Tips Meredam Bising di Rumah yang Berlokasi di Pinggir Jalan

Banyak orang mudah terganggu dengan kebisingan dari luar yang masuk kedalam rumah. Jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa mengusahakan beberapa cara meredam bising di rumah dengan tips sederhana yang akan kita bahas kali ini. Kenapa ini penting? Tidak lain karena kenyamanan adalah hal utama yang jadi pertimbangan seseorang untuk betah stay di rumah.

Memang cara-cara ini nanti bukan jaminan 100 % untuk suara bising tidak masuk ke dalam rumah ya. Namun, setidaknya akan mengurangi volume yang muncul dan membantu kenyamanan telinga terutama saat waktunya istrirahat di rumah.

 cara meredam bising di rumah, cara membuat kamar menjadi kedap suara, cara membuat ruangan kedap suara dari luar, Manfaat memiliki rumah dekat jalan, Manfaat memiliki rumah pinggir jalan, Manfaat memiliki rumah di lokasi yang srategis, rumah di pinggir jalan, manfaat rumah di pinggir jalan, rumah minimalis di pinggir jalan
Tips meredam bising di rumah – diminimalis.com

Meredam Bising di Rumah yang Berada di Pinggir jalan

Memiliki rumah yang nyaman ialah impian semua orang, dan salah satu indikator kenyamanan adalah suasana yang tenang. Jika suara bising jadi masalah, ada kok beberapa cara meredam bising yang dapat Anda lakukan terlebih bagi Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan. 

Jadi bagaimana cara atau kiat terbaik untuk meredam bising di rumah yang lokasinya di pinggir jalan?

• Tanami tanaman di sekeliling rumah

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredam bising di rumah adalah dengan memanfaatkan fungsi pohon. Anda bisa  menanami rerumputan atau tanaman-tanaman kecil di dalam dan atau di luar pagar rumah minimalis Anda.

Selain memberikan kesegaran,  tanaman tersebut dapat berfungsi untuk meredam suara. Banyaknya kendaraan yang berlalu lalang tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda. Maka, kebisingan tersebut nantinya sedikit bisa diredam dengan adanya rerumputan dan aneka tanaman yang Anda tanami pada taman rumah minimalis Anda.

pagar kayu, pagar kayu minimalis, pagar rumah kayu sederhana
pagar dan rumput efektif untuk meredam bising di rumah dari jalanan – diminimalis.com

• Tambahkan pagar sebagai elemen eksterior rumah Anda

Pagar merupakan bagian penting dari rumah yang berada di pinggir jalan. Pagar memiliki peran penting dalam meredam kebisingan kendaraan bermotor. Pagar juga berperan penting untuk pada keamanan rumah minimalis Anda.

Karena pada dasarnya rumah yang berada di pinggir jalan lebih memiliki resiko keamanan yang lebih karena pelaku kriminal bisa dengan mudah mengakses jalan baik sebelum atau sesudah melakukan aksinya. Maka dengan adanya pagar, selain bisa meredam bising juga bisa menambah keamanan dan ketenangan bagi rumah Anda.

Untuk membuat pagar pilihlah bahan atau material yang bisa meredam suara seperti bahan beton dan juga kayu.

• Pengaturan posisi jendela tidak menghadap jalan

Selain pengadan pagar dan juga tanaman, peletakan jendela maupun ventilasi juga tidak kalah penting pengaruhnya untuk meredam kebisingan rumah yang berada di pinggir jalan. Usahakan jendela dan ventilasi rumah Anda untuk bagian yang bisa dibuka jangan diperbanyak terutama yang langsung menghadap ke jalan.  

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari polusi suara yang akan menyebabkan kebisingan. Selain itu, upaya ini juga bermanfaat untuk mengurangi  polusi udara yang masuk secara langsung ke dalam rumah. Bila dua masalah tersebut tidak diantisipasi, tentu saja hal ini dapat mengganggu kenyaman dan kesehatan keluarga Anda.

• Hindari menggunakan paving untuk eksterior kecuali area carport

Untuk bagian halaman Anda usahakan jangan menggunakan paving kecuali untuk alas carport dan lintasan menuju gerbang.  Mengapa demikian, karena paving sebenarnya dapat memantulkan suara, dan  membuat halaman Anda menjadi panas dan berdebu.

Bila paving tetap menjadi pilihan Anda, alangkah baiknya Anda menggunakan pavng blok yang bisa ditanami rumput di sela-sela sisinya, tentu saja hal ini ditujukan untuk meredam polusi dan suara bising dari luar.

• Jika bangun rumah dari nol, hindari terlalu dekat ke jalan

Bagi Anda yang memiliki lahan lebih luas, usahakan untuk bangunan itu lebih menjorok ke dalam, sehingga jarak antara jalan dengan rumah tidak terlalu dekat. Ini dilakukan untuk  meredam kebisingan akbiat sisi bagian depan rumah yang terlalu dekat dengan pinggir jalan.

Meskipun rumah di pinggir jalan itu lebih strategis dan juga bagus untuk usaha, tetapi masih saja banyak orang yang enggan memilikinya karena takut bising. Namun kehawatiran tersebut tidak lagi menjadi masalah ketika Anda dapat menerapkan tips dan cara meredam bising di rumah yang kami ulas di atas, semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN25062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.