by

Seputar Pencahayaan Taman Minimalis agar Rumah Makin Indah

Taman dalam rumah sudah semestinya didesain dengan semenarik mungkin. Sebab, sesuai dengan tujuan awal dibuatnya yakni untuk mempercantik tampilan rumah. Untuk itu elemen-elemen penting seperti pencahayaan taman minimalis harus diperhatikan betul betul.

Pencahayaan taman yang baik akan semakin memperindah tampilan taman pada siang hari, begitu juga tampak taman di malam hari. Lampu taman minimalis yang menyorotkan sinarnya pada dahan pohon yang melambai-lambai, semakin menambah kesan istimewa taman. Nuansa romantis yang menjadi idaman setiap pasangan bisa Anda dapatkan dengan bantuan pencahayaan taman yang tepat.

pencahayaan taman
lampu taman – diminimalis.com

Memulai Rencana Pengaturan Pencahayaan Taman Minimalis

Perencanaan di awal tentang pencahayaan taman yang akan membentuk nuansa taman sebaiknya Anda lakukan. Ini penting jika memang Anda menginginkan bisa menikmati taman pada malam hari. Fasad bangunan biasa dijadikan sebagai panduan Anda dalam menentukan dimana posisi yang tepat guna meletakan sumber pencahayaan taman.

Secara umum konsep pencahayaan memiliki tujuan yang beragam, diantaranya adalah untuk menampakkan keelokan elemen taman, sebagai penunjuk arah dan keamanan. Penampakan rumah lampu (armatur) juga sebaiknya menjadi pertimbangan Anda, selain mempertimbangkan bias lampu yang dihasilkan.
Lalu, konsep pencahayaan taman seperti apa yang Anda inginkan? Poin-poin berikut bisa jadi panduan Anda untuk menentukan konsepnya.

Manfaat pencahayaan pada taman minimalis

Pencahayaan taman pada zaman sekarang tidak lagi hanya difungsikan sebagai media untuk menerangi taman pada malam hari. Area taman yang penuh dengan bunga tentunya tetap ingin bisa Anda nikmati meskipun dalam kondisi gelapnya malam. Menikmati taman pada malam hari akan memberikan kesan tersendiri apalagi jika ditemani pasangan.

Selain tujuan di atas, penggunaan pencahayaan taman minimalis sebetulnya masih banyak dan setiap orang memiliki tujuan berbeda. Masing-masing tujuan pencahayaan yang ingin diperoleh tentunya memiliki cara berbeda dalam penataannya. Setiap konsep atau tujuan yang diinginkan tentunya saja memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda. Berikut ulasannya, selamat menyimak.

Pencahayaan untuk keamanan

Jika faktor keamanan yang Anda prioritaskan, Anda dapat memfokuskan peletakan lampu pada tempat terjauh yang biasanya menjadi pembatas anatar kaveling rumah. Sorot dan bias lampu berwarna putih sebaiknya Anda pilih Agar dapat menerangi sekitarnya dengan radius yang jauh.

Manfaat ini akan sangat terasa dan diperlukan utamanya jika di dekat taman Anda terdapat

pencahayaan taman
pencahayaan jalan taman – diminimalis.com

Pencahayaan sebagai penunjuk arah

Pandangan mata Anda yang terbatas pada saat malam hari dapat terbantu oleh pencahayaan yang menuntun setapak demi setapak langkah kaki Anda. Peletakan lampu pada titik tertentu serta pencahayaan berirama ritmik akan membantu ke mana sebaiknya kaki Anda langkahkan.

Contohnya, ketika Anda hendak menuruni atau menaiki tangga maka tepian anak tangga menjadi tempat yang tepat untuk meletakan pencahayaan di sana sehingga akan memudahkan Anda menaikinya.
Pada kolam juga perlu Anda beri pencahayaan yang mengarah ke atas sebagai panduan batasan kolam, sehingga keluarga Anda menjadi lebih aman ketika hendak bermain di tepian kolam pada malam hari.

Pencahayaan penampak keindahan elemen taman

Keindahan elemen taman juga dapat ditampakkan dengan pencahayaan yang baik. Taman vertikal yang menutup dinding, aksen taman berupa patung dan dahan pohon yang menari tertiup pohon akan semakin indah dengan sorot lampu taman minimalis yang tepat. Arahkan sorot lampu berbias kuning pada elemen taman yang ingin Anda tampilkan, jika Anda menginginkan konsep ini.

Armatur lampu

Fungsi pencahayaan akan lebih bermanfaat pada malam hari, namun ada elemen pencahayaan lain yang dapat Anda manfaatkan ketika siang hari. Rumah (armatur) lampu adalah satu elemen yang bisa Anda manfaatkan pada siang hari. Disebut rumah karena fungsinya yang melindungi bohlam dan komponen di dalamnya. Sesuaikan bentuk armatur lampu dengan konsep rumah Anda, agar terkesan lebih indah

Pada intinya

(am.). -editted by RN21062019

     Baca juga: desain taman minimalis


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.