by

Ternyata Beginilah Cara Aman Nonton TV Saat Hujan

Nonton TV saat hujan kadang menjadi hal yang menyenangkan sebab mungkin jadi satu-satunya pilihan karena beberapa aktivitas tertunda.

meski menyenangkan, Anda tetap harus berhati-hati karena TV yang menyala saat hujan berpotensi tersambar petir.

Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa tips agar aman menonton TV saat hujan.

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Menonton TV saat hujan ada bahayanya – Diminimalis.com

Nonton TV Saat Hujan, Apa saja Tips Amannya?

Tahukah Anda bahwa sebenarnya menonton TV di saat hujan memiliki resiko tersendiri bagi keselamatan Anda dan keluarga?

Saat hujan turun, tidak jarang ada petir bukan? Petir inilah yang menjadi permasalahan utama ketika menonton TV.

Perangkat TV di rumah biasanya dilengkapi dengan antena untuk memperoleh sinyal dari saluran TV. Antena ini umumnya dipasang di luar rumah dengan posisi yang tinggi supaya bisa mendapatkan sinyal dengan lebih kuat.

Antena luar ini bisa menimbulkan bahaya ketika terjadi hujan disertai petir. Anda perlu mengetahui beberapa cara aman menonton tv ketika hujan supaya dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Antena TV bisa dengan mudah tersambar petir jika posisinya dipasang terlalu tinggi di atas rumah. Semakin tinggi posisinya, akan semakin mungkin jika antena Anda menjadi objek sambaran petir.

Petir yang menyambar antena membuat aliran listrik dihantarkan melalui kabel dan sampai pada TV di dalam rumah. Orang yang berada dekat dengan TV bisa ikut tersambar jika aliran listrik yang mengalir cukup besar. Hal ini tentu berbahaya bagi Anda dan keluarga.

5 Tips Aman Nonton TV Saat Hujan

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Hal ini tepat jika dikaitkan dengan permasalahan keamanan menonton TV dalam kondisi hujan. Sebelum terjadi hal-hal yang merugikan, sebaiknya perhatikan beberapa tips aman nonton TV saat hujan petir berikut ini:

1. Jangan pasang antena rumah pada posisi yang terlalu tinggi

Perhitungkan dengan cermat posisi Anda dalam memasang antena TV. Perhatikanlah lingkungan sekitar, apakah ada objek lain yang posisinya lebih tinggi dari posisi Anda memasang antena.

Jangan jadikan antena Anda sebagai objek tertinggi di lingkungan sekitar rumah karena akan meningkatkan resiko antena Anda menjadi sasaran utama sambaran petir.

2. Gunakan antena dalam (indoor)

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Gunakan antena dalam untuk meminimalisir resiko TV tersambar petir – Diminimalis.com

Sebagai alternatif lain, Anda bisa memilih antena indoor yang bebas serangan petir. Tips aman nonton TV saat hujan dengan antena dalam ini memang relatif lebih aman. Namun biasanya kemampuan menangkap sinyalnya kurang begitu kuat.

Kualitas gambar yang dihasilkan antena dalam biasanya tidak sebagus penggunaan antena luar, namun tetap bisa menjadi alternatif yang tepat di kala hujan.

3. Pasang penangkal petir

Tips aman nonton TV saat hujan dengan penangkap petir ini juga cukup efektif. Fungsi penangkal petir ini salah satunya untuk melindungi barang elektronik di rumah dari resiko sambaran petir.

Antena sebaiknya dipasang dengan tiang yang memiliki penangkal petir. Jika terjadi sambaran petir pada antena, penangkal petir ini akan terlebih dahulu menyerap aliran listrik sebelum aliran listrik ini mengalir melewati kabel sampai ke perangkat TV.

Resiko kerusakan TV dan kecelakaan penghuni rumah bisa berkurang dengan penggunaan perangkat ini.

4. Memilih bahan tiang antena yang tepat

Biasanya orang menggunakan kayu atau bambu panjang sebagai tiang penyangga antena TV. Penggunaan jenis material isolator ini tidak bisa mengalirkan listrik dan justru memungkinkan aliran listirk dari petir langsung merambat ke dalam rumah melalui kabel TV.

Anda bisa menggunakan tiang berbahan logam yang jauh lebih kuat. Tiang logam ini bisa mengalirkan aliran listrik dari petir dan langsung menghubungkannya ke tanah.

Mekanisme ini bisa mengurangi potensi aliran listrik langsung mengenai kabel antena dan dialirkan sampai ke dalam rumah Anda.

5. Tempatkan TV pada jarak yang cukup jauh

Tips aman nonton TV saat hujan disertai petir selanjutnya adalah dengan meletakkan kursi atau tempat menonton dengan jarak yang cukup jauh dari TV.

Hindarkan anak-anak dari menonton TV terlalu dekat untuk mencegah hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Selain itu, jangan pula menempatkan barang-barang yang mudah terbakar di sekitar TV.

6. Segera perbaiki jika muncul kebocoran atap di sekitar lokasi TV

Atap yang bocor harus segera ditangani agar tidak meluas. Jika posisi TV di rumah Anda terkena rembesan air dari atap maka resiko terjadi korsleting listrik menjadi semakin besar.

Korsleting ini bisa merusak TV Anda dan bisa juga membahayakan orang di sekitar jika TV sampai meledak atau terbakar. Jika TV terlanjur basah, tunggu sampai TV benar-benar kering sebelum mengambil langkah perbaikan.

7. Matikan TV dan cabut semua kabel listrik dan antena

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Jika kondisi hujan terlalu ekstrim, matikan TV dan cabut steker listriknya – Diminimalis.com

Jika kondisi petir yang menyambar cukup besar, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah berhenti menonton TV dan mencabut semua kabel listrik dan kabel antena yang melekat.

Cara ini merupakan solusi yang paling tidak berisiko. Selain TV, Anda juga sebaiknya mencabut kabel listik dari peralatan elektronik lainnya untuk memutus semua aliran listrik.

Langkah preventif tadi dapat sangat membantu memberikan rasa aman bagi Anda dan keluarga agar terhindar dari sambaran petir. Selalu utamakan keselamatan dibandingkan kesenangan Anda menonton TV. Semoga tips aman nonton TV saat hujan ini bermanfaat untuk Anda sekeluarga.(us) -editted by RN15032019

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.