by

Tips Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Rembes Dan Bocor

Nat keramik kamar mandi meskipun terlihat kecil dan nampak hanya sebagai pelengkap saja namun memiliki peran yang cukup penting.

Nat keramik secara umum memang difungsikan sebagai penyambung dan penutup celah potongan atau sisi pertemuan keramik. Fungsinya bertambah lagi jika letaknya di area kamar mandi.

nat keramik kamar mandi
memperbaiki nat keramik kamar mandi – diminimalis.com

Pada area kamar mandi nat keramik harus tahan air dan tidak mudah rusak agar air yang mengalir di atasnya tidak rembes ke luar. Jika kamar mandi Anda terletak di lantai dua rembesan air tersebut tentunya bisa merusak plafon dan mengakibatkan air menetes.

Efek buruknya, kerusakan yang lebih parah bisa saja terjadi jika hal ini  tetap dibiarkan tanpa perbaikan.

Baca juga: Tips Kamar Mandi Sehat dan Nyaman Sepanjang Hari

Memperbaiki Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Kebocoran kamar mandi biasanya disebabkan oleh usia nat keramik yang sudah lama. Usia keramik yang sudah usang lama-kelamaan terkikis dan kemudian memunculkan celah yang menjadi jalan meresapnya air sehingga bocor.

Hal ini terjadi seringkali tidak hanya terjadi pada keramik kamar mandi saja tapi juga pada nat keramik lantai rumah.

Binatang cacing yang bersembunyi di celah-celah nat pun juga bisa menjadi penyebab atau turut memperparah kebocoran.

Di sisi lain, jika lantai dinding kamar mandi Anda masih baru tapi sudah rembes berarti kebocoran disebabkan oleh hal lain. Misalnya saja terjadi akibat pemasangan keramik yang salah atau pembuatan dak yang kurang benar.

Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru mudah saja caranya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak. Cara dengan mengetuknya mengggunakan punggung jari atau benda tertentu.

Jika keramik tidak menempel dengan baik maka terpaksa pembongkaran harus Anda lakukan. Namun jika diketuk terdengar berisi, Anda hanya cukup membersihkan nat pada area yang bocor.

Setelah keseluruhan nat Anda kerok hingga bagian dasarnya, langkah selanjutnya adalah membersihkan bekas nat tersebut hingga betul-betul bersih.

Campurkan air dan semen untuk membuat nat keramik tahan air ataupun dengan cat waterproof yang Anda kuaskan pada nat keramik. Biarkan cairan tersebut terbuka dalam beberapa menit hingga betul-betul meresap dan mengering sempurna.

Jika Anda sudah yakin lapisan semen atau cat waterproof tersebut telah mengering sempurna baru Anda isi nat menggunakan semen pengisi nat.

Setelah keseluruhan nat Anda tutup dengan sempurna sebaiknya jangan tunggu sampai mengering. Segera saja Anda bersihkan sisa semen yang meluber menggunakan lap basah ataupun spons yang sudah Anda basahi dengan air.

Jika Kebocoran Disebabkan Oleh Cacing dan Hewan Sejenisnya

Metode perbaikan nat di atas sebelumnya adalah untuk nat yang bocor disebabkan usia keramik yang sudah tua dan sebab lain.

Sementara itu jika kebocoran nat keramik kamar mandi terindikasi disebabkan oleh binatang seperti cacing maka penanganannya berbeda. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengusir cacing-cacing  tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan penambalan.

Caranya mudah saja Anda hanya perlu menyiram kamar mandi menggunakan air yang dicampur garam. Biarkan saja beberapa saat maka cacing-cacing tersebut  akan keluar sendiri dan mati.

Memilih Produk Pengisi Nat Keramik yang Terbaik

Harus dipahami bahwa pengisi nat keramik fungsinya hanya sebatas pengisi sela-sela antar keramik saja. Bukan sebagi perekat. Meski secara kasat mata terlihat seperti merekatkan antar keramik namun sesungguhnya tidak demikian.

Jika Anda membutuhkan pengisi nat untuk keramik kamar mandi atau ruangan lembab/basah lainnya, pilihlah yang memiliki kandungan polimer tinggi. Kandungan polimer pada bahan pengisi nat memiliki daya rekat yang kuat.

Selain polimer, biasanya bahan pengisi nat yang bagus juga mengandung pasir yang berkualitas. Pasir yang dipilih sebagai campurannya adalah jenis pasir silika, yang dikenal lembut dan bersih.

Jadi jika Anda menginginkan produk pengisi nat keramik yang berkualitas maka pilihlah bahan yang berpolimer tinggi.

Meski harganya relatif lebih mahal namun soal keawetan, bahan ini memberikan garansi yang cukup lama.

Perlu diketahui, umumnya pengisi nat berbentuk bubuk. Untuk mendapatkan pengisi nat yang pas, Anda harus mencampurkannya dengan cairan akrilik. Cairan ini berfungsi untuk memperkuat pengisi nat dan juga sangat cocok untuk keramik di area basah seperti kamar mandi.

Biasanya, pada tiap kemasan produk tercantum luas celah lantai yang bisa diisi. Jadi baca dan perhatikan teknis pengaplikasiannya agar kebocoran keramik nantinya bisa tertutupi dengan sempurna.

Tips Pengerjaan Nat Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Harga nat keramik memang bervariasi namun meski yang Anda beli sudah cukup mahal namun belum tentu menjamin hasil pengenatan yang bagus. Kuncinya ada pada bagaimana Anda mengaplikasikan pengisi nat tersebut dengan benar.

Berikut tips menambal keramik kamar mandi yang bocor dengan pengisi nat.

– Bersihkan celah nat dari kotoran atau sisa-sisa semen sebelum pengisi nat diaplikasikan
– Lap permukaan yang akan diberi pengisi nat dengan kain yang lembab. Tujuannya, agar cairan pengisi nat tidak mudah menguap.
– Gunakan alat/benda yang tipis untuk menekan nat agar kuat menempel pada celah.
– Segera bersihkan permukaan lantai dengan spons/kain lembab dari sisa-sisa pengisi nat sebelum terlanjur mengering.

Demikianlah ulasan kali ini tentang bagaimana tips terbaik mengatasi nat keramik kamar mandi yang rembes dan bocor. Semoga dengan langkah mudah ini kamar mandi yang Anda miliki terhindar dari kebocoran. Akhir kata, semoga bermanfaat, salam diminimalis (Editted by RN 09032019).


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.