5 Perbedaan Pergola dengan Kanopi Berdasarkan Fungsinya

Telah diketahui bersama, bahwa perbedaan pergola dengan kanopi sebenarnya ada pada tujuan pemasangannya. Fungsi utama pergola, adalah memberikan bayangan yang teduh di area rumah atau bangunan. Karena struktur atapnya yang mengandalkan tanaman rambat, pergola hanya berfungsi untuk meneduhkan area di bawahnya dari panas matahari, tapi tidak dari hujan.

Sementara, kanopi berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sengatan matahari, maupun saat hujan. Pergola bisa berada di semua bagian rumah yang berupa taman, baik di depan, di samping, ataupun di belakang rumah. Pergola juga bisa ditempatkan di lantai atas, misalnya sebagai perpanjangan teras atau balkon.

Perbedaan Pergola dengan Kanopi yang Perlu Anda Ketahui

Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
pergola di taman yang nampak lapang dan luas – diminimalis.com

Berikut ini diminimalis sajikan beberapa perbedaan pergola dengan kanopi. Mari simak bersama.

1. Memberikan Kesan Alami

Perbedaan pergola dengan kanopi yang pertama adalah memberikan kesan alami, karena material yang digunakan biasanya terbuat dari kayu. Tapi, meskipun ada pergola yang dibuat dari metal atau beton, pergola tetap memberikan kesan alami berkat tanaman rambat yang tumbuh diatasnya. Pergola sesuai untuk area rumah yang berhubungan dengan ruang luar seperti perpanjangan teras rumah, maupun pergola yang berdiri sendiri memayungi area duduk luar.

2. Penggunaan Bahan dan Atap

Atap kanopi dan pergola sebenarnya merupakan perbedaan yang paling mencolok dan mudah dilihat secara visual. Kanopi yang berfungsi melindungi dari segala cuaca memiliki atap berbahan plastik polimer atau polycarbonate. Sementara pergola hanya memiliki atap yang terbuat dari tanaman rambat. Struktur atap kanopi dapat berbentuk melengkung atau miring dengan rangka yang terbuat dari besi, sedangkan pergola berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

3. Pemilihan Material

Perbedaan pergola dengan kanopi, desain gerbang minimalis, desain pintu gerbang minimalis, desain gerbang pagar minimalis, model pintu gerbang minimalis
gerbang yang langsung terintegrasi dengan kanopi yang serasi – diminimalis.com

Dalam pemilihan material, kanopi bisa menggunakan bahan apa saja. Namun, karena kanopi akan banyak terkena sinar matahari dan juga hujan, bahan yang dipilih biasanya tahan terhadap korosi atau pelapukan, seperti stainless steel. Sementara pergola biasanya dibuat dari bahan kayu untuk memberi kesan alami. Namun saat ini bahan logam dan beton banyak juga digunakan untuk rangka pergola.

4. Pemilihan Lokasi

Perbedaan pergola dan kanopi selanjutnya adalah pemilihan lokasi. Kanopi dan pergola dapat ditempatkan di mana saja pada bagian luar rumah. Entah itu di taman atau di bagian atas, seperti balkon. Namun kesan yang ditimbulkan keduanya sangat berbeda. Pergola juga dapat menjadi penambah elemen keindahan bagi rumah. Sementara kanopi cenderung memiliki tampilan simple dan kokoh.

5. Fungsi

Pergola dan kanopi meskipun mempunyai fungsi yang sama yaitu melindungi area di bawahnya. Pada kenyataannya pergola mempunyai fungsi untuk melindungi area di bawahnya dengan atap yang terdapat tanaman rambat sebagai peneduh. Sedangkan, kanopi mempunyai fungsi sebagai media penghalang cuaca, seperti panas dan hujan. Oleh akrena itu, kanpoi mempunyai fungsi yang lebih baik sebagai pelindung daripada pergola.

Perbedaan Pergola dengan Kanopi Berdasarkan Desain dan Model

Anda sudah mengetahui beberapa perbedaan pergola dengan kanopi. Sekarang, diminimalis sajikan perbedaan berdasarkan desain dan model.

Kanopi

Perbedaan pertama yang akan diminimalis sajikan adalah beberapa model dari kanopi. Berikut ulasannya:

1. Kanopi Minimalis Rumah Modern Industrial dari Besi

Kanopi yang terbuat dari besi merupakan material yang sangat lazim digunakan dan mudah ditemui. Besi digunakan karena mempunyai material yang lebih tahan lama. Anda dapat mengkombinasi kanopi ini dengan kayu ataupun kaca. Anda juga bisa memberi kesan warna dengan cat hitam agar lebih terkesan industrial.

2. Kanopi Kayu dengan Kesan Artistik

Jenis kanopi selanjutnya adalah material yang ramah terhadap lingkungan yaitu kanopi yang terbuat dari kayu. Selain bahan ini sangat ramah terhadap lingkungan, rumah Anda juga akan terkesan lebih alami sekaligus sangat cocok untuk desain di area tropis. Kayu yang dapat Anda jadikan sebagai referensi kayu adalah kayu balok, lumbersering, ranting kayu, dan lain-lain.

3. Kanopi dari Tirai Bergelombang

Kanopi yang selanjutnya adalah kanopi yang terbuat dari bahan kain. Fungsi dari kain ini adalah sebagai penutup atap kanopi yang dapat mengurangi terik matahari. Sebelumnya ukur terlebih dahulu kain yang akan digunakan untuk penutup ini.

Sedangkan untuk perawatannya, harus lebih ekstra karena mudah kotor apalagi jika kain ini berwarna putih. Anda dapat memilih baik yang baik seperti jenis kain yang waterproof dan hydrophobic. Kain ini mempunyai kelebihan yaitu kerapatan yang padat, sehingga dapat menahan air dengan lebih mudah.

4. Kanopi Kaca Modern Minimalis

Jenis kanopi yang selanjutnya adalah kanopi yang terbuat dari kaca. Kelebihan dari kanopi ini adalah lebih dapat memberikan perlindungan saat hujan. Sedangkan pada saat terik matahari, kanopi ini dapat dengan mudah menembus ruangan. Untuk kanopi jenis ini, kaca lebih dominan daripada besi. Besi hanya digunakan sebagai kerangkanya saja.

5. Kanopi Baja Ringan

Model kanopi yang terakhir adalah kanopi yang terbuat dari baja ringan. Kanopi jenis ini tergolong kanopi yang paling ekonomis dan mudah untuk dibongkar pasang. Anda dapat memilih diantaranya kanopi galvalum, kanopi spandek, atau kanopi polikarbonat.

Pergola

Perbedaan pergola dengan kanopi memang bervariasi. Selanjutnya adalah perbedaan pergola berdasarkan ragam desain yang dapat memberikan kenyamanan maksimal. Berikut ulasannya.

1. Desain Pergola Minimalis dengan Panel Surya

Desain pergola yang pertama adalah pergola yang menggunakan warna putih sebagai warna yang dominan dan warna favorit dalam desain minimalis. Anda dapat memanfaatkan pergola ini sebagai penghantar energi alternatif yang ramah bagi lingkungan. Atap panel surya akan tambah memperkuat karakteristik rumah masa depan Anda.

2. Pergola Minimalis yang Sangat Modern

Bagi Anda yang tinggal di daerah metropolitan, desain pergola ini sangat cocok menjadi pilihan karena dapat menyatu dengan suasana modern yang ada disekitarnya. Pergola ini menggunakan material yang terbuat dari besi dan kayu dengan desain tegak lurus.

3. Pergola dengan Model Tanaman Merambat sebagai Gerbang Masuk

Selanjutnya adalah pergola yang dapat digunakan untuk gerbang masuk. Model pergola ini dapat dimanfaatkan untuk menyambut orang yang datang masuk ke dalam rumah. Pergola ini dapat dihiasi dengan berbagai tanaman dan bunga merambat yang dapat membuatnya terlihat lebih cantik dan berwarna.

4. Pergola dengan Sentuhan Kultur Asia

Desain pergola sejatinya dapat disesuaikan sesuai dengan selera interior di rumah Anda masing-masing. Anda juga bisa memberikan sentuhan Asia yang sangat kental dengan penggunaan lentera dan menggunakan motif oriental pada bantal tempat duduk.

5. Pergola dengan Gaya Rustic

Model pergola selanjutnya adalah desain pergola minimalis yang dapat dipadukan dengan gaya rustic agar tampilan lebih menawan. Anda dapat menggunakan material kayu mentah yang akan menimbulkan kesan rustic. Anda dapat memastikan material kayu yang digunakan tahan lama dan tidak mudah keropos.

Demikian ulasan kami tentang perbedaan pergola dengan kanopi untuk rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat pergola untuk taman rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL290321.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.