Kembali lagi bicara soal desain interior, dulu pernah dibahas mengenai pengertian secara luas, jenis, dan prinsip-prinsip perancangannya. Kali ini kita akan bicara kembali soal pengertian desain interior namun dari sudut pandang para ahli dan sumber terpercaya. Bahwa sebagian besar inti pengertian desain interior menurut para ahli dan sumber kredible adalah bahwa desain interior bermakna kesesuaian perancangan bagian luar dengan bagian dalam sebuah ruangan.

Pada intinya, desain interior yang sering dibicarakan adalah soal perancangan/penataan setiap ruangan yang umum ada di sebuah hunian modern. Seperti, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dapur, dan sebagainya. Ruangan-ruangan inilah yang biasanya akan mendapatkan sorotan paling banyak dari sisi interiornya.

Pentingnya Memperhatikan Desain Interior Rumah

Bicara soal desain rumah pasti selalu berhubungan dengan desain interior. Hal ini wajar karena desain interior merupakan suatu bidang ilmu yang berhubungan dengan bagaimana menciptakan hunian yang indah dan nyaman pada aspek bagian dalam rumah.

Meski  banyak orang sudah cukup akrab dengan penerapan  desain interior, tidak ada salahnya jika kali ini kami singgung lebih detail soal pengertian “desain interior”. Pada artikel kali ini akan kami uraikan beberapa pengertian desain interior menurut para ahli desain. Harapannya uraian ini bisa menambah wawasan dan kreativitas desain Anda kedepannya.

pengertian desain interior menurut para ahli-diminimalis.com
Apa itu desain interior?

Pengertian Desain Interior Menurut para Ahli dan Sumber Terpercaya Dunia

Sebelum menyinggung soal pengertiannya menurut para ahli, kami singgung dulu penjelasan singkat tentang apa itu “desain interior”. Seperti kita ketahui bahwa kata desain interior merupakan gabungan dari dua frasa yaitu “desain” dan “interior”.

Desain sendiri merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang berarti rancangan atau merancang. Akhirnya karena dirasa kurang mewakili ghiroh para desainer, makna desain kemudian disepakati oleh para desainer sebagai “rancang bangun”. Meski begitu, istilah desain dengan arti rancangan tetap populer di kalangan pegiat seni rupa dan seniman lainnya.

Semenatra itu, kata “interior” berarti suatu area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas internal tertentu dalam ruangan yang dimaksud.

Telah disepakati juga bahwa dalam perancangan interior, hendaknya sang desainer mengetahui apa dan siapa saja yang akan menempati ruangan tersebut, termasuk alokasi penggunaannya.

Berikut ini pendapat beberapa ahli dalam mendefinisikan desain interior yang kami kutip dari situs academia.edu yang diunggah oleh Novia Istiqoma.

1. Menurut wikipedia bahasa indonesia

Desain interior merupakan sebuah profesi di bidang kreatif dengan solusi-solusi teknis yang diterapkan ke dalam struktur yang dibangun, untuk mencapai lingkungan interiornya.

2. The American Society of Interior Designers (ASID)

Desainer interior adalah seorang yang terlatih secara profesional untuk menciptakan lingkungan interior yang fungsional dan berkualitas. Karena telah terkualifikasi melalui pendidikan, pengalaman dan ujian, seorang desainer interior dapat mengidentifikasi, meneliti dan secara kreatif memecahkan permacalahan dan mengarahkan perancangan menuju lingkungan fisik yang sehat, aman dan nyaman.

3. Dodsworth (2009: 8)

Desain interior bertujuan untuk membuat manusia sebagai pemakai ruang dapat beraktifitas dalam ruangan tersebut dengan efektif dan merasa nyaman.

4. Menurut Suptandar (1995: 11)

Desain interior berarti suatu sistem atau cara pengaturan ruang bagian dalam yang mampu memenuhi persyaratan kenyamanan, keamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan spiritual bagi penggunanya tanpa mengabaikan faktor estetika/keindahan.

5. D.K. Ching (1995)  

Desain interior yaitu merencanakan, menata, dan merancang ruang – ruang interior dalam bangunan, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar akan sarana untuk bernaung dan berlindung, menentukan sekaligus mengatur aktivitas, memelihara aspirasi dan mengekspresikan ide, tindakan serta penampilan, perasaan, dan kepribadian.

6. Alexander C 

Desain interior adalah komponen fisik yang tepat dari suatu struktur fisik.

Contoh Ilustrasi Gambar Desain Interior pada Berbagai Ruangan

Nah itu dia pengertian desain interior yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Semoga bisa mencerahkan Anda dalam memahami sebuah konsep desain interior yang banyak diterapkan pada gaya modern saat ini.

Selanjutnya, kami sajikan beberapa contoh gambar desain interior rumah. Harapannya  akan lebih memudahkan Anda dalam memahami definisi desain interior sebelumnya.

Gambar-gambar di atas semoga bisa membantu Anda mendapatkan referensi desain yang pas sesuai keinginan. Jika masih kurang, Anda bisa mencari sumber lain di internet. Jangan ragu untuk bereksplorasi karena dari situlah Anda akan belajar bagaimana menemukan ide perancangan yang benar-benar tepat.

Mungkin sekian dulu ulasan kami tentang pengertian desain interior menurut para ahli beserta contoh gambarnya. Semoga semakin menginspirasi Anda. Salam diminimalis. (rn) editted 05122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *