Penyebab Cat Interior Luntur dan Cara Mengatasinya

cat interioryang luntur - diminimalis.com

Ada beberapa penyebab cat interior luntur yang membuat ruangan menjadi tidak sedap dipandang. Cat pada interior ruangan memberikan kesan epik sehingga membuat penghuni maupun tamu yang berkunjung betah berada di dalamnya. Cat interior luntur dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan informasi penyebab cat interior luntur serta cara mengatasinya.

Penyebab Cat Interior Luntur, Penyebab Cat dinding Luntur, jenis kerusakan cat
cat interioryang luntur – diminimalis.com

Penyebab Cat Interior Luntur Dan Cara Mengatasinya

Di bawah ini ada beberapa hal penyebab lunturnya cat interior, diantra sebabnya yaitu:

1. Kualitas cat yang rendah

Penyebab cat interior luntur yang pertama adalah penggunaan cat dengan kualitas rendah. Memilih cat juga perlu pertimbahan dari mutu bahan yang dipakai. Meskipun harganya lebih murah, namun bila akhirnya cat tersebut luntur, Anda harus melakukan pengecetan ulang. Untuk itu sebelum mengecat pastikan kualitas cat dengan baik.

Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Bocor `
rembesan air hujan

2. Rembesan hujan

Air hujan yang masuk ke celah-celah atap dapat merembes ke permukaan cat tembok. Bila dibiarkan tentu warna cat akan memudar. Oleh karena itu bila Anda menginginkan kualitas cat tembok terjaga, ada baiknya untuk memasang plafon agar air hujan dapat tertampung. Jika sudah terlanjur maka yang bisa dilakukan adalah mencari sumber rembesan terlebih dahulu. Kemudian, tutup dengan semen instan dan berikan waterproofing.

3. Proses pengecetan yang kurang tepat

Proses pengecetan yang tidak baik juga dapat menyebabkan cat interior menjadi luntur. Hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecetan ulang. Gunakan cat yang dikhususkan dalam penggunaan interior karena memiliki formula yang berbeda dengan cat eksterior.

4. Persiapan permukaan tidak benar

Hal ini bisa terjadi saat dinding tidak diaci dengan baik. Mengecat juga membutuhkan persiapan yang matang agar warnanya tahan lama dan tidak mengelupas. Sama seperti sebelumnya, pengecatan ulang disarankan menggunakan cat khusus interior. Kali ini permukaan dinding harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran sampai bersih.

Penyebab cat interior luntur dapat segera diatasi dengan penanganan yang tepat. Selalu gunakan cat berkualitas tinggi dan hindari penggunaan cat yang tidak pada tempatnya. Cat eksterior memang dapat digunakan pada interior, namun cat interior sendiri dibuat dari bahan yang lebih baik dari segi estetika daripada cat eksterior.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang penyebab lunturnya cat interior pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis kerusakan cat dinding dan solusinya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Jenis kerusakan cat dinding dan solusinya 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.