Alternatif Penutup Dinding Selain Wallpaper untuk Mempercantik Ruangan

Pada beberapa kasus, penggunaan wallpaper untuk menghias dinding rumah bagi sebagian orang terasa membosankan. Ada yang merasa coraknya terbatas dan monoton, serta ada yang merasa sedikit direpotokan dengan pemasangannya. Sebenarnya, ada banyak alternatif penutup dinding selain wallpaper yang tidak kalah bagus untuk diaplikasikan.

Bahkan, pelapis dinding sendiri yang paling dasar adalah cat dimana ini sudah cukup mainstream dipakai namun secara kualitas tetap bagus. Untuk menemukan estetika yang tepat tinggal pilih warna yang terbaik saja dan sesuaikan dengan ruangan.

Meski begitu, mau diganti dengan lukisan atau aksesoris lain juga tidak masalah. Mari kita bahas beberapa alternatif lainnya yang mungkin bisa membuat Anda tertarik.

Wallpaper atau Penutup Dinding Jenis Lain?

Wallpaper memang sering direkomendasikan untuk menunjang tampilan desain interior rumah minimalis. Hasil tampilannya bagus dan mampu menutupi cacat pada permukaan dinding.

Namun begitu, penutup dinding yang satu ini memerlukankan biaya yang sedikit besar. Hal inilah yang mungkin membuat banyak orang mencari alternatif penutup dinding selain wallpaper yang lebih murah, aplikatif, tetapi tetap menarik.

Tahukah Anda apa saja sih penutup dinding selain wallpaper? Ya, ada beberapa pilihan penutup dinding yang bisa membuat Anda mendapatkan tampilan dinding ruangan yang menarik tanpa harus menjatuhkan pilihan pada wallpaper rumah. Apa sajakah alternatifnya?

 Penutup Dinding Selain Wallpaper, wallpaper dinding, pelapis dinding, cara membuat motif batu bata pada dinding, cara membuat dinding bertekstur, pelapis dinding vinyl, bahan pelapis dinding interior, cat tembok tanpa acian, cara bikin tali air pada dinding
Ada banyak alternatif penutup dinding selain wallpaper – Diminimalis.com

Altenatif Penutup Dinding Selain Wallpaper

Dari sekian banyak pilihan penutup dinding, berikut ini beberapa alternatif yang paling banyak dipakai:

• Cat dinding

Selain wallpaper, tentu saja cat bisa Anda pilih ketika ingin menutup dinding ruangan setelah diplester. Saat ini, cat dinding sudah semakin banyak pilihan warna dan jenisnya. Untuk pilihan warna, saat ini memang sudah ada berbagai macam warna turunan yang bisa dipilih sesuai selera dan selaras dengan desain ruangan rumah Anda.

Untuk jenisnya sendiri, cat dinding juga sudah semakin banyak. Terdapat pula cat dinding yang sangat mudah dibersihkan dan memiliki tampilan permukaan mengkilap sehingga benar-benar akan sangat memuaskan. Jadi tinggal Anda pilih saja warna dan jenisnya yang terbaik.

• Lukisan

Pembuatan lukisan atau gambar pada dinding juga bisa menjadi alternatif penutup dinding selain wallpaper. Alternatif yang kedua ini memang masih berhubungan erat dengan cat dinding namun lebih beragam dari segi teknik pengecatan dan jumlah warnanya. Tentu hasilnya seperti lukisan batu bata di dinding jika dibuat dengan baik.

Dinding ruangan bisa Anda sulap menjadi kanvas besar dengan satu atau beberapa warna dasar. Setelah itu, Anda bisa membuat lukisan apapun untuk menghidupkan dinding agar lebih menarik. Namun, alternatif yang satu ini akan sangat bergantung pada inspirasi lukisan dinding yang dibuat dan eksekusinya. Jika tidak berjalan dengan baik, justru dinding akan terlihat buruk dan membuat ruangan menjadi tidak menarik. Jadi hati-hati ya!

• Seni graviti

Ingin dinding ruangan menjadi terlihat menarik dan tidak terlihat terlalu monoton? Maka seni graviti bisa menjadi salah satu cara terbaiknya. Ya, dengan modal dinding yang bersih dan memiliki warna dasar hasil dari pengecattan menggunaan cat dinding, maka bisa langsung menjadi media untuk seni graviti.

Alternatif yang satu ini akan menghasilkan tampilan ruangan yang jelas berbeda dengan penggunaan wallpaper. Penerapannya bisa juga pada permukaan dinding bekas wallpaper. Bersihkan dulu permukaannya sehingga tepat untuk diaplikasikan wallpaper di atasnya.

Jika Anda menggunakan alternatif yang satu ini, maka pastikan Anda lihai dalam melukis dinding menggunakan piloks atau cat semprot. Jika tidak memiliki kemampuan seperti ini, maka Anda bisa menyewa seniman graviti profesional.

Stiker dinding

desain wallsticker 3d murah, desain wall sticker 3dmurah, jual wall sticker 3d
wallsticker 3d dijadikan sebagai pigura – diminimalis.com

Stiker diding memiliki makna yang berbeda dengan wallpaper. Stiker umumnya memiliki gambar yang lebih beragam dan bukan hanya sekadar motif. Penggunaan stiker akan bisa menghias dinding polos menjadi lebih menarik dan berwarna.

Penggunaan stiker dinding lebih sering diterapkan pada ruang bermain anak. Ya, berbagai stiker dindin bisa lebih menghidupkan dinding ruangan agar lebih menyenangkan dan bertemakan anak-anak. Penerapan stiker dinding terbilang sangat mudah dan sangat murah serta efektif untuk membuat dinding menjadi tidak monoton.

• Keramik

Bisa juga melapisi dinding menggunakan keramik. Penggunaan keramik bisa dibilang menjadi alternatif penggantian wallpaper yang baik karena keramik memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Keramik dinding pun kini semakin beragam motif dan ukurannya sehingga benar-benar bisa dijadikan pilihan.

Untuk Anda yang belum tahu, janganlah berpikir keramik dinding hanya menempelkan keramik biasa pada dinding. Saat ini telah banyak keramik yang memang khusus untuk ditempelkan pada dinding dengan motif yang menarik baik yang tersusun dari satu keramik saja maupun gabungan beberapa keramik untuk terlihat estetikanya.

Salah satu keramik dinding yang sering dipilih adalah keramik kuno tegel. Keramik kotak kecil dengan gaya tempoe doeloe ini sering dipilih untuk menghidupkan rumah menjadi lebih menarik. Keramik tegel walaupun terbilang kuno namun justru bisa menjadi salah satu cara menghidupkan rumah yang unik dan bisa pula dipadukan dengan rumah masa kini seperti rumah minimalis.

• Kain

 Penutup Dinding Selain Wallpaper, wallpaper dinding, pelapis dinding, cara membuat motif batu bata pada dinding, cara membuat dinding bertekstur, pelapis dinding vinyl, bahan pelapis dinding interior, cat tembok tanpa acian, cara bikin tali air pada dinding
Kain dengan motif apik bisa menjadi alternatif penutup dinding selain wallpaper – Diminimalis.com

Kain juga bisa menjadi penutup dinding yang sangat menarik. Asalkan kain yang dipilih tepat, maka dinding ruangan Anda dijamin akan terlihat berbeda. Contoh yang paling sering digunakan adalah kain dengan tampilan bendera, logo band dan musisi, atau kain dengan brand tertentu. Umumnya, penggunaan kain untuk menutup dinding sangat cocok untuk ruang kamar agar bisa menghidupkan kesukaan dari pemilik kamar.

Penggunaan alternatif penutup dinding yang satu ini cenderung susah dalam hal perawatan. Tingkat kelembaban juga terbilang tinggi sehingga Anda harus lebih pandai dalam mengatur suhu ruangan.

• Panel kayu dinding

Selain itu, ada satu lagi alternatif yang dapat dipilih yaitu panel kayu dinding. Panel kayu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghidupkan rumah bergaya klasik dan natural. Kemewahan pun juga bisa terasa dan estetika ruangan jauh lebih tinggi.

Selain memperhatikan pilihan alternatif penutup dinding selain wallpaper, perlu juga memperhatikan beberapa hal penting lainnya.

Pertama, Anda perlu sekali memilih alternatif penutup dinding yang sesuai dengan konsep hunian atau ruangan Anda.

Kedua, Anda harus mempertimbangkan anggaran agar bisa tercipta konsep yang jelas. Beberapa alternatif penutup dinding akan memakan biaya yang besar sehingga harus dipikirkan dengan baik.

Dari sekian alternatif penutup dinding selain wallpaper dinding rumah tersebut, mana yang terbaik menurut Anda? Silahkan pilih yang terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda sedang memikirkan apa alternatif penutup dinding selain wallpaper untuk rumah yang berpenghuni banyak orang, maka libatkan mereka dalam mengambil keputusan. Dinding rumah akan sangat terlihat jelas dan bias berpengaruh pada kenyamanan orang yang tinggal di dalamnya. Maka dari itu, buatlah keputusan bersama saat sedang mencari pilihan penutup dinding terbaik. (an) editted by RN19092020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.