Untuk Anda yang suka dengan kucing dan ingin memeliharanya di rumah, menyiapkan perlengkapan-perlengkapan yang mungkin diperlukan adalah hal yang penting. Perlengkapan memelihara kucing ini harus disiapkan sejak awal agar tidak membebani Anda saat si kucing sudah ada di rumah Anda.

Kenapa penting menyiapkan perlengkapan-perlengkapan ini? Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu melakukannya seperti supaya rumah Anda tidak kotor dan berantakan dan kucing Anda terawat dengan baik.

Nah, kira-kira apa saja daftar perlengkapan memelihara kucing yang perlu Anda siapkan? Kali ini diminimalis akan mengulasnya untuk Anda yang memilih kucing sebagai jenis hewan peliharaan terfavorit untuk dipelihara.

perlengkapan memelihara kucing, perlengkapan memelihara kucing anggora, perlengkapan memelihara kucing persia, harga perlengkapan kucing
mangkuk makanan merupakan perlengkapan yang harus ada untuk perlengkapan memelihara kucing – diminimalis.com

Daftar Perlengkapan Memelihara Kucing di Rumah yang Harus Disiapkan

Poin-poin di bawah ini mungkin akan to the point yaitu tentang perlengkapan apa saja yang berkaitan dengan memelihara kucing. Apa saja yang perlu disiapkan?

1. Tempat Tidur Khusus

Kucing peliharaan perlu diberi tempat tidur khusus yang nyaman dan hangat agar kucing Anda tidak mudah stress.

Sudah ada banyak produk tempat tidur kucing yang bisa Anda beli di petshop. Atau kalau memang Anda bisa dan punya banyak waktu bisa juga dengan membuatnya sendiri.

Untuk membuat tempat tidur kucing, Anda bisa menggunakan keranjang rotan atau dari kardus. Kemudian lapisi alas dengan handuk atau kain bekas yang tebal agar kucing Anda merasa hangat.

Demi misi perawatan yang sukses, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah selalu menjaga kebersihan tempat tidur kucing Anda. Bersihkan minimal seminggu sekali agar dapat menghindarkannya dari potensi penyakit.

2. Tempat Makan dan Minum

Selain tempat tidur khusus, wadah makan dan minum untuk kucing juga harus khusus, dipilih yang paling mudah dicapainya. Misal berupa mangkuk yang terbuat dari keramik atau kaleng dan diletakkan di area yang mudah dijangkau.

Untuk mangkuk, Anda bisa memilih yang bagian pinggirnya tidak terlalu tinggi supaya kucing Anda nyaman ketika makan atau minum.

Jika Anda memiliki beberapa kucing, sebaiknya Anda memberi makanan pada tempat yang bebeda supaya mereka bisa makan sesuai dengan porsinya. Cucilah tempat minum dan ganti air setiap hari untuk menghindari penyakit yang berpotensi menjangkiti kucing Anda .

3. Kotak Pasir

Kotak pasir adalah salah satu perlengkapan memelihara kucing yang harus ada di rumah Anda. Ajari kucing Anda sejak kecil agar pup di kotak pasir tersebut.

Hal ini tidaklah sulit, karena secara insting alami kucing dapat menggunakan kotak pasir untuk tempat membuang kotorannya.

Kotak beserta pasirnya bisa Anda dibeli di petshop, namun Anda juga bisa membuat kotak pasir sendiri di rumah kalau mau. Caranya adalah dengan menggunakan kotak plastik atau besi berukuran sedang dan tidak terlalu tinggi.

Jika sudah jadi, selanjutnya isi kotak tersebut menggunakan pasir yang bisa Anda beli di petshop. Pilihlah pasir yang mudah menggumpal sehingga tidak terlalu sulit untuk membuangnya. Kotoran kucing sebaiknya dibuang setiap hari dan Anda perlu mengganti pasirnya jika kondisinya sudah basah.

Jika tips memelihara kucing di rumah yang satu ini Anda terapkan maka pasti kucing Anda terawat dengan baik.

perlengkapan memelihara kucing, perlengkapan memelihara kucing anggora, perlengkapan memelihara kucing persia, harga perlengkapan kucing
tempat menggaruk kucing supaya kucing tidak merusak sofa atau kasur – diminimalis.com

4. Tempat Menggarukkan Cakarnya

Sudah naluri kucing melakukan aktivitas menggaruk untuk mengasah kukunya yang tajam. Kadang kucing menggarukkan cakarnya pada sofa, kursi, atau kasur kesayangan Anda. Aibatnya, bisa rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Untuk mengatasi ini, sediakan alat khusus yang dapat digunakan kucing sebagai media menggarukkan cakarnya.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Sediakan sepotong kayu yang agak lunak, lapisi dengan sabut kemudian lilit dengan tali yang terbuat dari sabut juga.

Letakkan tempat menggaruk tersebut di dekat tempat tidurnya. Dengan begitu kucing Anda tidak akan menggaruk di sembarang tempat karena sudah memiliki media khusus untuk menggaruk tadi.

Jadi, memelihara kucing itu mudah-mudah saja asalkan tahu bagaimana cara merawatnya. Di awal mungkin Anda dituntut untuk banyak berinvestasi soal perlengkapan memelihara kucing Anda.

Bisa jadi Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit jika diakumulasi, sehingga sebaiknya pertimbangkan lagi jika mau memlihara kucing di rumah Anda ya.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang beberapa perlengkapan memelihara kucing di rumah yang menurut kami cukup penting. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN13102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *