by

Pencahayaan Rumah Minimalis yang Baik Untuk Wujudkan Rumah Sehat & Nyaman

Rumah menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Keberadaan rumah minimalis saat ini secara nyata juga mampu memberikan sumbangsih ide bagaimana desain alternatif sebuah hunian. Dalam kaitannya dengan itu, pencahayaan rumah minimalis menjadi penting untuk didiskusikan.

Sistem pencahayaan khususnya di dalam rumah menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan. Menentukan titik-titik lampu dan sumber-sumber penerangan dalam rumah menjadi perlu agar diperoleh pencahayaan rumah yang sehat dan estetis.

Dengan begitu aktivitas apapun dalam rumah akan terdukung dengan baik tanpa mengabaikan sisi-sisi keindahan.

Harus diingat bahwa rumah minimalis yang baik tidak hanya mementingkan tampilan secara visual, namun juga harus memperhatikan aspek kesehatan. Hal ini jelas terkait kenyamanan penghuninya.

Rumah yang sehat dan ideal untuk ditinggali adalah rumah yang memenuhi beberapa kebutuhan dasar penghuninya. Seperti misalnya udara yang bersih dan sehat, sistem kelola sanitasi yang lancar dan baik, serta adanya sumber pencahayaan yang mencukupi.

Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
Pencahayaan buatan rumah minimalis – diminimalis.com

Pencahayaan rumah minimalis, jenis dan karakteristiknya

Sistem  pencahayaan rumah minimalis hendaknya dipertimbangkan sejak Anda membangunnya pertama kali.

Konsep pencahayaan yang ideal yang diterapkan pada desain rumah minimalis sejak awal pembangunan akan memberi Anda manfaat di kemudian hari. Penerangan dalam rumah minimalis hendaknya memiliki sumber pencahayaan tidak hanya dari satu sumber.

Secara umum, sumber cahaya ditinjau dari jenisnya terbagi menjadi dua, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Sumber pencahayaan rumah minimalis yang tergolong alami diperoleh dari satu sumber, yaitu matahari. Sedangkan sumber penerangan dalam rumah yang tergolong sumber cahaya buatan adalah cahaya dari lampu.

Pencahayaan rumah minimalis, pencahayaan rumah yang sehat, penerangan dalam rumah
Pencahayaan alami – diminimalis.com

Sumber pencahayaan alami dari sinar matahari memiliki keuntungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan, baik kesehatan rumah maupun penghuninya.

Sinar matahari yang mengandung spektrum cahaya lengkap memiliki energi panas yang dapat menghangatkan rumah dan juga mematikan kuman-kuman penyakit. Dengan adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, udara lembab yang ada di dalamnya dapat dikurangi sehingga udara menjadi sehat dan baik untuk aktivitas para penghuninya.

Anda bisa membuat bukaan jendela atau jendela permanen dengan kaca tembus pandang yang memungkinkan sinar matahari menerangi ruang-ruang dalam rumah Anda. Selain untuk kesehatan, adanya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah Anda, dapat menghemat pengeluaran listrik untuk penerangan, terutama ketika siang hari.

Sumber cahaya kedua adalah dari lampu. Cahaya lampu lebih diutamakan untuk penerangan di kala sinar matahari tidak bersinar. Bisa kkarena mendung atau hujan, atau penerangan di malam hari.

Penataan cahaya lampu juga perlu diatur sedemikian rupa, sehingga kebutuhan penerangan dalam rumah terpenuhi dengan baik. Anda bisa memasang lampu pada titik dimana Anda memerlukan pencahayan, dan ini bisa berbeda pada setiap ruangan tergantung kebutuhan dan pemanfaatan dari ruangan tersebut.

Jenis Pencahayaan Rumah Minimalis

Pada dasarnya, ada dua penyebutan yang dikenal dalam dunia desain rumah: indoor dan outdoor. Oleh karenanya perlu diingat bahwa pencahayaan rumah minimalis dalam rumah (indoor) tidak boleh sama dengan outdoor.

Sebab, bisa jadi untuk ruangan indoor memerlukan lampu yang tingkat keawetan dan ketahanannya lebih baik dibanding lampu indoor. 

Pemilihan lampu untuk outdoor bisa disesuaikan jumlah dan kualitasnya tergantung dari seberapa luas area yang diberi penerangan. Untuk jenis dan warna lampunya sendiri bisa dipilih jenis LED maupun halogen. Warna-warna orange dan kuning bisa membuat suasana luar rumah Anda lebih elegan.

Sementara itu, pemilihan lampu pencahayaan untuk indoor bisa menyesuaikan ruangannya. Misalnya untuk ruang tamu akan lebih baik menggunakan lampu LED yang besar. Hal ini bertujuan agar tamu yang berkunjung saat malam hari lebih nyaman. 

Baca tentang jenis-jenis pencahayaan buatan menggunakan lampu berdasarkan kebutuhan dan fungsinya pada artikel berikut.

Tata Cahaya Rumah Minimalis Mempercantik Desain Ruang Interior

Dengan mengkombinasikan kedua jenis sumber pencahayaan alami dan buatan, Anda bisa memiliki rumah yang sehat. Tidak hanya itu penempatan dan pemilihan lampu indoor dan outdoor yang pas bisa menghasilkan kombinasi terbaik.

Selamat menata ulang rumah Anda. Semoga pencahayaan rumah minimalis Anda dapat terwujud dengan baik.  (rd) -editted by RN 16062019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.