Partisi Rumah Minimalis, Solusi Pengganti Sekat Dinding yang Fleksibel

Partisi rumah minimalis umumnya digunakan sebagai pemisah ruang yang dibuat secara tidak permanen. Rumah minimalis sendiri banyak digemari karena memiliki konsep hunian yang sederhana dan fungsionalis. Namun kelebihan dari rumah minimalis tak bisa kita dapatkan apabila kita tidak mampu menata interiornya dengan benar.

partisi rumah minimalis, partisi rumah minimalis modern, partisi rumah minimalis mungil, sekat ruang minimalis
partisi lipat untuk rumah minimalis- diminimalis.com

Prinsip Dasar Partisi Rumah Minimalis

Membagi ruangan menjadi beberapa bagian, merupakan hal yang jamak dilakukan oleh pemilik rumah minimalis. Namun yang harus diperhatikan disini adalah aspek efektifitas untuk tidak menerapkan pembatas permanen, sehingga apabila suatu saat kita membutuhkan ruangan yang lebih luas untuk sebuah acara, kita tinggal melepas sekat semi permanen yang ada di antara tersebut.

Maka dibandingkan dengan dinding permanen, partisi bisa membagi dua ruang atau lebih dengan masing-masing fungsi dan keduanya bisa disatukan kembali dengan manakala dibutuhkan.

Maka pemisah ruangan yang paling ideal untuk interior rumah minimalis adalah partisi yang bisa dipasang atau dipindahkan sesuai kebutuhan. Bentuk partisi rumah minimalis ada bermacam-macam, misalnya partisi berupa susunan bidang yang bisa dilepas dan dipasang kembali atau pintu lipat yang menggunakan roda atau rel. Kemudian ada juga partisi yang bersifat portable sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindah. Bentuknya bisa berupa pintu lipat, atau bidang yang disusun tanpa lipatan.

Dibandingkan dengan dinding, pemisah yang terbuat dari partisi portable punya beberapa kelebihan, yaitu bisa dipindah. Ada juga yang memfungsikan partisi sebagai media untuk memajang hiasan dengan bentuk seperti rak atau lemari besar tanpa pintu. Partisi rumah minimalis dengan desain yang sederhana bisa digunakan untuk ruangan dengan banyak furniture. Partisi-partisi tersebut umumnya terbuat dari bahan kain, kayu, rotan, kaca maupun plastik.

Persiapan Penting Sebelum Memasang Partisi Rumah Minimalis

Mungkin dalam benak Anda cukup mudah saat akan membuat partisi rumah. Tinggal menelepon tukang, konsultasi, lalu dikerjakan. Padahal sebelum sampai ke sana, Anda sebagai pemilik rumah perlu untuk menyiapkan berbagai hal, diantaranya:

1. Estimasi Budget

Anggaran untuk partisi rumah minimalis mungkin nominalnya tidak terlalu banyak, namun sering kali diremehkan. Dalam prakteknya, meski biayanya tidak sebesar membuat kolam renang,  Anda tetap harus menyiapkan budget yang cukup. Terutama jika Anda ingin membuat sekat ruangan dari bahan selain tembok. Jangan sampai projek partisi Anda mandeg hanya karena kekurangan budget. Sebaiknya, buatlah estimasi anggaran yang dibutuhkan secara cermat agar tidak ada kebutuhan sekecil apapun yang luput dari perencanaan.

2. Referensi Desain

Fungsi utama partisi memang sebagai pemisah antar ruang. Namun banyak orang yang tidak hanya sekedar mengutamakan fungsi dasarnya saja. Partisi kini sudah bergeser fungsi dengan adanya tambahan fungsi estetis yaitu mempercantik interior.

Oleh karenanya, akan jauh lebih baik bila Anda mencari berbagai referensi desainnya terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya. Setiap material partisi memiliki karakter berbeda-beda. Anda harus detail saat memadukannya dengan elemen interior lainnya agar terlihat serasi dan elegan.

3. Mengenal Jenis-jenis Material Sekat Ruangan dan Plus Minusnya

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk partisi, diantaranya:

  • Kayu

Partisi dari material kayu biasanya didesain agar bisa dibongkar pasang (portable). Ukuran partisi dari kayu dapat disesuaikan dengan interior rumah. Keuntungan menggunakan partisi kayu ialah ketika akan lama tidak digunakan, Anda dapat melipat dan menyingkirkannya secara mudah.

  • Kaca

Partisi dari bahan kaca adalah pilihan terbaik untuk rumah minimalis. Sebab, kaca akan membuat rumah terkesan luas meski sebenarnya dibatasi. Idealnya, bahan kaca yang dipakai untuk penyekat ruangan memiliki ketebalan minimal 10 mm. Hal ini agar kaca tersebut tidak mudah pecah ketika mengalami benturan atau getaran.

  • Fiber

Popularitas material fiber untuk membuat partisi rumah tidak perlu diragukan lagi. Selain kuat, fiber juga memiliki variasi motif dan warna yang sangat menarik. Interior rumah minimalis Anda akan terlihat semakin cantik dengan kombinasi pintu fiber yang serasi.

  • Bambu

Material bambu sebagai bahan partisi sendiri identik dengan kesan natural. Kerapatan susunannya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan/selera. Untuk hasil terbaik, adopsi bambu berkualitas bagus dengan finishing mengkilap.

4. Menentukan Lokasi pemasangan partisi dengan Tepat

Penentuan lokasi pemasangan partisi ruangan tidak boleh sembarangan. Penting untuk mengidentifikasi fungsi ruangan yang akan dipartisi terlebih dahulu sebelum menentukan titik sekat. Hal ini agar jangan sampai ada ruangan yang terlalu sempit atau terlalu besar (tidak proporsional) karena letak sekat yang kurang tepat. Hal ini wajib sekali diperhatikan utamanya bila Anda akan membuat partisi permanen yang mana tidak bisa bisa dibongkar pasang.

5. Melakukan Finishing dengan baik

Hal lain yang tidak boleh diabaikan soal partisi rumah minimalis adalah finishing. Pentingnya memperhatikan metode finishing ialah berkaitan dengan tampilan dan keawetannya. Mulai dari pemilhan warna cat hingga pemolesan.

Anda bisa memilih warna cat finishing senada dengan nuansa interior rumah. Bila sempat, tentukan sistem pencahayaan yang tepat untuk menyempurnakan display penyekat ruangan. Nuansa interior dijamin akan tetap harmonis tanpa terganggu oleh keberadaan penyekat ruangan.

Partisi rumah minimalis merupakan solusi yang menggantikan sekat dinding permanen

partisi rumah minimalis, partisi rumah minimalis modern, partisi rumah minimalis mungil, sekat ruang minimalis
partisi dari kaca untuk memisahkan ruang dapur dengan ruang tengah – diminimalis.com

Untuk hunian minimalis sebaiknya memilih partisi jenis folding door (pintu lipat) dari bahan kayu yang memiliki lebar sekitar 50 cm dengan tinggi 1.75 m. Sedangkan bagi mereka yang mempunyai hunian dengan atap yang tinggi, bisa memilih pembatas ruangan yang terbuat dari alumunium yang sudah di lapisi dengan busa, hal ini bertujuan agar suara yang di timbulkan dari ruangan tersebut tidak memantul kemana-mana.

Demikian ulasan kami tentang manfaat partisi rumah minimalis yang bisa Anda terapkan di hunian Anda. Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang contoh model partisi rumah untuk tambahan referensi. semoga bermanfaat. (ls) editted by RN13022020


Comment