Tips Penataan Karpet pada Ruang Tamu agar Berfungsi Maksimal

Banyak pemilik rumah minimalis modern yang menambahkan karpet sebagai elemen dekorasi tambahan ke dalam ruang tamu mereka. Meski secara desain mungkin tidak mengusung konsep lesehan, namun karpet tetap dipilih untuk dimasukkan sebagai elemen tambahan yang multifungsi. Mungkin berpikirnya, bisa saja sewaktu-waktu dibutuhkan lesehan di lantai sehingga adanya karpet bisa jadi alas duduk atau berbaring. Jika tetap duduk di sof, kaki juga jadi tidak terlalu dingin.

Fungsi dasar ruang tamu yang merupakan representasi dari keramahan menyambut tamu memang perlu dipikirkan penataannya. Ide penataan karpet pada ruang tamu mesti mengedepankan hal-hal teknis seperti kenyamanan dan kebergunaan fungsinya.

Karpet harus menjadi salah satu ide yang tepat untuk memfasilitasi aktivitas penting bersama tamu. Jadi, meski mungkin sekedar elemen tambahan, namun penataannya mesti benar-benar diperhatikan. Hal ini agar tidak sia-sia saja menambahkan karpet yang mungkin butuh keluar biaya cukup banyak.

Nah, lalu bagaimana strategi penataan karpet pada ruang tamu minimalis agar bisa berfungsi maksimal? Dari sekian banyak bahan karpet, mana yang terbaik untuk dipilih? Kita akan bahas lebih jauh di artikel ini.

Manfaat dan Prinsip Dasar Penataan Karpet pada Ruang Tamu Minimalis

Apapun yang dimasukkan ke dalam ruangan menuntut beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, termasuk penataan karpet pada ruang tamu. Sebagus apapun kualitas karpet yang Anda rencanakan untuk dibeli, haruslah dipilih yang selaras dengan tema ruang tamu Anda. Pikirkan strategi bagaimana caranya agar penempatan dan perpaduan warna dengan aneka furniture lainnya benar-benar serasi.

Penataan Karpet Pada Ruang Tamu, Penataan Karpet Pada Ruang Tamu mininalis, cara menata karpet, karpet cantik, karpet cantik dan murah, harga karpet permadani

desain karpet yang selaras dengan bunga hias yang cantik – diminimalis.com

Percayalah bahwa kehadiran karpet cantik di rumah Anda akan memberikan pemandangan yang berbeda dari sisi estetika. Bahkan bsecara fungsi, bisa saja berubah menjadi elemen identitas yang tidak bisa dilepaskan dari ruangan tamu Anda. Itu adalah satu dari sekian manfaat merencanakan penataan karpet pada ruang tamu minimalis Anda dengan baik. Secara teori, ada dua manfaat penting memasang karpet di ruang tamu.

Manfaat fungsional

Karpet sebagaimana pada umumnya berfungsi untuk melapisi permukaan lantai. Dari sini, fungsinya sudah bisa ditebak, yakni sebagai pelindung lantai dan memberi kenyamanan saat berpijak di atasnya. Untuk tamu, kenyamanan kaki dari dinginnya lantai rumah bisa diminimalisasi.

Manfaat lainnya dari sisi fungsional ialah mengurangi potensi gesekan dari kaki-kaki furniture di ruang tamu. Selain itu meja yang biasanya untuk meletakkan makanan dan minuman bisa saja tumpah dan membasahi lantai. Adanya karpet bisa untuk mencegah lantai licin karena tumpahan tadi. Wadah makanan atau gelas berbahan kaca jika karpetnya empuk bisa saja jadi tidak pecah.

Manfaat estetika

Selanjutnya, keberadaan karpet juga mampu mengangkat performa tampilan ruangan jadi lebih baik. Anda tentu bisa membedakan ruangan dengan atau tanpa karpet, jelas ada bedanya dari sisi tampilan bukan? Pada ruang tamu, karpet akan memberikan sensasi tampilan yang berbeda dari biasanya. Jadi, memilih karpet yang bagus juga bisa jadi ikhtiar Anda memperindah ruangan.

Tips Penataan Karpet pada Ruang Tamu

Dilihat dari fungsi dekoratif, karpet merupakan elemen interior yang tepat untuk dipilih guna menghadirkan kesan elegan pada ruang tamu Anda. Dengan adanya karpet cantik, hal ini bisa membuat tamu Anda nyaman dan betah berlama-lama di rumah Anda.

Untuk itulah, penting untuk merencanakan penataan karpet pada ruang tamu dan menyesuaikannya dengan elemen interior lainnya. Ada banyak tips yang bisa Anda peroleh dari media-media internet, salah satunya pada artikel kali ini. Empat hal penting dalam penataan karpet pada ruang tamu.

karpet cantik, karpet cantik dan murah, harga karpet permadani
motif karpet pelangi yang cantik di ruang tamu- diminimalis.com

1. Penentuan jenis karpet

Pastikan anda tahu jenis dan bahan karpet yang akan anda pasang sebelum memikirkan ide penataan karpet pada ruang tamu Anda. Karpet yang berbahan soft furnishing akan berbeda kesannya dengan karpet berbahan sintetis.

Meskipun terlihat sederhana, menentukan jenis karpet, terlebih untuk disesuaikan dengan penempatannya seringkali bukan hal yang mudah. Ada begitu banyak ragam karpet yang ada di pasaran, diantaranya:

  • Karpet Tile/ubin

Sesuai dengan namanya, karpet jenis ini memang memiliki bentuk menyerupai ubin. Ukuran yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari 30 x 30 cm, 40 x 40 cm, 50 x 50 cm hingga 92 x 92 cm.

Salah satu kelebihan karpet rumah minimalis jenis ini adalah Anda tidak harus mencuci keseluruhan permukaan karpet jika terkena kotoran. Cukup ambil sebagian karpet yang kotor saja lalu bersihkan. Karet yang terdapat pada lapisan bawahnya juga menjadikan karpet tidak licin saat diinjak.

Jenis karpet ini merupakan jenis yang paling sering dipakai pada ruangan termasuk ruang tamu berkonsep lesehan. Bahan lembut yang terbuat dari wol atupun nylon dan polipropilene akan semakin menghangatkan suasana berbincang bersama tamu Anda.

  • Karpet permadani

Jenis karpet ini merupakan juga tak kalah sering dipakai pada ruang tamu berkonsep lesehan. Bahan lembut yang beda dari yang lain memberi kesan yang welcome pada tamu Anda. Dengan karpet permadani yang bisa dibeli dengan ukuran yang bervariasi, ruang tamu Anda tidak akan flat lagi.

  • Karpet Meteran

Karpet jenis ini merupakan sering kita jumpai pada masjid atau mushola. Namun tidak ada salahnya Anda menggunakannya di rumah Anda.

Ukurannya yang fleksibel dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan akan memudahkan Anda dalam menggunakannya, sehingga lantai pun bisa tertutup dengan sempurna.

2. Pemilihan motifnya

Untuk mendesain ruang tamu anda agar tampak indah, maka anda harus pandai memadupadankan motif karpet dengan tema ruang tamu anda. Dengan paduan yang indah maka akan memberikan nuansa indah tersendiri. Gunakan inspirasi dan imajinasi anda agar didapat hasil desain yang indah dan anti-mainstream.

3. Sesuaikan dengan warna furniture

Selain memadukan motif karpet dengan warna ruangan maka anda juga harus memadukan dengan warna furniture di ruang tamu anda. Jika ruang tamu Anda mengusung konsep klasik dengan dominasi warna monokrom maka karpet bermotif hitam atau dominan putih bisa dipilih.

Berhati-hatilah mengusung karpet dengan motif dan warna yang tidak serasi. Sebab, jatuhnya nanti akan berbeda dengan yang diinginkan.

4. Mudah perawaatannya

Petimbangan lain yang juga tak kalah penting adalah soal pemeliharaan. Sering kali pemilik rumah dibuat bingung dengan perawatan karpet yang sulit dilakukan. Memilih karpet untuk dipasang di ruang tamu juga semestinya memperhatikan hal ini.

Pertimbangkan apakah akan memilih karpet model bulu atau yang biasa saja. Pemilihan motif dan model karpet akan berpengaruh terhadap mudah dan sulitnya pemeliharaan. Jadi pilihlah yang terbaik dengan mempertimbangkan hal-hal di atas. Jangan lupakan harga beli jika Anda ingin berhemat.

Ide penataan karpet pada ruang tamu rumah minimalis Anda bisa direncanakan sesimpel mungkin namun tetap harus detail. Semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi sedikit acuan Anda. (ls) editted by RN23052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.