Ide Merenovasi Kamar Minim Budget Bisa Anda Terapkan dengan Cara Ini

Menyulap kamar tidur menjadi lebih dari sekedar tempat beristirahat memang terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada banyak hal yang mesti Anda pertimbangkan mulai dari pemilihan furniture hingga penataannya. Jika sudah terlanjur didesain seperti yang ada saat ini, pertanyaannya adalah apakah Anda siap merenovasinya?

Untungnya, ada banyak ide yang bisa diterapkan jika Anda ingin merenovasi kamar minim budget. Salah satunya dengan mengatur apa-apa yang kurang dan berlebih. Berprinsiplah untuk membuatnya nyaman. Sebab, kalau sekedar berorientasi pada keindahan, bisa jadi banyak furniture yang ingin Anda masukkan.

Sebelum kita bedah lebih jauh soal ide apa yang bisa diterapkan ketika hendak merenovasi kamar tidur, ada baiknya Anda pahami konsep dasar kenyamanan ruangan yang satu ini. Anda akan tahu apa yang kami maksud setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Pentingnya Merenovasi Kamar Tidur Agar tidak Monoton

Selain sebagai tempat istirahat, tak jarang juga kamar tidur dipakai untuk belajar, kumpul bersama teman dan lain sebagainya. Demi kenyamanan, sebaiknya beri perlengkapan dan peabotan kamar tidur yang memadai.

merenovasi kamar minim budget , cara merenovasi kamar budget murah, renovasi kamar tidur ukuran kecil

Dengan cara yang tepat, merenovasi kamar bisa Anda lakukan tanpa biaya mahal – diminimalis.comNamun, jika dirasa sudah cukup lama dan terlihat membosankan, ide merenovasi kamar minim budget mungkin perlu dilakukan. Tidak harus menyiapkan dana besar untuk mewujudkan kamar tidur yang bagus. Sebab, prioritas utamanya adalah kenyamanan bukan kemewahan.

Anda bisa bereksperimen dengan menerakan banyak ide, namun cobalah untuk berprinsip ala desainer handal. Bisa jadi Anda hanya perlu mengamati sekitar kamar tidur Anda, lalu melakukan terobosan-terobosan tertentu untuk melakukannya.

Ide Merenovasi Kamar Minim Budget

Ada banyak ide sebetulnya yang bisa Anda terapkan guna membuat kamar tidur Anda nampak lebih indah dan nyaman. Salah satu tips merenovasi kamar minim budget bisa dimulai dengan merubah tatanan furniture. Jika ada yang kurang maka tambahi dan sebaliknya. Hal-hal berikut mungkin akan membantu memberi Anda gambaran lebih jauh dari mana Anda perlu memulainya:

Ubah Tampilan Dinding dan Penempatan Furniture Kamar 

Merubah tampilan kamar tidur tidak harus dengan membeli furniture yang baru.
Anda bisa memoles pada salah satu elemennya saja katakanlah misalnya bagian dinding. Pada bagian dinding kamar yang tadinya mungkin polos bisa Anda tambahkan wallpaper/wallsticker.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual wallpaper dinding dengan berbagai karakter gambar yang lucu dan menarik. Anda bisa memanfaatkan itu untuk merubah tampilan kamar tidur anda.

Atau kalau memang tidak tertarik dengan penambahan wallpaper dan sejenisnya, Anda bisa pilih opsi penggantian warna yaitu dengan mengecatnya.

Selain merubah tampilan dinding, Anda juga bisa merubah posisi penempatan furniture kamar tidur guna mendapatkan kesan tampilan yang baru. Misalnya tinggal ubah meja belajar yang tadinya menghadap ke sisi barat jadi ke timur dan sebagainya.

Warna gorden minimalis

mengganti gorden kamar dapat memberikan suasna baru di kamar Anda – diminimalis.com 

 

Tambahkan Gorden 

Ide lain yang bisa Anda terapkan saat hendak merenovasi kamar tidur adalah memperhatikan elemen pelengkap ruangan. Apa yang kurang tambahkan, dan yang terkesan berlebihan singkirkan saja demi kenyamanan.

Misalnya, bila jendela kamar anda belum dipasang gorden, maka sangat perlu kiranya ditambahkan gorden. Pilih motif gorden yang berwarna cerah agar secara psikologis mampu memberi pesan semangat. Bahkan, bila anda kreatif dan punya banyak waktu luang, anda bahkan bisa menjahit sendiri gordennya.

Baca: Tips Memilih Gorden untuk Rumah Minimalis Modern

Memasang Wallpaper Dinding Berkarakter 

Hampir mirip dengan ide pertama, jika dirasa sulit mengotak atik furniture karena mungkin merepotkan dan berpotensi berantakan. Lebih baik, gunakan ide ini sebagai cara merenovasi kamar minim budget. Pasang wallapper dinding dengan karakter yang bagus.

Anda tinggal beli, dan cari tutorial memasang wallpaper sendiri di internet. Produsen yang menyediakan wallpaper dinding dengan karakter tokoh kartun atau gambar pemandangan yang indah juga sudah banyak.

Lengkapi Tempat Tidur dengan Bedcover

Selanjutnya, Anda bisa memoles bagian ranjang dengan menambahkan bedcover. Perlengkapan penunjang pada tempat tidur seperti bantal dan bedcover akan memberikan kesan yang berbeda pada ruangan.

Meski kadang terlihat sepele, tempat tidur akan terlihat indah apabila dilengkapi dengan perlengkapan seperti yang sudah disebut tadi. Saat ini tersedia banyak jenis dan model bedcover yang bisa dipilih sesuai selera dan budget yang Anda miliki.

Kualitas yang tersedia juga bermacam-macam. Maka, pilihlah bedcover dengan kualitas yang bagus agar awet dan tahan lama. Tentu Anda tidak ingin bolak balik ganti bedcover kan?

Simpan Barang yang Sudah tidak Terpakai

Terakhir, ide merenovasi kamar minim budget mungkin bisa diterapkan hanya dengan bersih-bersih kamar. Ya, mungkin saja Anda hanya perlu menyingkirkan sesuatu yang keberadaanya justru mengganggu pemandangan dan kurang bermanfaat.

Misalnya, ada kardus yang berisi barang-barang yang jarang dipakai di meja atau atas lemari. Daripada membuat kamar tidur semakin sempit dan mengalihkan fokus lebih baik singkirkan.

Banyaknya kegiatan yang biasa dilakukan di kamar tidur membuat koleksi barang-barang jadi auto banyak. Maka dari itu, saat melakukan renovasi kamar anda perlu memilah dan memilih barang-barang tersebut. Untuk barang yang sudah tidak terpakai sebaiknya dikeluarkan saja dari kamar. Dengan begitu, kamar tidur akan terasa lebih lega.

Dengan setidaknya melakukan tips-tips di atas, Anda bisa mewujudkan keinginan merenovasi kamar minim budget versi Anda sendiri.

Sebagai tambahan, Anda bisa menambah keindahan ruang dengan ide hiasan handmade yang Anda buat dari bahan-bahan bekas. Misalnya, plafon kamar anda bisa dihias dengan berbagai model lampion yang indah agar romantis dan sebagainya. (ls) editted by RN08062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.