Pencahayaan pada Kamar Mandi untuk Elemen Fungsional dan Estetika

Bicara soal sistem pencahayaan pada kamar mandi memang tidak hanya tentang memilih lampu yang paling terang atau bukaan yang lebar. Lebih dari itu, urgensi pencahayaan pada kamar mandi lebih kepada bagaimana membuat penghuni nyaman dan aman.

Indikator nyaman dan aman diperoleh dari bagaimana memilih lampu yang tepat dan pas dengan ruangan. Jika ruangan kamar mandi cukup kecil dan minimalis, tidak perlu membeli lampu yang nyalanya terlalu terang. Sebaliknya, jika ruangan kamar mandi cukup besar maka salah jika memilih lampu penerangan yang kecil.

Pentingnya Memperhatikan Pemilihan Elemen Pencahayaan pada Kamar Mandi

pencahayaan pada kamar mandi
Lampu kamar mandi via ida.lowes.com

Pencahayaan pada kamar mandi merupakan hal yang penting untuk kita perhatikan. Aktivitas membersihkan badan tidak akan terasa nyaman tanpa didukung oleh pencahayaan yang tepat. Cahaya juga dibutuhkan untuk mengurangi kelembapan yang dapat memicu munculnya lumut, jamur dan bau tak sedap di dalam kamar mandi.

Selain dari pada pemilihan jenis dan model lampunya, hal lain yang harus juga diperhatikan adalah jumlah lampu yang akan dipasang dan dimana penempatannya. Jika tidak diperhatikan dengan benar maka bukan hanya tidak nyaman namun bisa memebahayakan Anda sekeluarga. Sebab kita tahu kamar mandi identik dengan ruangan yang lembab dan licin. Jadi, memperhatikan hal-hal kecil seperti elemen lampu ini adalah hal yang sangat penting.

Pencahayaan pada kamar mandi, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi
Pencahayaan pada kamar mandi yang unik dan elegan – diminimalis.com

Pencahayaan pada kamar mandi yang ideal dan sehat

Untuk memaksimalkan pencahayaan alami pada kamar mandi, Anda bisa mencoba membuat beberapa jendela di kamar mandi Anda. Keberadaan jendela di kamar mandi memungkinkan cahaya alami dari luar masuk ke dalam. Dengan adanya jendela di kamar mandi, Anda akan memiliki kamar mandi yang sehat karena sirkulasi udara selalu berganti.

Jika tidak memungkinkan untuk membuat jendela, Anda dapat menggunakan penerangan buatan di kamar mandi. Cahaya buatan menjadi elemen yang vital karena berperan sebagai penerang utama pada malam hari. Berikut ini adalah empat tipe penerangan buatan yang dapat diterapkan pada kamar mandi Anda.

General Lighting

General lighting merupakan tipe pencahayaan standar yang dapat digunakan di berbagai ruangan, termasuk kamar mandi. tipe pencahayaan ini dapat dibuat dengan menggunakan downlight flourescent yang dipasang pada beberapa titik di plafon, sehingga dapat menerangi seluruh ruang dengan baik dan merata.

General lighting memiliki fungsi untuk memberi pencahayaan standar untuk sebuah ruang, termasuk kamar mandi. Jenis penerangan ini cocok diterapkan jika pada kamar mandi yang hanya digunakan untuk mandi saja. Namun, apabila kamar mandi Anda memiliki tempat berendam, mandi shower dan berhias, maka perlu diberikan beberapa titik lampu tambahan.

pencahayaan pada kamar mandi
contoh inderect lighting pada kamar mandi – diminimalis.com

Indirect Lighting

Indirect Lighting merupakan cahaya yang dihasilkan dari lampu kamar mandi yang dipasang di balik dinding atau plafon. Cahaya ini bersifat menyebar, sehingga cahayanya terasa lembut dan hangat.
Indirect Lighting dapat pula diaplikasikan di balik cermin untuk menerangi area wastafel. Tipe pencahayaan ini biasanya memerlukan lampu yang lebih banyak dan konsumsi listrik yang cukup besar.

Accent Lighting

Accent Lighting merupakan tambahan penerangan yang biasanya dipasang pada area display atau lemari penyimpanan. Accent lighting juga sering digunakan sebagai pencahayaan yang mampu menciptakan suasana yang berbeda di kamar mandi.

Beberapa tips tambahan dari kami :

• Sesuaikan pemasangan lampu dengan kebutuhan pencahayaan dan luas ruang. Ruangan yang kecil lebih cocok menggunakan general lighting untuk menerangi ruang secara menyeluruh. Satu lampu cukup untuk satu ruang saja.
• Pada area shower, gunakan lampu yang dipasang pada plafon untuk menghindari cipratan air dan korseleting listrik.
• Warna cahaya lampu dapat mempengaruhi mood seseorang. Oleh sebab itu, pilihlah bohlam lampu berwarna putih kekuningan untuk menciptakan kesan hangat dan nyaman. Sedangkan, cahaya berwarna putih cocok untuk menerangi kegiatan yang membutuhkan pandangan maksimal.

Demikian ulasan kami tentang pencahayaan pada kamar mandi rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami terkait ragam lampu kamar mandi yang hadirkan pencahayaan menawan di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN30012020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.