Salah satu elemen penting dari sebuah hunian minimalis adalah adanya pencahayaan yang bagus sebagai penunjang kemudahan aktivitas di dalamnya. Pencahayaan rumah minimalis sendiri ada dua jenis. Yaitu, pencahayaan alami dari sinar matahari dan buatan dari bola lampu. Keduanya tak boleh luput dari perhatian.

Dua jenis pencahayaan ini sama-sama penting. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami, tugas Anda adalah membuat ventilasi dan bukaan yang cukup. Sementara untuk pencahayaan dari lampu, Anda bisa memulainya dengan membeli bola lampu yang memadai. Penerangan ruangan akan sangat bisa dimaksimalkan dengan lampu yang tepat dan penempatan yang benar..

Pentingnya Pencahayaan Rumah dari Bola Lampu

Sistem pencahayaan dalam rumah merupakan aspek penting untuk menciptakan kesan hunian yang nyaman dan indah untuk ditempati. Adanya pencahayaan yang bagus tentu akan memperlihatkan detail bagian rumah dengan lebih sempurna. Aktivitas apapun yang Anda lakukan tentunya juga akan lebih mudah jika pencahayaan dalam rumah tidak tanggung-tanggung.

Pencahayaan rumah minimalis
Pencahayaan rumah minimalis – diminimalis.com

Sistem dan jenis pencahayaan interior yang baik juga merupakan salah satu indikator sebuah rumah dikatakan “sehat”. Rumah yang remang/penerangannya kurang akan memaksa mata untuk bekerja lebih keras saat melihat objek di dalam ruangan.

Jika hal ini dibiarakan terjadi terus menerus tentunya akan menjadikan mata menjadi lelah dan bisa saja sakit. Efek buruk lainnya dari rumah yang gelap adalah serangga akan lebih betah membuat banyak sarang. Jadi memang tidak ada alasan lain pentingnya memasang sistem pencahayaan yang baik selain tujuan kesehatan.

Ide Menciptakan Pencahayaan Rumah Minimalis yang Bagus dan Fungsional

Bicara soal tata pencahayaan ruangan, memang memiliki gaya yang berbeda-beda. Hal ini jelas menuntut Anda untuk teliti dan lebih kreatif dalam menentukan modelnya agar tercipta pencahayaan rumah yang sehat dan indah. Setiap sudut rumah mulai dari teras terdepan hingga kamar mandi belakang perlu diatur pencahayaannya semaksimal mungkin.

Kali ini kita tidak akan menyinggung soal pencahayaan alami, karena sudah pernah di bahas pada artikel sebelumnya. Kita akan lebih banyak bahas soal ide tata pencahayaan dari lampu listrik pada setiap bagian/ruangan rumah minimalis Anda.

Teras Depan

Teras menjadi area pertama yang perlu diperhatikan pencahayaannya. Alasannya tidak lain karena jika tidak ada lampu maka akan terkesan aneh seperti rumah tak berpenghuni. Selain itu, jika rumah Anda dekat dengan jalan umum, adanya lampu juga bisa membantu penerangan jalan banyak orang yang lewat.

Jenis lampu yang sering dipakai pada teras rumah adalah model downlight. Penyebaran cahaya dari lampu jenis ini yang cenderung ke bawah akan mengesankan rumah Anda penuh kehangatan. Anda bisa beli lampu teras di berbagai toko lampu dan atau alat listrik, tinggal pilih besaran watt nya.

Ruang tamu

Ruang tamu juga mestinya tidak sedikitpun luput dari perhatian terhadap sistem pencahayaan rumah minimalis Anda. Buatlah pencahayaan yang maksimal di area ini agar suasana obrolan bersama tamu menjadi lebih hangat.

Selain lampu utama, Anda bisa tambahkan lampu sorot sebagai aksen aksesoris agar semakin memeriahkan nuansa keakraban. Lukisan ataupun guci keramik jika ada, bisa Anda kuatkan karakternya dengan lampu sorot ini.

Ruang keluarga

Ruangan ini biasanya menjadi ruangan favorit berkumpul keluarga, sehingga nunasa kenyamanan perlu sekali untuk dimunculkan. Anda bisa memunculkan kesan nyaman dari gerneral lightung dan nuansa hangat dari indirect lighting yang tersembunyi di sisi dalam plafon.

Penambahan lampu halogen yang bisa diatur intensitas cahayanya juga bisa menjadi solusi lain. Yang pasti, pencahayaan rumah minimalis pada sub ruangan ini perlu sekali diperhatikan. Apalagi, biasanya ruangan keluarga juga sekaligus jadi ruang baca dan belajar bersama.

Ruang makan

Tidak lengkap jika ngomongin pencahayaan rumah minimalis tanpa membahas ruang makan. Ruangan yang satu ini sama sakralnya dengan kamar tidur, ruang tamu, dan atau dapur.

Pada ruang makan, lampu gantung biasanya sangat cocok diaplikasikan. Sorot lampu gantung yang tepat menimpa meja akan menambah keceriaan waktu makan bersama anggota keluarga yang lain. Jika Anda pasangan yang baru menikah, penambahan lilin juga bisa dilakukan agar kesan romantis dapat terwujud.

Dapur

Sebagai area favorit para ibu, dapur memerlukan pencahayaan yang baik agar tidak menggangu aktivitas selama memasak. Sebagai pencahayaan utama, Anda bisa mengandalkan general lighting, pilih yang paling terang atau sedang saja agar mood memasak malam tetap terjaga.

Untuk tambahan estetika, Anda bisa memadukan konsep general lighting dengan penambahan lampu pada area splashback. Selain mempercantik interior, kombinasi sorot dari kedua jenis lampu ini akan semakin memperjelas detail dapur.

Kamar tidur

Setiap orang tentu saja berbeda persepsi dalam mengatur pencahayaan rumah minimalis di area privasi ini. Ada yang lebih nyaman sedikit gelap, ada juga yang lebih senang jika terang benderang.

Kami sarankan untuk kamar tidur yang di dalamnya sekaligus jadi tempat kerja agar Anda atur dengan pencahayaan yang terang saja. Ini bertujuan agar saat Anda sibuk dengan komputer atau laptop Anda, kinerja Anda jadi tidak terganggu penglihatannya. Namun begitu, jika dipakai hanya untuk keperluan istirahat/tidur, pencahayaan temaram juga tidak masalah. Tapi saran kami, tambahkan juga minimal satu lampu utama agar saat nanti dibutuhkan untuk menerangi benda-benda tertentu di kamar, Anda tidak kelabakan.

Pencahayaan rumah minimalis
pencahayaan di kamar mandi – diminimalis.com

Kamar mandi

Terakhir, pencahayaan rumah minimalis kurang lengkap jika tidak bicara soal kamar mandi. Konsep pencahayaan pada kamar mandi sendiri bermacam-macam. Ada yang suka dengan hanya menambahkan satu lampu general, ada juga yang tak segan merogoh kocek lebih untuk membeli wall lighting.

Namun begitu, konsep-konsep tersebut tentu pemilihannya dipengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah ukuran ruangan kamar mandi. Tidak cocok tentunya jika kamar mandi kecil/sempit ditambahkan lampu dinding sebagai hiasan, cocoknya cukup satu lampu general/utama. Sementara jika memang ukurannya luas, bisa Anda tambahkan lampur kamar mandi model wall lighting untuk mempercantik interior.

Pada intinya, pentingnya mengatur pecahayaan terbaik adalah agar Anda nyaman saat melakukan kegiatan apapun di kamar mandi. Saat Anda mandi, atau cuci-cuci pakaian akan sangat terbantu jika kondisi pencahayaannya baik.

Mungkin itu saja dulu 7 tips dan ide pencahayaan rumah minimalis pada setiap ruangan penting yang bisa Anda terapkan sesuai keinginan. Semakin tepat Anda menentukan dan mengatur pencahayaan, maka semakin nyaman pula Anda menjalani aktivitas di rumah. Salam diminimalis (am). Editted by RN14022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *