Berbagai Kemungkinan Penyebab Cat Interior Luntur dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah umum yang sering pada dinding interior rumah adalah catnya yang mengalami kelunturan. Ya, cat interior bisa saja luntur dengan mudah lantaran banyak sebab. Bisa jadi, karena kualitas cat yang diaplikasikan jelek, atau cara mengecatnya yang salah. Untuk mengetahui secara pasti penyebab cat interior luntur harus diketahui dulu mulai dari pemilihan cat hingga cara pengaplikasiannya.

Dengan kata lain, jika cat interiornya berkualitas dan pengaplikasiannya benar maka kemungkinan lunturnya akan kecil. Sementara, jika produk bagus dan pengaplikasiannya salah atau sebaliknya maka bisa saja akan sering luntur jika tidak ditangani. Untuk itulah keduanya harus sama-sama seimbang dan tepat.

Tips Membeli Cat Dinding untuk Interior dengan Tepat

Jika ingin mendapatkan cat ruangan tidak hanya sebatas pewarna ruangan, Anda mesti mempertimbangkan hal lain yang juga penting dari sekedar warna. Hal ini dalam rangka mengurangi potensi penyebab cat interior luntur yang mungkin sering Anda alami. Nah, untuk itu 4 tips memilih cat berikut ini jadi penting sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasi cat dinding luntur.

Pilih cat yang aman dan sehat

Indikator cat rumah minimalis yang aman dan sehat ialah yang tidak banyak mengandung zat-zat berbahaya. Zat yang umumnya terkandung pada produk cat dan bisa berpengaruh buruk pada kesehatan adalah merkuri. Bahaya zat ini sendiri menurut WHO bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan pernapasan, saraf, hingga serangan jantung.

Untuk mengetahui cat aman atau, cara termudah adalah denga memperhatikan bagian kemasan. Perhatikan kadar Volatile Organic Compound (VOC) / kandungan senyawa organiknya. Senyawa ini berupa gas yang dalam cat siap pakai bentuknya berubah menjadi cair. Cara termudah mendeteksi cat ber VOC tinggi adalah setelah selesai mengecat akan timbul bau yang menyengat. Jadi, amati dan hindari cat berkadar VOC tinggi untuk dinding interior rumah Anda ya.

Pilih cat yang tahan lama dan kuat

Jenis-jenis cat tembok di pasaran sudah sangat bervariasi. Oleh karenanya, Anda mesti teliti betul saat memilih keperluan pembeliannya. Jika dalam hal ini keperluan membeli cat untuk diaplikasikan pada bagian dalam rumah, maka beli cat yang khusus untuk interior.

Jika sudah memilih yang khusus, selanjutnya jatuhkan pilihan pada cat yang kuat dan tahan lama. Tentu ada cat yang berkualitas dan ada pula yang standar. Intinya, jika ingin hasil terbaik, pilihlah yang terbaik.

Pilih cat tembok anti air

Untuk menghindari penyebab cat interior luntur akibat kena air hujan maka memilih jenis cat waterproof sangat tepat. Saat ini sudah banyak beredar cat tembok tipe waterproof yang bisa dibeli. Meski harganya sedikit lebih mahal dari cat biasa, namun keunggulannya ialah tahan cuaca ekstrim dan untuk jangka panjang mampu mengurangi risiko berlumut.

Sesuaikan cat dengan material dinding

Terakhir, sesuaikan cat yang dipilih dengan material permukaan dinding rumah Anda. Kita tahu bahwa dinding rumah tidak selalu berupa tembok dengan permukaan acian. Bisa juga dari batu atau kayu. Kami tidak tahu apa material tembok rumah Anda.

Maka, untuk Anda yang akan mengaplikasikan cat untuk permukaan tembok, bisa pilih jenis cat yang memiliki hasil tebal dan mampu menutupi semen dengan baik. Sedangkan untuk rumah Anda jika berdinding kayu atau batu bisa pilih cat yang menghasilkan olesan tipis-tipis serta terlihat warna alaminya.

Penyebab Cat Interior Luntur, Penyebab Cat dinding Luntur, jenis kerusakan cat

cat interioryang luntur – diminimalis.com

Penyebab Cat Interior Luntur dan Cara Mengatasinya

Secara umum, ada beberapa penyebab cat interior luntur. Kelunturan adalah satu dari sekian macam kerusakan cat dinding. Lunturnya cat dinding sebagai salah satu masalah kerusakan interior rumah dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang disadari atau tidak, itu sering terjadi. Nah, beberapa penyebab lunturnya cat interior berikut ini mungkin bisa membantu Anda menganalisanya.

1. Kualitas cat yang kurang bagus

Adapun penyebab cat interior luntur yang pertama biasanya adalah lantaran penggunaan produk cat yang bisa jadi berkualitas rendah atau kurang bagus. Membeli apapun akan sangat direkomendasikan yang bagus sekalian agar tidak menimbukan masalah di kemudian hari. Termasuk juga cat interior rumah, meski tidak terkena efek buruk dari luar karena aplikasinya di dalam rumah namun tetap mesti diperhatikan kualitasnya.

Memilih cat perlu mempertimbangkan mutu bahan yang dipakai. Meskipun harganya lebih murah, namun bila akhirnya cat tersebut luntur, Anda harus melakukan pengecetan ulang bukan?

Untuk mendapatkan hasil pengecatan interior yang berkualitas, Anda bisa membeli produk cat yang sudah banyak dipakai orang. Merk cat tembok seperti avian, dulux, dan lainnya sebaiknya Anda pilih karena sudah teruji di pasaran.

Meski kualitas pengecatan tetap tergantung pada pengaplikasiannya namun secara kualitas cat sangat ikut berpengaruh. Untuk itu, sebelum ada rencana pengecatan, pastikan untuk membeli cat yang terbaik agar nanti tidak merepotkan Anda.

Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Lantai 2 Bocor, cara mengatasi Kamar Mandi Bocor `

rembesan air hujan 

 

2. Luntur karena rembesan hujan

Musim hujan sering menjadi petaka bagi sebuah hunian jika elemen rumah di dalamnya ada yang tidak beres. Tidak hanya dari atap langsung, air hujan juga bisa masuk melalui celah-celah atap lalu merembes ke permukaan tembok. Bila dibiarkan cat dinding rusak karena hujan maka lama-kelamaan warnanya akan memudar.

Untuk mengatasi penyebab seperti ini, sebaiknya ada satu elemen lagi yang dipasang di bawah atap. Ya, mestinya ada plafon. Pemasangan plafon bisa jadi solusi kebocoran yang dapat membut cat dinding luntur.

Namun jika memang sudah terlanjur luntur karena air hujan maka yang bisa Anda lakukan adalah melakuakan rencana proses pengecatan ulang. Bisa dimulai dengan menemukan sumber rembesan terlebih dahulu. Kemudian, jika sudah ketemu tutup dengan semen instan dan berikan waterproofing. Insyaallah dengan cara ini, tembok Anda tidak akan rembes lagi.

3. Proses pengecetan yang kurang tepat

Proses pengecetan yang kurang benar juga dapat menjadi penyebab cat interior luntur. Biasanya, yang sering terjadi adalah mengecat permukaan tanpa diberi dasarnya dulu. Tidak dilakukan dengan metode zig-zag atau tumpuk sesuai anjuran pemakaian. Termasuk mungkin yang seharusnya dilapisi dua kali tetapi malah hanya sekali sehingga tidak tidak didapat lapisan cat yang bagus.

Adapun hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ini tidak ada lain kecuali melakukan pengecatan ulang. Gunakan cat yang dikhususkan dalam penggunaan interior karena memiliki formula yang berbeda dengan penggunaan eksterior. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sesuai dengan instruksi di kemasan. Dengan cara itu, tembok luntur akan teratasi.

4. Permukaan yang masih kasar

Hal ini bisa terjadi saat dinding tidak/belum diaci dengan baik. Permukaan yang kasar dan belum layak dicat jika dipaksakan maka akan beresiko menjadi sumber kebocoran. Alhasil, rumah akan basah oleh air hujan dan menjadi penyebab cat interior luntur.

Solusi untuk mengatasi ini adalah mulai dari awal dengan menyiapkan permukaan yang akan dicat sebaik mungkin. Mengecat membutuhkan persiapan yang matang agar kualitas hasilnya bagus, warnanya tahan lama, dan tidak mengelupas. Sama seperti sebelumnya, jika sudah diaci atau diratakan bisa segera dilakukan pengecatan ulang. Gunakan cat khusus interior agar tidak hasilnya sia-sia.

Anda bisa baca dulu artikel kami tentang cara mengupas cat tembok yang benar sebelum dicat ulang agar didapat hasil yang maksimal.

Jadi pada intinya, penyebab cat interior luntur sebenarnya simpel, umumnya lantaran empat poin di atas sebagai penyebab utamanya. Sebagai langkah antisipasi, selalu gunakan cat berkualitas tinggi dan hindari penggunaan cat yang bukan peruntukannya.

Cat eksterior memang bisa digunakan untuk aplikasi interior. Namun, cat interior sendiri dibuat dari bahan yang lebih baik dari segi estetika dan dibuat khusus. Jadi, tidak perlu mencoba-coba ya jika malah resikonya akan buruk.

Baiklah mungkin itu dulu sekilas jawaban dari kami tentang berbagai kemungkinan penyebab cat interior luntur dan cara mengatasainya. Jika infomasi ini bermanfaat silakhan share dan jika ada yang kurang/perlu ditambahkan silakan tinggal komentar. Sampai jumpa. (ls) editted by RN25042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.