Sebagian orang sudah banyak yang mengenal mural sebagai penghias dinding. Dalam dunia desain, mural dinding kamar sudah seperti bagian dari karya seni yang banyak digemari. Selain ada wallsticker dan wallpaper nyatanya mural painting mampu memberikan kelebihan yang tidak biasa.

Beberapa kelebihan dari dinding yang diberi mural diantaranya adalah cocok untuk diusung di kamar anak-anak. Selain itu, mural juga semacam punya karakter tersendiri jika diusung pada kamar yang mendukung. Ruang tamu atau ruang keluarga jadi salah dua ruangan yang cocok untuk diaplikasikan desain mural.

Untuk ruang tamu jika merasa ragu untuk membuat desain mural sendrii sebaiknya sewa jasa desain profesional saja karena ruangan ini kerap dengan penyambutan terhadap tamu. Jika dibuat sebagai percobaan akan mengorbankan reputasi Anda sebagai tuan rumah.

Mengenal Desain Mural dan Kelebihannya

Saat ini mendesain mural dinding kamar bukanlah sekedar upaya sebagai hiasan saja, namun sudah seperti ajang untuk mengekspresikan sebuah seni. Lukisan mural berasal dari kata “murus” dalam bahasa latin yang memiliki arti lukisan di atas dinding.

Dalam pengertian kontemporer, mural adalah lukisan berukuran besar yang dibuat pada dinding interior, eksterior, langit-langit atau bidang datar lainnya. Secara ringkas dikutip dari Wikipedia, mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, yang bersifat permanen.

Adapun kelebihan mural sebagai penghias dinding kamar cukup banyak, diantaranya:

1. Banyak pilihan warna dan motif

Mural sendiri selalu bisa memberikan banyak pilihan warna dan motif. Untuk kamar anak, mural dengan desain yang childish berkarakter bisa menjadi kado tersendiri untuk buah hati Anda.

2. Mudah dipadukan dengan furniture simpel

Untuk mewujudkan desain rumah yang indah dengan mural dinding kamar, perpaduan perabotnya tidak terlalu banyak alias cukup simpel. Tambahan-tambahan furniture inilah yang akan menjadikan ruangan akan semakin sederhana namun tetap indah dipandang.

manfaat lukisan mural, cara membuat lukisan mural, lukisan mural rumah minimalis
Ide desain mural dinding kamar sebagai media berekspresi pemilik rumah – diminimalis.com

Mengaplikasikan Mural Dinding Kamar sebagai Sarana Mengekspresikan Diri

Aplikasi deco painting [mural] kadang sering dikesampingkan oleh sebagian orang, pasalnya sebagai penghias dinding, mural masih kalah pamor daripada wallpaper maupun wall sticker. Meski semuanya merupakan bagian dari elemen penghias dinding, namun masing-masing memiliki manfaat dan yang berbeda-beda.

Deco painting dinding dengan model mural ini dipilih karena manfaat psikologis dalam proses pengerjaannya. Di mata sebagain orang, membuat mural adalah bagian dari pembelajaran karakter.

Ini mirip sekali dengan kegiatan merangkai bonsai, dimana kita akan belajar sabar, memainkan perasaan dan harus mendapatkan hasil akhir yang indah di mata orang yang melihatnya. Inilah manfaat mural dibanding dengan penghias dinding lainnya yang masing-masing memiliki penggemarnya sendiri-sendiri.

Maka, mural sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari bangunan dalam elemen dinding. Dalam desain ruangan, dinding tidak lagi dipandang hanya sebagai pembatas ruang, atau sekedar unsur yang harus ada dalam bangunan rumah atau gedung. Saat ini peranan dinding juga dipandang sebagai media untuk memperindah ruang.

Kombinasi warna yang tepat untuk deco painting

Mural deco painting, lukisan mural, lukisan mural rumah minimalis, lukisan mural dinding minimalis
Kombinasi warna mural dinding kamar yang tepat – diminimalis.com

Rumah minimalis memang memerlukan kombinasi warna cat yang tepat, karena akan dapat mempertegas kesan rumah minimalis yang Anda miliki, sehingga setiap detail bangunan rumah akan terlihat jelas. Namun mengaplikasikan pilihan warna cat rumah juga tidak mudah, apalagi saat menentukan warna cat dominannya. Biasanya hal yang lebih membingungkan adalah cara mengkombinasikan dua jenis warna atau lebih.

Maka dari itu akan lebih baik jika Anda mulai merencanakan bagaimana mengkombinasikan warna yang cocok untuk rumah Anda. Untuk bangunan dengan gaya kontemporer minimalis, relatif lebih banyak pilihan warnanya, mulai dari warna pop sampai warna gelap dan juga cerah. Sedangkan untuk rumah dengan ukuran sedang dan kecil, sangat disarankan untuk memilih dan mengkombinasikannya dengan warna-warna yang cerah.

Demikian ulasan kami tentang ide desain mural dinding kamar sebagai sarana mengekspresikan diri. Anda bisa bereksperimen dengan banyak warna dan moti. Selagi berprinsip dengan perpaduan warna yang pas, kami yakin hasilnya akan memuaskan meski Anda lakukan sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (ls) editted by RN30042021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *