Sebagian orang/pemilik rumah biasanya tidak tahu tentang penyebab retak rambut yang muncul pada dinding rumah. Bagi orang awam memang tidak semudah itu mendiagnosis sebuah retakan pada permukaan dinding disebabkan oleh apa.

Namun jika bicara soal kejadian lumrah yang memang tdiak sedikit yang mengalami, sebenarnya mudah saja diamati.

Adapun jika langsung didiagnosis, penyebab retak rambut pada dinding rumah minimalis biasanya dikarenakan oleh 2 faktor.

Yaitu faktor struktural (disebabkan karena pergerakan pondasi yang labil) dan non-struktural (disebabkan karena pengerjaan dinding yang tidak sempurna).

Retak rambut sendiri adalah kondisi permukaan dinding yang mengalami keretakan kecil sekitar 1 mm dan memanjang tak beraturan. Meskipun kecil, biasanya retak rambut pada dinding rumah bentuknya garis mengular dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

penyebab retak rambut, penyebab retak rambut pada dinding, penyebab retak rambut pada beton, penyebab retak rambut pada plesteran, cara mengatasi retak rambut pada tembok
Mengenali berbagai penyebab retak rambut pada dinding – diminimalis.com

Jadi, ketika Anda mendapati dinding rumah retak rambut, maka sebaiknya perlu dipastikan terlebih dahulu faktor sebabnya. Apakah retak tersebut karena faktor sturktural ataukah non-struktural.

Jika Anda mau dan punya alatnya, cara mendeteksinya cukup mudah yaitu dengan membobok bagian yang retak.

Jika bagian yang retak hanya sampai plester, dipastikan hal itu hanyalah retak non-struktural. Namun bila keretakan sampai pada material utama penyusun dinding [bata], maka keretakan tersebut termasuk dalam jenis retak strukural.

Kedua faktor tersebut tentu saja memerlukan tindakan lebih lanjut oleh ahlinya. Jadi jika Anda bukan tukang, maka Anda cukup tahu saja sebab-sebabnya dan untuk solusinya bisa Anda panggilkan tukang untuk mengerjakannya.

Lebih Jauh tentang Penyebab Retak Rambut yang Sering Dijumpai

Jika tadi sudah kita bahas sedikit tentang sebab secara general, yaitu penyebab retak struktural dan non struktural, kini kita akan perinci lagi.

Ada beberapa hal yang menimbulkan munculnya retakan pada dinding rumah minimalis. Silahkan perhatikan agar setidaknya Anda ada sedikit pengetahuan sebelum nanttinya memanggil tukang untuk renovasi, diantaranya adalah:

  1. Pasir yang digunakan dalam pembuatan plester memiliki kadar organik tinggi/bercampur dengan lumpur.
  2. Kondisi dinding yang belum kering atau terlalu kering saat dilapisi plester.
  3. Proses pemlesteran dilakukan saat cuaca terlalu panas.
  4. Pada saat proses pengerjaan plester, komposisi adukan semen, pasir, dan air tidak dalam takaran perbandingan yang pas. Atau pengadukannya kurang sempurna. Akibatnya, pada saat plesteran mengering, terjadi penyusutan yang menimbulkan keretakan.
  5. Proses pengerjaan acian dilakukan pada saat plesteran belum mengering sempurna. Pada saat plesteran mengering, dimana terjadi penguapan, uap air tidak dapat keluar dan terjebak di bawah acian sehingga menimbulkan tekanan pada acian. Akibatnya, acian akan mengalami keretakan sedikit demi sedikit karena tidak mampu menahan tekanan uap air dari dalam.
  6. Pengerjaan acian sudah dilakukan pada waktu yang tepat dimana plesteran sudah mengering sempurna, namun tidak dilakukan pembasahan pada plesteran setelahnya. Semestinya, plesteran perlu dibasahi guna membuat acian dengan plesteran merekat sempurna sehingga tidak berpotensi mengakibatkan retak rambut pada dinding.
  7. Cat yang digunakan tidak memiliki elastisitas yang baik. Kita tahu bahwa cat dengan elastisitas yang baik mampu membantu menutup timbulnya retakan rambut.

Bisa juga retak rambut terjadi diakibatkan oleh faktor alam seperti gempa bumi ringan atau benturan sedang. Dalam kasus seperti ini, maka retak rambut tersebut masuk dalam jenis keretakan struktural

penyebab retak rambut, penyebab retak rambut pada dinding, penyebab retak rambut pada beton, penyebab retak rambut pada plesteran, cara mengatasi retak rambut pada tembok
Penyebab retak rambut pada dinding_jangan terburu-buru dalam menyelesaikan finishing pada dinding – diminimalis.com

Dari beberapa uraian penyebab retak rambut pada dinding di atas, dapat disimpulkan bahwa umumnya retak rambut disebabkan oleh faktor pengerjaan konstruksi.

Bisa diprediksi bahwa pengerjaan pembangunan rumah dilakukan dengan terburu-buru atau ditangani oleh tukang yang kurang profesional.

Karena kesalahan itulah, seluruh proses tahap demi tahap pembangunan rumah Anda tidak dilalui dengan sempurna. Salah satu dampaknya ialah timbulnya retak rambut pad dinding di masa mendatang.

Sebagai sebuah solusi masalah retak rambut ini dari diminimalis, penting sekali untuk Anda memperhatikan pemilihan kontraktor yang menangani pembangunan rumah Anda. Cari yang track recordnya dipercaya banyak customer.

Bila perlu, lakukan pendampingan saat bangunan rumah Anda dikerjakan tiap tahapannya, agar Anda bisa mengontrol setiap potensi kesalahan. Sebab, satu-satunya cara mengatasi dinding rusak dalam hal ini retak kuncinya adalah pada pengerjaan di awal. Silakan buktikan saja!

Mungkin demikian ulasan dari kami tentang berbagai penyebab retak rambut pada dinding rumah minimalis yang sering dijumpai. Meski artikel ini cukup singkat namun semoga bermanfaat. (ls) editted by  RN24082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *