by

Pembuatan Kolam Renang Minimalis dan Tahap yang Wajib Anda Tahu

Projek pembuatan kolam renang minimalis bukanlah hal yang bisa dikerjakan oleh sebarang orang. Bahkan tidak pula semua tukang bangunan yang mahir membangun rumah lantas handal pula membuat kolam renang minimalis.

Hal ini disebabkan karena dalam proses konstruksinya memerlukan pertimbangan yang matang. Biasanya hanya pihak-pihak korporasi yang memiliki prosedur pembangunan yang rapi dan terencana dengan baik.

Ini jugaturut menegaskan bahwa membuat kolam renang mini minimalis memerlukan keahlian khusus dari ahli pertukangan. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan kolam renang minimalis bisa menghubungi perusahaan desain yang ada. di kota Anda.

pembuatan kolam renang minimalis
pembuatan kolam renang tahap demi tahap – diminimalis.com

Plus Minus Pembuatan Kolam Renang Minimalis di Rumah Sendiri

Bikin kolam renang di rumah sendiri memang tidak harus mengikuti aturan dan tata cara yang baku (jikapun-ada). Artinya, Anda sebagai pemilik lahan bebas-bebas saja untuk bereksperimen blajar membuat kolam renang minimalis di rumah sesuai imajinasi dan perhitungan Anda sendiri.

Namun Anda juga harus siap, jika ternyata pada akhirnya hasil kolam renang yang Anda rancang sendiri mengalami banyak permasalahan di kemudian hari.

Belum lagi biaya pembuatan kolam renang minimalis yang seringkali justru mengecewakan di masa yang akan datang. Kolam renang memang harus dibuat dan direncakan dengan baik, maka memerlukan material yang juga berkualitas baik serta tidak sedikit, agar diperoleh hasil yang maksimal.

Bayangkan, berapa beban lantai dasar kolam renang yang menahan berkubik-kubik air di atasnya, belum lagi ketika ia digunakan. Maka pondasi dan lantai kolam renang memang harus dibuat kokoh, bahkan amat kokoh untuk keperluan tersebut.

Dinding kolam renang juga demikian adanya, ia harus dibuat dengan cermat agar tidak terdapat retak sedikitpun, bahkan retakan seukuran rambut dapat memberi Anda permasalahan di kemudian hari.

Maka menjadi perlu untuk kemudian mempelajari tahapan pembuatan kolam renang minimalis, minimal jika bukan Anda langsung yang membuatnya, Anda memahami garis besar tahapan pembuatan kolam renang ketika Anda memutuskan untuk menyewa jasa tukang atau kontraktor kolam renang yang Anda percaya.

Pembuatan kolam renang minimalis, tahap demi tahap

Meski sebenarnya Anda bisa menyerahkan sepenuhnya pada pemborong atau tukang namun semestinya Anda juga harus paham. Sebab, pada tahapan-tahapan ini akan sangat berpengaruh terhadap pembiayaan yang nanti akan Anda keluarkan.

Langsung saja, berikut diminimalis sampaikan tahapan  dan cara pembuatan kolam renang minimalis mulai dari perencanaan hingga finishing kolam renang pada tahap akhir.

  1. Cari referensi jasa kontraktor kolam renang terbaik, Anda bisa mencari di internet atau rekomendasi sahabat / keluarga.
  2. Lakukan wawancara dengan beberapa kontraktor, minta mereka membuat proposal rincian anggaran biaya dan spesifikasi material
  3. Lakukan diskusi dengan kontraktor kolam mengenai kolam yang Anda inginkan, dan minta mereka mengajukan desain yang sesuai. Minta buatkan gambaran 3D dari kolam renang yang hendak Anda buat.
  4. Setelah Anda mantap memilih kontraktor, minta mereka untuk melengkapi dokumen pendukung kontrak pembuatan kolam renang
    pembuatan kolam renang
    kontraktor kolam renang jakarta – diminimalis.com
  5. Berikutnya masuk kepada tahap pengerjaan yang meliputi:
  • Penggalian tanah
  • Pemasangan batu bata
  • Pembesian
  • Pembuatan bekisting
  • Pengecoran
  • Inkubasi
  • Pembongkaran bekisting
  • Plumbing
  • Finishing
  • Instalasi elektrik

Thap pengerjaan ini membutuhkan waktu hingga kurang lebih 6 bulan. Biasanya tergantung juga pada tenaga dan kinerja tenaga pemborong. Jadi jelilah dalam memilih kontraktor terpercaya.

Setelah tahap pengerjaan selesai, maka berikutnya adalah tahap uji dan penyiapan kolam agar siap dipakai untuk pertama kalinya, meliputi :

  • Pengisisan perdana dan testing
  • Treatmen penjernihan dan penyiapan air kolam

Setelah semua tahap selesai maka akhirnya adalah tahap serah terima kolam dan pengakhiran kontrak kerja antara Anda dan kontraktor kolam renang yang Anda percaya.

Selamat! Kini Anda telah memiliki kolam renang sendiri, tanpa Anda direpotkan dengan hal-hal teknis dan kekhawatiran terjadinya pengerjaan yang tidak sesuai, karena biasanya kontraktor kolam renang yang baik akan memberi garansi pengerjaan untuk beberapa bulan ke depan.

Untuk tahapan lengkap dan uraian dari masing tahap pengerjaan, serta estimasi biaya pembuatan kolam renang minimalis, bisa Anda baca di artikel lengkap ini.

Selamat merencanakan kolam renang Anda yang pertama. Salam. (rd) -editted by RN22052019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.