Saat ini model atap rumah minimalis semakin mengalami perkembangan dengan berbagai trend yang beragam. Semakin banyak orang yang memilih untuk membangun rumah dengan desain minimalis, membuat para konseptor desain membuat inovasi jenis atap rumah yang tepat untuk diaplikasikan pada desain rumah minimalis. Pasalnya tidak semua jenis atap bisa diterapkan pada rumah minimalis, dengan alasan itulah kini muncul beberapa contoh desain atap yang sesuai dengan desain minimalis, sehingga lebih pas dan tepat untuk di gunakan.

Model Atap Rumah Minimalis yang Cocok untuk Anda

model atap rumah minimalis, model atap rumah minimalis tampak depan, model atap rumah bagian depan
Atap rumah model pelana – diminimalis.com
Model atap rumah khusus untuk desain minimalis bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Ketika memilihnya, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan untuk rumah minimalis Anda. Atap yang berkualitas merupakan salah satu komponen penting untuk melindungi dan memberikan kenyamanan pada sebuah hunian. Untuk itu, atap rumah perlu disesuaikan dengan desain rumah, iklim dan lingkungan sekitar rumah Anda berada. Di bawah ini adalah beberapa jenis atap yang cocok untuk digunakan pada desain rumah minimalis.

Atap Datar

Atap datar termasuk jenis atap rumah yang proses pembuatannya mudah karena sangat sederhana. Desain ini biasanya di buat dengan berbagai jenis material seperti beton bertulang, seng tebal dan lain sebagainya. Namun jenis atap ini lebih rentan bocor karena bentuknya yang datar sehingga dapat mengakibatkan genangan air saat hujan. Bila Anda memilih menggunakan atap model ini, alangkah baiknya Anda membuat sistem drainase yang bagus untuk menghindari luapan air yang dapat masuk ke dalam rumah minimalis Anda.

Atap Sandar

Untuk atap jenis sandar biasanya digunakan untuk menaungi bangunan tambahan pada sebuah rumah seperti emperan atau garasi. Bangunan dengan atap sandar akan banyak Anda temukan di daerah dekat pantai yang memiliki tingkat hembusan angin yang cukup tinggi.

Atap Pelana

model atap rumah minimalis, model atap rumah minimalis tampak depan, model atap rumah bagian depan
Atap model sandar pada rumah minimalis – diminimalis.com
Atap jenis ini adalah jenis atap yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan desain berbentuk seperti huruf “V” terbalik, sangat pas jika di terapkan pada desain rumah minimalis atau rumah bergaya tradisional.

Atap Daco Lanang

Model atap rumah minimalis jenis ini merupakan konsep double roof yang memberikan tampilan dua bangunan terpisah. Temboknya dapat Anda gunakan batu bata merah yang kemudian disusun menyatu untuk menjadi tanda bahwa rumah dirancang dengan langit-langit yang tinggi.

Atap Kayu

Selanjutnya, model atap rumah minimalis yaitu atap dengan kayu. Anda yang menyukai aksen dengan kayu berkualitas tinggi sangat direkomendasikan untuk menggunakan atap miring kayu. Ukuran balok atau papan yang dibangun sangat perlu untuk disesuaikan dengan luas area yang akan digunakan. Atap ini menjadi sangat klasik dengan warna cat tua seperti cokelat pada rumah minimalis Anda.

Atap Beton

Anda menginginkan rumah dengan daya tahan yang tinggi dan terhindar dari berbagai macam gangguan? Anda dapat menggunakan model atap ini. Atap beton mempunyai daya tahan yang tidak diragukan lagi. Model ini disusun untuk rumah tingkat yang kemudian atap diletakkan miring. Alhasil, bangunan akan terbentuk simetris yang kemudian menyatu dari sisi bangunannya.

Atap Miring Seluncuran

Model selanjutnya adalah rumah atap yang miring seperti seluncuran. Bagian permukaannya memanjang sampai ke bawah hingga hampir menyentuh tanah. Dilihat dari samping, atap ini menampilkan ilusi yang membentuk mirip dengan seluncuran berukuran besar. Apabila terjadi kebocoran pada atap, Anda tidak perlu lagi repot menggunakan tangga karena bisa langsung naik ke atas.

Atap Arsitektur Residential

Hunian dengan model residential akan menciptakan kesan yang mewah dan kokoh secara bersamaan. Model atap rumah minimalis yang satu ini sangat ideal dan lumrah diterapkan pada area tropis yang ingin memaksimalkan sirkulasi udara dengan cara membuat langit-langit yang tinggi.

Atap Perisai

Atap perisai bisa disebut juga dengan atap limas. Model atap ini terdiri dari empat buat bidang yang terpasang dengan bentuk segitiga dan sepasang trapesium. Atap ini mempunyai kelebihan ini yaitu dapat memberikan perlindungan yang menyeluruh sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik. Anda bisa menggunakan cat cokelat untuk menambah kesan estetik pada rumah.

Atap Gergaji

Model selanjutnya adalah model atap yang mirip dengan gergaji. Apabila di lihat dari jauh, model atap rumah minimalis ini memang sangat mirip dengan gergaji atau berundak-undak. Atap rumah ini mempunyai desain bagian depan menggunakan atap datar. Kemudian baru bagian atap kedua dan seterusnya mempunyai kemiringan 30 sampai 60 derajat. Pada umumnya bangunan yang menggunakan model ini adalah perkantoran, pabrik maupun toko. Namun, tidak menutup kemungkinan atap rumah Anda juga menggunakan desain gergaji ini. Model ini dapat melindungi bagian dalam rumah dari sinar matahari langsung sehingga tidak akan terasa panas.

Atap Tenda

Atap tenda ini sangat unik karena terdiri dari empat bidang dengan kemiringan yang sama seperti tenda diperkemahan. Pada umumnya atap jenis ini digunakan pada rumah yang berbentuk persegi. Untuk menambah estetika rumah Anda, dapat diberikan jendela kecil yang agak menonjol pada salah satu bidang miringnya.

Atap Gambrel

Model atap rumah minimalis selanjutnya adalah atap gambrel ini biasa disebut dengan Dutch Roof (Atap Belanda) di negara Amerika Utara dan Inggris. Atap ini terdiri dari dua bidang dan masing-masing terdiri dari dua kemiringan pada setiap sisinya yaitu landai pada bagian atas sedangkan bagian bawahnya curam. Desain ini sangat jarang digunakan di Indonesia, namun masih bisa dilihat pada rumah peninggalan zaman kolonial.

Atap Mansard

Atap mansard merupakan model atap rumah minimalis yang banyak digunakan di negara Perancis. Atap jenis ini merupakan perpaduan dari atap gambrel dan atap perisai. Model ini terdapat empat bidang curam yang saling bertemu di bagian puncak kemudian membentuk atap perisai. Rumah ini mempunyai tampilan yang sangat cantik dan fungsional. Pada bagian atapnya juga curam yang membentuk ruang kosong di bagian atasnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur.

Atap Kupu-kupu

Atap jenis ini merupakan jenis ini adalah kebalikkan dari atap pelana. Atap ini mempunyai dua bagian yang lebih tinggi bagian tepi dan curam di bagian puncaknya. Model ini dapat Anda gunakan juga untuk mengumpulkan air hujan di bagian puncak (tengah). Kemudian air tersebut dapat Anda gunakan untuk mengisi air kolam atau mencuci.

Atap Skillion

Atap ini juga bisa disebut sebagai atap gudang. Atap jenis ini mempunyai atap tunggal yang miring dan biasanya menempel pada dinding yang lebih tinggi. Atap ini biasanya digunakan untuk tambahan rumah, gudang, dan beranda. Namun, saat ini digunakan untuk struktur rumah bergaya modern. Atap ini menggunakan bahan yang mudah dirakit dan bahan bangunannya lebih sedikit dari jenis atap lainnya. Demikian ulasan kami tentang model atap rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang atap asbes untuk rumah minimalis? Kenali kelebihan dan kekurangannya !, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL260221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *