Masalah Seputar Nat Keramik pada Lantai Rumah Minimalis dan Solusinya

Nat merupakan garis pertemuan antara dua atau lebih material balok keramik/sejenisnya. Nat keramik sendiri mudah dijumpai pada ubin lantai ruangan rumah atau kamar mandi.

Keberadaan nat keramik sering terabaikan lantaran memang kurang terlihat secara visual. Padahal, jika mau diperhatikan dengan baik, justru keberadaannya bisa menjadi penunjang keindahan lantai sebuah rumah.

Ukurannya memang kecil dengan lebar kurang dari 1 centi meter, namun dengan panjang sesuai dengan ukuran keramik maka jelas perlu untuk tidak diabaikan begitu saja. Nat yang banyak kita jumpai pada rumah-rumah juga tidak luput dari berbagai masalah. Misalnya nat rusak karena lubang semut, retak, atau tidak rajin saat pemasangan awal.

Dengan adanya potensi kerusakan pada nat, sudah sebaiknya perlu ada perawatan ekstra agar tetap keawetannya terjaga dengan baik. Sekarang sebelum kita bicara soal bagaimana membersihkan nat, kita cari tahu dulu apa saja masalah yang sering terjadi pada keramik.

Nat keramik yang berukuran kecil dan terletak di bawah menjadikannya jarang mendapat perhatian. Nat pada lantai ataupun dinding keramik memang dianggap hanya sekedar pelengkap saja oleh kebanyakan orang. Padahal, jika berpikir di luar kebiasaan, nat juga bisa dimanfaatkan untuk menambah indah tampilan lantai ataupun dinding rumah minimalis Anda. Nat yang umumnya hanya berwarna biasa saja atau netral, akan bisa menunjang keindahan lantai jika dibuat dengan pewarnaan yang berbeda.

Nat keramik
Nat pada lantai kamar mandi – diminimalis.com

Manfaat Memiliki Nat Keramik yang Cantik

Warna nat keramik yang digunakan di setiap rumah biasanya berbeda-beda tergantung selera pemiliknya. Namun, warna yang paling banyak digunakan adalah warna putih/abu karena yang paling gampang dan sesuai dengan warna keramik pada umumnya.

Selain itu, warna putih juga akan mengesankan bersih pada setiap garis pertemuan nat dan menjadikan detail motif dan teksturnya menjadi lebih jelas terlihat. Meski bagus secara tampilan, nat juga perlu perawatan tertentu agar tetap awet dan tahan lama.

Keuntungan dari mewarnai nat keramik dengan warna tertentu yang sesuai keinginan adalah lantai atau dinding keramik tidak hanya sekedar tambahan biasa saja. Namun mampu menghadirkan nuansa estetika yang lebih. Ruangan akan nampak lebih enak dilihat jika lantai dengan nat keramik yang ada juga mendukung.

Cara Mudah Membersihkan Nat Keramik

Nat yang sudah lama dibiarkan begitu saja biasanya akan kotor bahkan bisa rusak dan retak. Terutama, nat keramik pada kamar mandi yang mana sering terkena air sehingga kebanyakan akan mengalami kebocoran.

Potensi kebocoran akan semakin besar jika Anda tidak membersihkan dan merawatnya dengan benar. Jika warna dasar nat yang Anda miliki berwarna hitam mungkin tidak akan terlalu terlihat kotor. Beda lagi jika warna putih yang Anda pilih maka biasanya akan terlihat sangat kotor.

Anda tidak usah buru-buru mengganti nat lama dengan yang baru agar terlihat baru lagi. Sebab, Anda hanya perlu membersihkannya dengan cara yang tepat dan hasilnya akan bisa terlihat seperti baru lagi. Anda bahkan tidak perlu memanggil jasa pembersih profesional dengan biaya yang tidak sedikit.

Bisa kok Anda lakukan sendiri tanpa harus banyak keluar biaya. Mau tahu caranya? Mari simak ulasannya berikut ini.

Cara Termudah Membersihkan Nat Keramik dari Kotoran dengan Bahan Kimia

Cara yang paling mudah untuk membersihkan nat keramik adalah dengan cairan kimia siap pakai yang bisa Anda beli di toko. Namun, Anda juga bisa membuat cairan pembersih nat sendiri lho yang tentunya harganya lebih murah dengan hasil yang bisa dibilang tidak mengecewakan.

Anda bisa ikuti panduan kecil berikut ini untuk mendapatkan ramuan pembersih nat keramik yang efektif.

1. Siapkan bahan utama: cairan pemutih dan soda

Jika kedua bahan tersebut sudah siap, selanjutnya Anda hanya perlu mencampurkan cairan pemutih pakaian dengan soda. Perbandingannya, 3 bagian pemutih dengan satu bagian soda kue.

Membersihkan rumah
Membersihkan rumah dengan baking soda – diminimalis.com

2. Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta

Langkah selanjutnya ialah mencampurkan kedua bahan yang telah siap tersebut menjadi satu sehingga membentuk pasta dan siap digunakan.

3. Gosok seluruh bagian nat dengan sikat gigi bekas

Dengan menggunkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai, Anda bisa menggosok seluruh bagian nat yang hendak dibersihkan.

4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar kotoran lepas

Jika keseluruhan permukaan nat sudah Anda gosok, maka diamkanlah sebentar sekitar 10 hingga 15 menit. Ini bertujuan untuk memudahkan kotoran yang membandel untuk dengan mudah lepas dari sela-sela keramik.

Baca juga: Membuat Lantai Keramik Mengkilap Ternyata Semudah Ini, Coba Sih!

5. Terakhir, gunakan lap basah sebagai media pembersih penutup

Setelah dirasa sela-sela nat bersih dari kotoran, selanjutnya gunakan lap basah atau spon yang sudah Anda basahi dengan air sebagai pembersih. Anda akan melihat kembali putihnya nat keramik seperti halnya di awal saat baru pemasangab.

Sebagai tips terakhir, jangan lupa gunakan sarung tangan dan baju wearpack atau sejenisnya agar terhindar dari cipratan bahan kimia saat tengah membersihkan kotoran. Buka juga jendela ruangan rumah agar uap yang dikeluarkan oleh cairan pembersih bisa keluar bebas.

Meski sebenarnya membersihkan kotoran pada nat keramik itu sederhana, namun jika tidak dilakukan dengan prosedur yang benar, bisa saja malah akan menyulitkan Anda. Akhir kata, semoga ulasan singkat mengenai cara mudah membersihkan nat keramik di atas tadi bermanfaat untuk Anda ya. Salam diminimalis (am). Editted by RN16052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.