Cara Membuat Filter Penjernih Air Akuarium yang Murah dan Mudah Dilakukan

Filter penjernih air akuarium menjadi salah satu alternatif pilihan yang dapat Anda gunakan untuk menjernihkan air akuarium. Hal ini sangat membantu Anda yang malas membersihkan akuarium, apalagi jika air akuarium cepat sekali kotor dan bau amis.

Menggunakan filter penjernih air akuarium menjadi salah satu hal yang sangat direkomendasikan untuk Anda karena filter ini dapat Anda buat sendiri di rumah dengan sangat mudah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang belum tahu cara membuat filter air akuarium, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan filter penjernih air akuarium yang baik untuk akuarium indah yang Anda miliki.

Persiapan membuat filter penjernih air akuarium

Langkah awal sebelum Anda membuat filter penjernih air akuarium adalah menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunakan untuk membuat flter penjernih air akuarium. Kebutuhan tersebut adalah alat dan bahan yang perlu Anda siapkan dan akan dibutuhkan pada saat proses pembuatan.

Berikut alat dan bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulai proses pembuatan filter penjernih air:

Pertama, Anda perlu menyiapkan botol plastik bekas dengan ukuran 2 liter sebanyak 3 botol. Ke dua Anda juga perlu menyiapkan botol plastik bekas dengan ukuran 1 liter sebnayak satu botol.

Ketiga, siapkan pipa penyambung paralon sebanyak 4 buah dan lem penyambung paralon sebanyak satu buah. Ke empat, siapkan filter standar akuarium dengan pompa dan selang sebnayak satu buah.

Kelima, siapkan keramik ring sebanyak dua bungkus dan pasir silika kasar setengah kiligram. Keenam, siapkan jampat sebanyak satu buah dan arang aktif sebanyak dua bungkus.

penjernih air akuarium
bioball

Ketujuh, siapkan bioball kecil sebanyak 15 buah dan batu putih sebanyak satu bunkus serta kapas filter aquarium 1 buah.

Semua peralatan dan bahan tersebut harus Anda siapkan sebelum Anda memasuki proses pembuatan filter penjernih air. Hal tersebut akan mempermudah dan memperlancar Anda dalam proses pembuatan dan tidak akan terhambat karena kekurangan alat atau bahan yang dibutuhkan.

Persiapan ini termasuk hal yang sangat penting, sehingga Anda tidak bisa melewati langkah ini dan wajib sekali mengikuti langkah awal ini. Dengan begitu langkah selanjutnya akan berjalan dengan lancar jika tahap awal ini sudah terpenuhi dengan baik.

Proses membuat filter penjernih air akuarium

Setelah Anda menyiapkan semua alat dan bahan, selanjutnya Anda dapat langsung masuk kedalam proses pembutan filter penjernih air akuarium. Proses pembuatan ini sangat mudah sehingga Anda dapat dengan cepat mengikuti langkah-langkah berikut.

penjernih air akuarium

penjernih air akuarium via lh6.googleusercontent.com

Pertama, membuat botol dengan ukuran 2 liter menjadi sebuah rakitan

Langkah pertama Anda perlu memotong bagian atas pada kedua botol dengan ukuran 2 liter yang sudah Anda siapkan, lalu sambungkan kedua botol tersebut. Kemudian buatlah lubang dibagian samping atas botol tersebut untuk dipasang selang.

Kedua, membuat botol dengan ukuran 1 liter menjadi sebuah rakitan

Langkah yang ke dua adalah membuat rakitan botol dengan ukuran 1 liter. Caranya adalah dengan membuat lubang pada bagian tengah dan sambungkan pipa paralon. Lubang tersebut akan menjadi lubang untuk air masuk.

Selanjutnya, Anda juga perlu membuat lubang pada sisi seberang lubang sebelumnya. Lubang tersebut akan berguna sebagai penyambung yang akan ke mengalirkan air ke botol yang ke dua.

Ketiga, membuat botol bekas yang tersisa menjadi sebuah rakitan

Langkah selanjutnya adalah memotong bagian atas botol bekas ukuran 2 liter yang tersisa. Kemudian, Anda dapat langsung membuat lubang pada bagian tengah untuk aliran air ke dalam akuarium.

Keempat, Mengisi botol ukuran 1 liter

Selanjutnya adalah dengan mengisi botol ukuran 1 liter dengan bio ball dan batu putih yang sudah Anda sediakan. Bio ball berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam akuarium.

Bio ball juga terdiri dari bakteri yang akan membantu membersihkan partikel yang membahayakan dalam akuarium. Jadi akuarium akan bersih, nyaman dan aman untuk ikan yang hidup didalamnya.

Kelima, Mengisi botol tengah

penjernih air akuarium

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi botol tengah dengan filter akuarium. Filter tersebut berisi keramik ring, jampat, pasir silika, jampat, arang aktif, jampat dan kapas. Anda dapat menyusun isi filter tersebut dengan urutan seperti itu. Sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Keenam, Mengisi botol terakhir

Kemudian langkah ke enam adalah dengan mengisi botol terakhir dengan pasir silika dan bio ball. Pasir silika berfungsi untuk menyaring air agar tetap bersih dan jernih. Pasir silika juga digunakan oleh industri pengolahan air untuk menghilangkan kandungan lumpur dan kotoran pada air minum dan air tanah.

Ketujuh, menyambungkan semua botol

Langkah ke tujuh adalah menyambungkan semua botol yang sudah disiapkan dan sudah dirakit sebelumnya. Anda dapat menyambungkan rakitan botol satu dengan yang lainnya seperti pada gambar di atas. Sehingga akan berfungsi secara maksimal sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Kedelapan, menghubungkan selang dan pompa

Langkah yang terakhir adalah dengan menyambungkan selang dan pompa, popma diposisikan pada bagian sudut kanan akuarium. Seletalah itu selesai, filter penjernih air akuarium siap digunakan.

Nah, begitu langkah-langkah membuat filter penjernih air akuarium. Langkah-langkah tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan utama sebagai patokan dalam membuat filter penjernih akuarium.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat filter penjernih air akuarium yang murah dan mudah serta aman digunakan. Langkah-langkah tersebut sebaiknya diikuti dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan dapat berfungsi maksimal sesuai dengan apa yang diinginkan.

Dengan demikian akuarium yang Anda miliki akan terlihat lebih jernih setelah menggunakan filter penjernih air. Selain itu, ikan-ikan yang ada didalamnya juga akan hidup dengan sehat dan dapat bertahan lebih lama.

Semoga informasi di atas meberikan kebermanfaatan bagi Anda semua dan dapat membantu Anda dalam proses pembuatan filter penjernih air akuarium. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli alat penjernih air akuarium yang mahal. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.