisa membeli springbed berkualitas lebih baik urungkan dulu. Anda bisa beli kasur busa biasa yang tak kalah bagus.

Perlengkapan memasak

Semua orang pasti membutuhkan makanan tanpa kecuali pasangan yang baru menikah. Seorang gadis yang baru menikah pastinya ingin memberikan perhatian ataupun menginginkan perhatian dari suaminya hal ini bisa dilakukan dengan memasak makanan.

Jadi memiliki peralatan memasak sebagai perlengkapan rumah tangga pengantin baru amatlah penting. Jika belum bisa komplet dan membeli kitchen set, beli saja dulu barang-barang berdasarkan skala prioritas. Barang-barang dasar seperti kompor, panci dan wajan, rice cooker hingga kulkas dan lemari untuk menyimpan makanan wajib ada di dalam daftar prioritas Anda.

Perlengkapan makan

Saat makan sudah matang tentunya membutuhkan tempat dan alat untuk menghidangkannya. Piring, sendok, garpu dan gelas menjadi perlengkapan yang wajib ada dalam ruangan ini.

Bisa saja jika Anda makan di dapur maupun di ruang yang lain namun jika ada ruang makan tersendiri yang Anda desain menarik tentu akan lebih berkesan. Perlengkapan makan ini bisa Anda beli sesuai budget yang ada.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Pertama, yang Perlu Anda Ketahui

Ruang keluarga

Meskipun rumah yang Anda miliki berukuran kecil usahakan ada space yang difungsikan sebagai ruang keluarga. Apalagi bagi Anda yang baru menikah ruang keluarga bisa digunakan untuk bersantai berdua setelah seharian bergelut dengan kesibukannya masing-masing. Ruang ini sangat cocok sekali jika diberi televisi atau home teather untuk menonton bersama. Rak buku juga pas Anda taruh di ruangan ini sebagai alternatif kegiatan positif lainnya di sela kegiatan.

Perlengkapan rumah tangga
perlengkapan mencuci di rumah – diminimalis.com

Perlengkapan rumah tangga terakhir yang wajib dimiliki pasangan yang baru menikah adalah perlengkapan mencuci dan mandi. Jika Anda dan pasangan belum mampu membeli mesin cuci maka sebagainya Anda sediakan sikat baju dan juga tatakan kayu sebagai alas saat mencuci.

Untuk perlengkapan mandi silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Anda tapi umumnya sabun mandi, shampo, pasta gigi dan sikat gigi harusnya ada.

Dari sekian perlengkapan rumah tangga pengantin baru di atas, mana yang akan jadi prioritas Anda? Memang akan jauh lebih baik jika semuanya dipenuhi, namun jika keadaan memaksa lantaran budget yang harus dibagi-bagi, Anda bisa prioritaskan salah satunya.

Oke mungkin demikianlah saja ulasan singkat mengenai perlengkapan rumah tangga pengantin baru yang harus dimiliki. Semoga dengan terpenuhinya perlengkapan tersebut bahtera rumah tangga Anda akan berlayar dengan nyaman dan aman. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). Editted by RN24042021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.