Perbedaan Pergola dengan Kanopi berdasarkan Fungsinya

pergola di taman yang nampak lapang dan luas - diminimalis.com

Perbedaan pergola dengan kanopi sebenarnya ada pada tujuan pemasangannya. Fungsi utama pergola, adalah memberikan bayangan yang teduh di area rumah atau bangunan. Karena struktur atapnya yang mengandalkan tanaman rambat, pergola hanya berfungsi untuk meneduhkan area di bawahnya dari panas matahari, tapi tidak dari hujan.

Sementara, kanopi berfungsi sebagai media penghalang cuaca, baik dari sengatan matahari, maupun saat hujan. Pergola bisa berada di semua bagian rumah yang berupa taman, baik di depan, di samping, ataupun di belakang rumah. Pergola juga bisa ditempatkan di lantai atas, misalnya sebagai perpanjangan teras atau balkon.

Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
pergola di taman yang nampak lapang dan luas – diminimalis.com

Perbedaan pergola dengan kanopi yang perlu Anda ketahui

Pergola memberikan kesan alami, karena material yang digunakan biasanya terbuat dari kayu. Tapi, meskipun ada pergola yang dibuat dari metal atau beton, pergola tetap memberikan kesan alami berkat tanaman rambat yang tumbuh diatasnya. Pergola sesuai untuk area rumah yang berhubungan dengan ruang luar seperti perpanjangan teras rumah, maupun pergola yang berdiri sendiri memayungi area duduk luar.

Atap kanopi dan pergola sebenarnya merupakan perbedaan yang paling mencolok dan mudah dilihat secara visual. Kanopi yang berfungsi melindungi dari segala cuaca memiliki atap berbahan plastik polimer atau polycarbonate. Sementara pergola hanya memiliki atap yang terbuat dari tanaman rambat. Struktur atap kanopi dapat berbentuk melengkung atau miring dengan rangka yang terbuat dari besi, sedangkan pergola berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling.

Perbedaan pergola dengan kanopi, desain gerbang minimalis, desain pintu gerbang minimalis, desain gerbang pagar minimalis, model pintu gerbang minimalis
gerbang yang langsung terintegrasi dengan kanopi yang serasi – diminimalis.com

Dalam pemilihan material, kanopi bisa menggunakan bahan apa saja. Namun, karena kanopi akan banyak terkena sinar matahari dan juga hujan, bahan yang dipilih biasanya tahan terhadap korosi atau pelapukan, seperti stainless steel. Sementara pergola biasanya dibuat dari bahan kayu untuk memberi kesan alami. Namun saat ini bahan logam dan beton banyak juga digunakan untuk rangka pergola.

Kanopi dan pergola dapat ditempatkan di mana saja pada bagian luar rumah. Entah itu di taman atau di bagian atas, seperti balkon. Namun kesan yang ditimbulkan keduanya sangat berbeda. Pergola juga dapat menjadi penambah elemen keindahan bagi rumah. Sementara kanopi cenderung memiliki tampilan simple dan kokoh.

Demikian ulasan kami tentang perbedaan pergola dengan kanopi untuk rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat pergola untuk taman rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat pergola untuk taman rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.