Semudah Ini Mengatasi Nat Keramik Kamar Mandi Yang Rembes Dan Bocor

mengerok lantai - diminimalis.com

Nat keramik kamar mandi meskipun terlihat kecil dan nampak hanya sebagai pelengkap saja namun memiliki peran yang cukup penting. Nat keramik secara umum memang difungsikan sebagai penyambung dan penutup celah potongan atau sisi pertemuan keramik. Fungsinya bertambah lagi jika letaknya di area kamar mandi.

nat keramik kamar mandi
memperbaiki nat keramik kamar mandi – diminimalis.com

Pada area kamar mandi nat keramik harus tahan air dan tidak mudah rusak agar air yang mengalir di atasnya tidak rembes ke luar. Jika kamar mandi Anda terletak di lantai dua rembesan air tersebut tentunya bisa merusak plafon dan mengakibatkan air menetes. Kerusakan yang lebih parah tentu saja akan Anda dapatkan jika hal ini dibiarkan tanpa perbaikan.

Memperbaiki nat keramik kamar mandi yang bocor

Kebocoran kamar mandi biasanya disebabkan oleh usia nat keramik yang sudah lama terkikis dan kemudian memunculkan celah yang menjadi jalan meresapnya air penyebab bocor. Binatang cacing yang bersembunyi di celah-celah nat juga turut memperparah kebocoran. Namun jika lantai ataupun dinding kamar mandi Anda masih baru tapi sudah bocor berarti kebocoran terjadi saat pemasangan keramik atau dalam pembuatan dak.

Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru mudah saja caranya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak dengan cara mengetuknya. Jika keramik tidak menempel dengan baik maka pembongkaran harus Anda lakukan namun jika tidak Anda hanya cukup membersihkan nat pada area yang bocor.

Setelah keseluruhan nat Anda kerok hingga bagian dasarnya langkah selanjutnya Anda bersihkan bekas nat tersebut hingga betul-betul bersih. Campurkan air dan semen untuk membuat nat keramik tahan air ataupun cat waterproof yang Anda kuaskan pada nat keramik. Biarkan cairan tersebut hingga betul-betul meresap dan mengering sempurna.

Jika Anda sudah yakin lapisan semen atau cat waterproof tersebut telah mengering sempurna baru Anda isi nat tersebut menggunakan semen pengisi nat. Setelah keseluruhan nat Anda tutup dengan sempurna sebaiknya jangan tunggu sampai mengering segera saja Anda bersihkan sisa semen yang meluber menggunakan lap basah ataupun spons yang Anda basahi dengan air.

Namun jika kebocoran nat keramik kamar mandi disebabkan binatang cacing yang membuat lubang disela-sela nat maka Anda harus mengusir terlebih dahulu cacing-cacing tersebut sebelum melakukan penambalan. Caranya mudah saja Anda hanya perlu menyiram kamar mandi menggunakan air yang dicampur menggunakan garam biarkan beberapa saat maka cacing-cacing akan keluar sendiri dan mati.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi nat keramik kamar mandi yang rembes dan bocor. Semoga dengan langkah mudah ini kamar mandi yang Anda miliki terhindar dari kebocoran sehingga Anda bisa hidup dengan nyaman. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: kamar mandi sehat

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.