Perbedaan Cat Interior dengan Eksterior dari Sisi Penggunannya

pilih warna terbaik untuk memaksimalkan tampilan rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Perbedaan cat interior dengan eksterior sebenarnya pernah kita bahas pada artikel terdahulu : Perbedaan Cat Interior Dan Eksterior dan Masing-masing Kegunaannya. Namun kali ini, Diminimalis akan mengulas lebih mendalam tentang perbedaan kedua jenis cat ini. Dan disini, kami akan mengulas lebih mendalam, dari sisi pengaplikasian penggunaannya.

perbedaan cat interior dengan eksterior, perbedaan cat interior dan eksterior, cat tembok interior dan eksterior, tips mengecat rumah sebelum lebaran, tips mengecat rumah sebelum ldul fitri, tips mengecat rumah sebelum lebaran 2017
pilih warna terbaik untuk memaksimalkan tampilan rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Pada dasarnya, memilih cat baik cat interior ataupun cat eksterior tidak bisa asal pilih, sebab karakteristik pada keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, sebelum Anda merenovasi rumah dengan merubah warna cat nya, Anda harus mengetahui lebih jauh apa perbedaan cat interior dengan eksterior.

Perbedaan Cat Interior Dengan Eksterior dari Sisi Penggunaannya

Sebagaimana telah kita jelaskan di atas, perbedaan cat interior dengan eksterior sebenarnya ada pada pengaplikasiannya. Secara fungsionalis, cat sendiri kita gunakan untuk melindungi dan memperindah permukaan dinding rumah. Makin kesini, ada begitu banyak merk cat dengan beragam kualitas serta manfaatnya. Namun, setidaknya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis cat yang akan kita bahas, yaitu cat interior dan eksterior.

Cat Interior

Untuk cat interior, pada umumnya cat ini dipalikasikan pada rumah bagian dalam. Jadi, cat yang difungsikan pada interior rumah tidak boleh kamu gunakan juga untuk eksterior rumah. Hal ini disebabkan karena daya tahan cat terhadap cuaca.

Biasanya, cat interior lebih mudah untuk dibersihkan, tahan terhadap rembesan air, tidak mudah keropos dan juga memiliki daya rekat yang cukup tinggi. Cat interior juga bisa kamu gunakan dengan penambahan pengharum ruangan. Cat interior pada umumnya bebas dari kandungan logam berat ataupun bahan-bahan yang beracun. Namun, ini kembali lagi pada merk cat yang kamu gunakan.

Cat Eksterior

Sementara untuk cat eksterior, cat ini lebih sering diaplikasikan pada rumah bagian luar karena cat ini berfungsi untuk melindungi bahan dari cuaca. Sama halnya seperti cat interior, cat eksterior pun tidak bisa diaplikasikan pada interior rumah karena cat eksterior ini bisa dibilang kurang sesuai pada estetika rumah. Cat eksterior cenderung lebih tahan terhadap sinar UV, anti jamur, sulit pudar dan juga tidak mudah menggelembung.

cat dinding rusak karena hujan, solusi cat dinding rusak karena hujan, cat tembok rusak karena hujan
cat eksterior rusak karena salah dalam memilih cat dan penggunannya – diminimalis.com

Cat eksterior sendiri dibutuhkan di luar ruangan karena cat ini akan langsung terkena sinar matahari dan hujan sehingga dapat membuat dinding menjadi lebih mudah retak. Disini kamu bisa melihat perbedaan cat interior dengan eksterior.

Untuk cat eksterior sendiri sebenarnya ada dua jenis. Ada yang berbahan dasar air dan juga ada yang berbahan dasar minyak. Untuk cat eksterior berbahan dasar air biasanya lebih murah jika ditinjau dari segi biaya dan memiliki daya lengket yang kuat di dinding. Sementara cat eksterior berbahan dasar minyak, biasanya akan memberikan kesan mengkilap pada dinding rumah, mudah dicuci dan juga tidak mudah keropos.

Cat eksterior yang berbahan dasar minyak ini bisa digunakan pada eksterior ataupun interior rumah. Kita bisa melakukan berbagai aktifitas di ruang bermain anak tanpa harus khawatir mengotori dinding secara permanen. Itulah beberapa perbedaan cat interior dengan eksterior untuk digunakan pada rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.