Dengan memahami perbedaan cat interior dan eksterior, maka penggunaannya pun bisa sesuai peruntukkan. Perbedaan cat interior dan eksterior sebenarnya tidak terlalu kentara. Namun memang dua jenis cat tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sedikit berbeda sesuai dengan peruntukannya.

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengulas manfaat dan perbedaan cat interior dan eksterior untuk dinding rumah minimalis. Anda nanti juga akan tahu warna apa yang cocok untuk dinding rumah Anda.

warna dinding kontras, perpaduan warna cat tembok dan kusen, warna cat ruang tamu 2 warna
Perbedaan cat interior dan eksterior rumah pada kamar terlihat lembut – diminimalis.com

Perbedaan Cat Interior dan Eksterior untuk Dinding Rumah Minimalis

Sebetulnya, cat interior rumah minimalis tidak bisa digunakan pada bagian eksterior. Cat interior lebih menonjolkan estetika, sedangkan cat eksterior lebih protektif  terhadap cuaca. Lantas, apa saja perbedaan cat interior dan eksterior dan bagaimana pengaplikasiannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cat Interior Rumah Minimalis

Karakter cat interior dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Pada jenis tertentu, ada cat interior yang mudah dibersihkan bila ada noda atau kotoran yang menempel meski ada juga yang tidak. Selain itu, cat interior tidak mudah berjamur bila diaplikasikan di area yang cukup lembap (wet area).

Lapisan cat khusus interior memiliki kemampuan meng-cover terjadinya retak rambut pada dinding, dan bebas dari kandungan logam berat (heavy metal). Cat interior rumah tidak terkena perubahan suhu yang drastis dan kelembaban yang tinggi, sehingga resin yang digunakan untuk mengikat cat bersifat lebih kaku. Inilah perbedaan cat interior dan eksterior dari sisi lapisan dan membuat cat interior tidak rentan terhadap jamur serta lebih mudah dicuci.

Cat Warna yang Cocok untuk Interior Rumah

Warna pada cat interior menjadi komponen yang paling penting dalam memperindah rumah. Apa saja warna yang dapat Anda jadikan cat untuk interior rumah? Simak pembahasannya.

1. Warna Cat Ombre

Teknik ombre adalah teknik dengan menciptakan gradasi warna dari warna muda ke tua, atau dari tua ke muda dengan tujuan agar interior rumah lebih hidup. Anda dapat mencoba ombre biru untuk meningkatkan mood dan ombre hitam untuk kesan elegan.

2. Warna Cat Monokrom

Anda menyukai warna abu-abu? Namun, takut cat interior rumah menjadi gelap semuanya? Anda dapat menggunakan cat dinding monokrom. Gunakanlah tiga tone warna abu-abu dalam satu bidang dinding. Misalnya Anda dapat menggunakan warna abu-abu tua, abu-abu muda, dan putih.

Gunakan dengan pola geometris seperti lingkaran, segitiga, atau garis-garis. Warna monokrom ini tidak hanya digunakan untuk warna abu-abu dan putih saja. Anda bisa memadukan warna seperti ungu tua, ungu muda, putih, dan lainnya.

3. Warna Cat Biru Muda

Pemilihan warna biru muda pada interior rumah Anda dapat menimbulkan kesan yang sejuk dan menenangkan. Anda dapat menggunakan variasi warna selain biru muda seperti warna powder blue, biru keabu-abuan, biru es atau biru arang.

Anda dapat memilih warna biru yang santai dan cerah dengan tujuan agar rumah Anda tidak terlihat gelap dan sempit. Pilih juga cat warna yang ringan agar warna tidak terlalu mencolok.

4. Warna Cat Hazelnut

Warna cat hazelnut adalah warna seperti creamy dengan kesan yang hangat dan selalu terlihat modern ketika diterapkan untuk ruang tamu Anda. Penerapan cat warna ini akan menimbulkan kesan terang dan lapang.

Anda dapat mengkombinasikan cat warna ini dengan perabotan rumah dengan warna cokelat tua atau yang mempunyai model klasik. Tambahan beberapa tanaman di pojok ruangan juga dapat menambah kesan asri dan segar.

5. Warna Cat Beige

Beige merupakan perpaduan warna cokelat kekuningan yang memiliki unsur keabu-abuan. Selain itu, warna ini mencakup beberapa jenis warna meliputi natural, creamy, dan medium. Cat ini mempunyai warna seperti warna pada foundation atau makeup.

Warna ini tampak kalem dan elegan apabila diaplikasikan di dalam rumah. Apabila Anda ingin mengaplikasikan warna ini sebaiknya menggunakan warna perabotan dengan warna yang juga kalem seperti abu-abu, putih, atau cokelat muda.

Bagaimana dengan Cat Khusus Eksterior?

Cat eksterior selain memberikan aspek keindahan juga berfungsi melindungi dinding dari pengaruh cuaca. Dinding eksterior adalah bagian yang paling sering terkena perubahan cuaca seperti terpaan angin, sinar matahari, guyuran hujan, serta perubahan suhu yang ekstrim. Hal ini dapat membuat dinding eksterior menjadi rusak dan menyebabkan air hujan bisa merembes ke dalam dinding. Hal inilah yang membuat dinding eksterior perlu dicat menggunakan cat khusus agar tidak mudah rusak.

Perbedaan cat interior dan eksterior, cat dinding rusak karena hujan, solusi cat dinding rusak karena hujan, cat tembok rusak karena hujan
Perbedaan cat interior dan eksterior_dinding rusak yang tidak dilindungi cat khusus eksterior – diminimalis.com

Sebagai pelindung dinding, cat eksterior bersifat fleksibel terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang tinggi. Karena cat eksterior dibuat menggunakan resin yang lebih lembut. Selain itu cat eksterior tahan lama dan tidak cepat mengelupas.

Bila kita simpulkan, cat interior jelas tidak bisa digunakan untuk eksterior, namun cat eksterior ada yang bisa digunakan untuk interior. Cat interior bebas dari kandungan logam berat seperti lead (Pb), cadmium (Cd), chromium (Cr) dan merkuri (Hg). Sedangkan cat eksterior, memiliki kandungan logam berat supaya dapat melindungi dinding dari cuaca ekstrim.

Baca juga: Jenis Kerusakan Cat Dinding dan Solusinya (Bagian #1 dari 3)

Cat Warna yang Cocok untuk Eksterior Rumah

Cat warna eksterior tak kalah penting dengan cat interior rumah. Ini karena warna pada eksterior rumah akan mempengaruhi keindahan rumah dari luar. Apa saja warna yang cocok untuk eksterior rumah Anda? Berikut ulasannya.

1. Cat Warna Putih Krim

Anda yang sangat menyukai kebersihan dan nuansa yang sederhana. Warna putih atau putih krim sangat cocok untuk diaplikasikan pada cat eksterior rumah Anda. Namun yang perlu menjadi perhatian, warna ini cukup sulit dalam perawatannya karena apabila kotor akan mudah terlihat.

Anda harus rajin untuk membersihkan debu atau kotoran lainnya yang menempel di dinding rumah. Anda bisa gunakan sapu panjang atau kuas. Selain itu, warna putih sangat cocok untuk dipadukan dengan warna gelap seperti hitam, biru, atau cokelat.

2. Cat Warna Cokelat

Anda yang menyukai warna alami dan natural, warna cokelat sangat cocok untuk rumah Anda. Anda dapat memilih warna cokelat yang tidak terlalu mencolok dan tidak menjenuhkan. Warna ini juga sangat direkomendasikan untuk gaya rumah modern atau tradisional.

3. Cat Warna Abu-Abu

Warna abu-abu merupakan warna yang cocok untuk desain rumah minimalis atau modern. Warna ini menjadi warna netral karena sangat cocok untuk dipadukan oleh warna apapun. Misalnya warna abu-abu dipadukan dengan warna putih maka akan menghadirkan nuansa kontemporer.

4. Cat Warna Peach

Warna peach adalah warna pastel yang sangat populer pada tahun 1980 an. Warna ini memang cukup klasik apabila diterapkan di rumah minimalis Anda. Namun tidak ada salahnya untuk menghidupkan kembali warna ini. Anda bisa mengkombinasikan warna ini dengan warna abu-abu, putih, atau hijau.

5. Cat Warna Gading

Cat eksterior rumah dengan warna gading dapat membangkitkan rumah Anda terasa lebih elegan dan resmi. Warna gading ini dapat Anda gunakan dengan aksen warna biru cerah pada pintu. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan warna-warna yang mencolok untuk latarbelakang warna rumah ini.

Demikian ulasan mengenai perbedaan cat interior dan ekterior yang bisa Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih warna apa saja yang cocok untuk rumah Anda. Semoga bermanfaat. (Is) editted by AL231220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *