Ide Membuat Penyekat Ruangan yang Cocok untuk Rumah Minimalis Anda

Rumah minimalis identik dengan space interior yang serba terbatas. Masing-masing blok ruangan sudah ada peruntukannya masing-masing sejak awal dibangun. Oleh karenanya, perlu adanya tambahan seperti penyekat ruangan untuk memaksimalkan ruangan yang luasnya lebih dari cukup.

Dalam membuat penyekat atau partisi ruangan sebaiknya juga dilakukan dengan penuh pertimbangan. Misalnya, apakah perlu dengan bahan kayu dan sejenisnya atau cukup dengan memasang tirai. Tentu hal ini juga disesuaikan dengan tingkat privasi antar ruangan yang akan dipisah.

Seberapa Pentingkah Penyekat Ruangan pada Rumah Minimalis?

Sebagaimana sebuah rumah minimalis yang identik dengan ruangan yang tidak terlalu luas, maka perlu untuk meminimalisir terlalu banyak dinding ruangan. Sebab, dinding sendiri memiliki ketebalan yang lumayan besar. Apalagi bisa saja akan mengganggu gerak aktivitas dalam ruangan.

Untuk itu, para pemilik rumah minimalis saat ini semakin dituntut cerdas dalam menyikapi masalah ini. Salah satu cara untuk memaksimalkan efisiensi ruang adalah dengan memberikan partisi portable dari kayu atau sejenisnya. Dengan adanya partisi portable ini, maka Anda tak perlu lagi menggunakan dinding untuk pemisah antar ruangan. Partisi portable justru bisa dipindah-pindah.

penyekat ruangan, penyekat ruangan unik, penyekat ruangan dari kayu, penyekat ruangan dari rotan , model partisi rumah, model partisi rumah mungil, model partisi dalam rumah, model partisi rumah pemisah ruangan

partisi dengan susunan kayu hosrizontal yang bisa digunakan untuk memisahkan ruang makan – diminimalis.compartisi

Memaksimalkan Ide Penyekat Ruangan di Rumah Minimalis

Bila pemisah ruangan semuanya menggunakan dinding, maka jika ada kerusakan sedikit, Anda harus mengganti secara keseluruhan dan membongkarnya. Anda perlu menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk mengerjakannya kembali bukan?

 

Berbeda hal nya dengan dinding yang bersifat permanen, partisi buatan bersifat portable dan bisa dipindah atau dilepaskan. Sehingga, jika sewaktu-waktu ruangan akan dipakai untuk acara besar bisa dilepas dan tentu saja menjadi lebih luas.

Nah, untuk Anda yang belum terlalu tahu tentang ide menerapkan elemen yang bisa jadi penyekat ruangan, di bawah ini kami akan mengulasnya. Harapannya, bisa menjadi alternatif penyekat ruangan yang efisien untuk rumah minimalis Anda:

Tirai/gorden

Tirai merupakan salah satu elemen penyekat ruangan yang paling sering digunakan. Selain mudah dalam pengaplikasiannya, kain untuk tirai juga beragam. Dari mulai bahan, warna sampai dengan motifnya bermacam-macam bahkan tirai sangat mudah ditemukan di pasaran.

Untuk mendapatkan tirai penyekat terbaik, sesuaikan dengan tema interior ruangan dan pasanglah sesuai dengan kebutuhan Anda.

model partisi rumah, model partisi rumah mungil, model partisi dalam rumah, model partisi rumah pemisah ruangan

partisi berbahan kayu dengan desian yang artistik – diminimalis.com

Kayu 

Kayu merupakan material yang paling banyak dipilih oleh desainer interior untuk mempercantik ruangan. Jadi, Anda pun bisa memanfaatkan media kayu sebagai penyekat ruangan rumah minimalis Anda.

Misalnya, untuk memisahkan ruang makan dengan dapur, bisa memanfaatkan potongan-potongan kayu yang disusun vertikal hingga ke plafon. Celah dari tiap potongan kayu dapat memberi kesempatan cahaya tetap masuk ke dapur dan membuat dapur tidak pengap. Tertarik untuk mencobanya?

Dinding dengan tiang

Menggunakan dinding sebagai penyekat ruangan pada rumah minimalis hanya akan memberikan kesan sesak dan membatasi ruang gerak. Maka dari itu cukup dengan mendesain setengah dinding lalu tambahkan tiang. Bisa juga dengan menempatkan tiang di kedua sisi dan isi bagan tengah dengan storage. Bagian sisi yang lain juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang.

Sliding Door

Selain dengan kayu atau dinding, dengan model pintu geser juga bisa jadi alternatif. Anda bisa membuatnya dari berbagai bahan yang mudah didapat dan murah. Material seperti triplek atau sejenisnya bisa dimanfaatkan untuk membuat pintu seperti ini. Jika Anda kekurangan referensi model desainnya akan seperti apa, Anda bisa mengambil contoh pintu rumah Jepang.

Lemari Buku

Siapa sangka lemari yang biasanya kita letakkan buku-buku di atasnya bisa dijadikan penyekat ruangan. Partisi ruang dari lemari buku bisa dilakukan hanya dengan menggesernya membelakangi atau menghadap salah satu ruang. Bila ide ini diterapkan bisa jadi ruangan Anda aka terlihat bagus.

Lemari Pakaian

Hampir sama dengan lemari buku, media simpan untuk pakaian juga bisa dimanfaatkan sebagai penyekat ruangan. Lemari tersebut mungkin bisa diletakkan menghadap kamar tidur, sementara membelakangi ruangan di sampingnya.

Rak Tanaman Hias

Ide lain yang bisa diterapkan adalah rak tanaman hias untuk partisi ruangan. Mungkin Anda jarang melihat pemanfaatan yang satu ini. Namun, jika Anda pernah ke salah satu rumah teman Anda yang mengusung konsep unik dan multifungsi, munkin melihat ini. Jadi, jika ada pot tanaman di rumah yang digantung di rak bisa dijadikan sebagai penyekat ruangan lho!

Dari sekian ide membuat penyekat ruangan minimalis, semua ada plus minus tentunya. Misalnya untuk lemari pakaian atau lemari buku yang akan dijadikan sebagai pemartisi maka tidak bisa sendirian Anda membuatnya. Selain itu, perencanaan awal juga mesti disusun secara matang agar nantinya tidak merepotkan. Jadi, lakukan semuanya dengan senang ya agar semuanya jadi lebih mudah.

Demikian ulasan kami tentang beberapa alternatif penyekat ruangan untuk rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ragam model partisi rumah yang penuh manfaat untuk interior. Jadi, semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN08042020

 


Comment