Paving Block adalah salah satu produk bahan bangunan yang terbuat dari komposisi campuran semen portland bahan pereket hidrolis. Paving banyak juga dikenal dengan nama Conblock, yang merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang dipergunakan untuk perkerasan jalan atau yang lainnya yang terbuat dari campuran beton dengan kekuatan tertentu, dengan ukuran atau dimensi serta bentuk khusus. Bahan baku yang dipergunakan adalah semen, bahan mineral dan pewarna/pigmen.

paving block, paving block rumput, paving block adalah
salah satu jenis paving block yang bisa ditumbuhi rumput – diminimalis.com

Diantara sekian banyak alternatif penutup permukaan tanah, paving block lebih memiliki banyak variasi baik dari segi bentuk, ukuran, warna, corak dan tekstur permukaan, serta kekuatan. Inilah yang membuat bahan perkerasan permukaan tanah ini sering dijadikan bahan lapisan penutup tanah yang dekoratif. Selain itu, bahan ini juga sangat efisien untuk menyerap air yang mengalir diatasnya.

Paving Block dan Beberapa Keunggulannya

Sebagai bahan pengerasan permukaan tanah, material paving memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

Harga murah

Harga pasarannya relatif murah tergantung dari tipe dan modelnya. Seperti contohnya paving grass block warna abu ukuran 20cm x 40cm x 8cm (LxPxT) yang dijual seharga Rp107.500 per meter persegi. Sedangkan paving conblock dipasarkan mulai Rp104 ribu hingga Rp193 ribu.

Perawatan mudah

Dibanding jenis penutup dan pengerasan tanah lainnya, material paving juga sangat mudah perawatannya. Saat kondisinya kotor karena tanah atau noda lainnya, Anda hanya perlu menyikatnya dengan sabun colek dan air bersih.

Berdaya serap baik

Meski kelihatannya pemasangan paving dibuat terkunci, akan tetapi pelapis tanah ini memiliki daya serap air yang baik. Tak ayal keseimbangan air tanah tetap terjaga sehingga mampu menopang beban diatasnya.

paving block, paving block rumput, paving block adalah
paving block juga memiliki motif yang beragam – diminimalis.com

Memiliki banyak motif

Paving block memiliki bentuk, warna, dekorasi, dan desain yang variatif. Anda bisa memilih motiv bunga atau corak lainnya yang indah dan artistik.

Dapat ditumbuhi rumput

Terdapat jenis paving block yang disebut grass block. Jenis yang satu ini memungkinkan rumput dapat tumbuh di sela-sela tertentu, sehingga penggunaan grass block akan memberikan kesan alamiah, dan dapat membuat rumah atau bangunan Anda lebih sejuk. Kesejukan tersebut dikarenakan rumput dapat menyerap sinar ultraviolet matahari, dan sinar tersebut tidak memantul pada bangunan.

Mudah dibongkar dan diganti

Ketika terjadi kerusakan atau cacat berat, dapat dilakukan penggantian dengan cara mudah. Hanya perlu diganti atau diangkat di bagian yang rusak atau cacat saja. Pembongkaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Klasifikasi Paving Block yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa klasifikasi dari bahan bangunan ini yang wajib Anda ketahui. Berikut diminimalis jabarkan beberapa macam material paving, simak selengkapnya.

Klasifikasi Berdasarkan Cara Pembuatannya

  1. Paving Block Press Manual/Tangan
    Bahan bangunan yang satu ini dapat diproduksi secara manual dengan menggunakan tangan. Material ini biasanya digunakan untuk halaman rumah, trotoar jalan, serta perkerasaan lingkungan dengan daya beban yang rendah.
  2. Paving Block Press Mesin Vibrasi/Getar
    Bahan yang satu ini diproduksi menggunakan sistem getar dan mempunyai mutu beton kelas C-B. Biasanya material ini digunakan untuk perkerasan di halaman rumah dan tempat parkir.
  3. Paving Block Press Mesin Hidraulis
    Klasifikasi yang terakhir adalah material yang diproduksi menggunakan mesin press hidraulis. Anda dapat menggunakan material yang satu ini untuk keperluan non struktural atau struktural yang mampu menahan beban berat diatasnya.

Klasifikasi Berdasarkan Ketebalannya

  1. Klasifikasi yang pertama adalah paving block yang mempunyai ketebalan 60 mm. Material ini biasanya digunakan untuk beban lalulintas ringan yang frekuensinya terbatas pada pejalan kaki saja.
  2. Klasifikasi yang kedua adalah paving yang mempunyai ketebalan sampai 80 mm. Material ini biasanya digunakan sebagai beban lalulintas sedang yang frekuensinya terbatas pada kendaraan truk dan bus.
  3. Klasifikasi yang terakhir adalah paving yang mempunyai ketebalan 100 mm. Bahan ini biasanya digunakan pada beban lalulintas berat seperti loader, crane, dan alat berat lainnya. Tak jarang juga material ini digunakan di kawasan industri dan pelabuhan.

Model-model Paving Block untuk Rumah Minimalis Anda

Pada umumnya model dari paving block mempunyai banyak desain dan bentuk. Kini, diminimalis akan sajikan 8 model material ini yang perlu Anda ketahui:

  1. Model Bata (Paving Block Persegi Panjang)
    Material ini biasanya digunakan untuk konstruksi yang biasanya dialui oleh kendaraan karena mempunyai ketahanan yang kuat apabila dibandingkan dnegan material jenis lainnya. Selain itu, material ini juga mempunyai kelebihan lain seperti kemudahan dalam pemasangannya. Sehingga sangat cocok untuk bahan konstruksi yang memerlukan penggantian bahan secara berkala.
  2. Haxagon (Paving Block Segi Enam)
    Material ini merupakan model yang mempunyai desain unik. Tidak heran apabila bahan ini sering digunakan untuk konstruksi pada trotoar dan jalan di perumahan. Tidak hanya itu, bahan hexagon ini juga tidak kalah kuatnya dengan model bata.
  3. Trihex (Paving Block Tiga Berlian)
    Model selanjutnya adalah bahan trihex yang mempunyai nilai seni tinggi. Tak jarang material ini digunakan untuk hiasan dalam susunan paving pada trotoar atau jalan lokasi perumahan.
  4. Paving Block Topi Uskup
    Perlu Anda ketahui bahwa material yang selanjutnya ini merupakan material yang menyerupai bentuk topi. Biasanya sering digunakan untuk penutup samping sunanan paving lainnya agar menghasilkan sisi jalan paving yang lurus dan tidak terdapat tuang yang kosong.
  5. Paving Block Zig-zag
    Istilah lain dari material ini adalah paving block cacing. Keunggulan dari menggunakan material ini adalah Anda hanya membutuhkan lebih sedikit per m persegi apabila dibandingkan dengan model lainya. Selain itu, model ini juga mudah untuk mengatur pola konstruksinya sehingga jalanan terlihat lebih unik, indah, dan aestetika.

Cara Membuat Paving Block dari Sampah Plastik

Pembuatan paving tidak selalu menggunakan semen. Anda bisa membuat kreativitas dari dari sampah plastik. Berikut langkah-langkah cara membuatnya:

  1. Langkah pertama adalah menghancurkan atau mencacah sampah plastik non ekonomis dan sterofoam. Perlu menjadi catatan bahwa satu buah material paving membutuhkan 7 kilogram sampah plastik.
  2. Setelah alat pelebur dipanaskan, Anda dapat melebur dan mencampur dengan pasir dengan komposisi 30:20:60 pada suhu antara 100 hingga 150 derajat celcius selama 30-45 menit.
    Pasir ini berfungsi sebagai pemberat plastik, agar saat terkena atau terendam air tidak mengambang.
  3. Setelah bahan tersebut melebur, masukkan ke dalam cetakan.

Keuntungan dari paving block plastik dinilai lebih kuat dan lentur. Hal ini karena massa jenis plastik yang fleksibel dan mudah dibentuk. Produk ini juga lebih awet karena tidak mudah terkikis air dan daya tekannya dapat mencapai 20 hingga 30 ton.

Demikian ulasan kami tentang kelebihan paving block untuk penutup tanah pekarangan rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membca artikel terkait kami tentang contoh-contoh motif teras rumah minimalis di link 10 contoh motif teras rumah minimalis bermacam bahan, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL260421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *