oleh

Peralatan Wajib untuk Membuat Kue Kering Sajian Hari Raya

Saat bulan puasa tiba, banyak ibu-ibu yang disibukkan membuat kue kering untuk disajikan pada saat Lebaran seperti kue putri salju, kue nastar, kue keju dan beberapa jenis kue kering lainnya. Memang di saat seperti inilah usaha kue Lebaran akan meningkat dengan drastis. Opsi lain, Anda bisa membeli kue kering ini dimana saja, mulai dari usaha rumahan, pasar, toko kue, hingga supermarket. Jika Anda ingin membuat kue kering sendiri di rumah, tentunya Anda perlu memahami peralatan wajib untuk membuat kue kering. Ada beberapa alat yang wajib hadir pada saat Anda ingin membuat kue kering, karena jika Anda melihat resep kue kering Anda butuh alat dan bahan yang lengkap. Lantas apa saja alat untuk membuat kue dan fungsinya?

 Peralatan Wajib untuk Membuat Kue Kering, alat membuat kue dan fungsinya, peralatan membuat kue untuk pemula, peralatan membuat kue kering, daftar harga peralatan kue, alat untuk membuat kue nastar, peralatan usaha kue, cetakan kue kering, alat dan bahan untuk membuat kue bolu
Ada berbagai peralatan wajib yang sebaiknya Anda miliki, bila ingin membuat kue kering – Diminimalis.com

10 Peralatan Wajib untuk Membuat Kue Kering

Jika Anda masih seorang pemula, maka sebaiknya Anda siapkan peralatan berikut untuk membuat kue kering agar prosesnya semakin cepat.

1. Oven
Oven adalah peralatan wajib untuk membuat kue kering pertama yang harus Anda punya. Memang tidak semua resep kue kering akan membutuhkan oven, namun oven akan sangat membantu Anda pada saat ingin membuat kue berbagai varian. Untuk ovennya sendiri memang tidak perlu oven listrik, karena Anda bisa menggunakan oven kompor yang jauh lebih murah.

2. Sendok, timbangan, dan gelas ukur
Pada saat Anda mengikuti panduan resep, sebaiknya benar-benar ikuti hingga ke takarannya agar menghasilkan kompisisi kue yang pas. Membuat kue pada penting untuk menakar semua bahan secara presisi. Oleh karena itu, sendok, timbangan, dan gelas ukur juga diperluka pada saat ingin membuat kue kering. Dengan ketiga alat tersebut, anak bisa diperbantukan untuk menakar dengan tepat sehingga resep yang Anda ikuti pun akan berhasil.

3. Mixer

 Peralatan Wajib untuk Membuat Kue Kering, alat membuat kue dan fungsinya, peralatan membuat kue untuk pemula, peralatan membuat kue kering, daftar harga peralatan kue, alat untuk membuat kue nastar, peralatan usaha kue, cetakan kue kering, alat dan bahan untuk membuat kue bolu
Mixer merupakan alat yang pasti dibutuhkan untuk mengaduk adonan – Diminimalis.com

Mixer juga merupakan salah satu peralatan wajib untuk membuat kue kering. Anda tidak perlu membeli mixer yang mahal, seperti stand mixer karena harganya bisa mencapai jutaan. Hanya dengan handleheld mixer, maka Anda juga bisa membuat kue. Apalagi jenis mixer tersebut harganya jauh lebih murah.

Sudah banyak sekali toko yang menjual handleheld mixer. Bahkan ada juga yang menjual mangkuknya. Dengan menggunakan mixer, maka mencampur adonan pun akan menjadi lebih mudah karena dalam prosesnya Anda tidak perlu menggunakan kekuatan tangan, untuk mengaduk adonan sampai kalis.

4. Loyang kue
Peralatan selanjutnya adalah Loyang kue. Ada banyak jenis Loyang kue dan Anda tidak perlu membeli kesemua jenisnya. Bagi pemula, sebaiknya Anda beli saja Loyang kue kotak, Loyang cupcake, dan juga Loyang kue bolu karena biasanya ketiga jenis Loyang tersebut yang paling sering digunakan.

Pada saat ingin membeli loyang, pastikan juga Anda mendapatkan ukuran yang pas dengan oven yang Anda punya. Ada cukup banyak kasus dimana Loyang yang orang-orang beli terlalu besar untuk ukuran oven mereka sehingga ujung-ujungnya tidak terpakai. Pilih Loyang yang ukurannya lebih kecil daripada oven di rumah.

 Peralatan Wajib untuk Membuat Kue Kering, alat membuat kue dan fungsinya, peralatan membuat kue untuk pemula, peralatan membuat kue kering, daftar harga peralatan kue, alat untuk membuat kue nastar, peralatan usaha kue, cetakan kue kering, alat dan bahan untuk membuat kue bolu
Pastikan semua bahan-bahan kue kering Anda ditakar dengan komposisi yang tepat – Diminimalis.com

5. Ayakan
Peralatan wajib untuk membuat kue kering yang kelima adalah ayakan. Alat yang satu ini dibutuhkan agar tekstur kue menjadi sempurna. Pada saat membuat kue, maka Anda pasti akan menggunakan bahan bubuk seperti tepung. Nah, bahan tersebut harus terbebas dari gumpalan maupun benda asing. Jadi, fungsi ayakan adalah untuk mengayak atau menyaring bahan bubuk agar menjadi lebih halus.

6. Spatula
Spatula juga berfungsi untuk membuat adonan menjadi baik sehingga tekstur kue pun sempurna. Spatula digunakan agar adonan tercampur hingga rata. Jenis spatula dibagi berdasarkan bahannya. Ada spatula yang terbuat dari plastik, kayu, hingga silicon. Pilih spatula dengan bahan yang elastis namun kuat, sehingga bisa lentur dan bisa mengikuti bentuk wadah. Spatula yang kuat juga tidak akan mudah patah.

7. Plastik segitiga
Apa fungsi dari plastik segitiga? Plastik ini mempunyai fungsi untuk bisa mengaplikasikan butter cream yang biasa digunakan untuk menghias kue. Degan menggunakan peralatan yang satu ini, maka hasil hiasan kue akan lebih rapi dan cantik. Plastik segitiga juga berfungsi untuk mencetak kue seperti kue sus atau lidah kucing.

8. Kertas Roti
Kertas roti juga merupakan peralatan wajib untuk membuat kue kering yang harus ada di dapur rumah minimalis Anda. Dengan menggunakan kertas roti, maka kue tidak akan menempel pada Loyang. Kertas roti juga akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan rotinya. Karena itulah kertas roti wajib digunakan sebagai alas Loyang.

9. Rak pendingin
Bentuk dari rak pendingin ini tidak sama seperti lemari pada umumnya. Rak pendingin untuk kue biasanya bentuknya berupa persegi atau lingkaran yang mempunyai besi berbentuk kotak-kotak atau garis-garis. Ukuran rak pendingin juga berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Sesuai dengan namanya, fungsi dari rak pendingin adalah untuk meletakan kue yang masih panas agar menjadi lebih cepat dingin.

10. Whisk
Fungsi alat yang satu ini kurang lebih sama seperti mixer. Namun whisk digunakan dengan menggunakan tangan, bukan mesin. Whisk juga diguakan untuk mengolah adonan seperti putih telur, kocokan, dan saos. Saat membeli whisk, pilihlah yang mempunyai banyak kawat sehingga adonan pun jauh lebih berkualitas.

Itulah 10 peralatan wajib untuk membuat kue kering. Dengan menggunakan kesepuluh alat tersebut, maka Anda bisa membuat kue kerig yang sempurna untuk Lebaran. Selain 10 peralatan di atas, kue kering Anda akan lebih mudah bila dimatangkan di atas kompor induksi terbaik untuk dapur Anda. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.