Tips Merawat Pagar Kayu Rumah Minimalis Agar Awet dan Tahan Lama

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika pagar rumah Anda terbuat dari material kayu. Salah satu diantaranya adalah kesan teduh dan natural yang dibawa oleh material kayu itu sendiri. Meski bagus dan jadi pilihan banyak orang, sayangnya masih sedikit yang tahu bagaimana kiat terbaik merawat pagar kayu agar awet dan bertahan bertahun-tahun.

Jika Anda adalah salah satu yang baru pertama kali akan memasang pagar kayu di rumah baru Anda, sebaiknya pelajari strategi perawatannya.

Hal ini karena proses pemasangan pagar kayu sendiri tidak cukup mudah dan memakan biaya yang tidak sedikit terutama jika dari material kayu terbaik. Untuk itu, dengan tahu cara merawatnya maka akan lebih hemat dari sisi maintenance dan pergantiannya dengan yang baru.

Pada postingan kali ini, kami akan coba membantu menambah pengetahuan Anda soal bagaimana tips terbaik merawat pagar kayu. Kita akan mulai dari maslah yang sering timbul pada pagar berbahan kayu dan solusinya. Namun sebelum kesana, kita akan gali dulu apa saja kelebihan mengggunakan pagar dari material kayu pada rumah minimalis.

Alasan Kenapa Pagar Kayu Layak Dipilih

Beruntunglah Anda yang saat ini rumahnya sudah memiliki pagar dari kayu sebab tidak semua orang mau dan “berani” memasangnya. Selain karena biayanya sedikit mahal, juga merawatnya butuh strategi khusus.

Namun begitu bukan berarti pagar kayu itu mewah dan eksklusif. Ada banyak kok set pagar kayu yang murah namun tetap bagus untuk dipasang.

Bicara soal kelebihan material kayu sebagai pagar, ini tidak sedikit yang sebenarnya sudah paham. Namun kebanyakan kurang berani mengambil resiko, baik tanggungan biaya pembuatan maupun perawatan.

Jika menilik kelebihan yang dimiliki pagar kayu, sebenarnya alasan tersebut bisa langsung terbantahkan. Pagar sendiri merupakan salah satu furniture eksterior rumah yang berfungsi menambah nilai estetika. Rumah dengan pagar dari kayu sendiri jelas akan membuat tampilan hunian menjadi terlihat lebih natural dan berciri khas.

Keuntungan lain dari pagar kayu adalah memunculkan kesan yang lebih bersahabat. Berbeda dengan pagar dari tembok dan besi yang tampilannya kaku. Belum lagi jika dibuat dengan ukuran yang tinggi menjulang. Rumah tapi seperti pabrik saja.

Cara Merawat Pagar Kayu: Mengenali Masalah yang Sering Timbul dan Solusinya

Keindahan pagar dari material kayu menjadi patut di perhatikan karena ini merupakan elemen eksterior yang pertama kali dilihat orang dari sebuah rumah. Fungsinya yang juga untuk memperindah tampilan hunian, maka merawat pagar kayu menjadi sangat penting agar selalu fungsional tampak cantik.

Nah, namun sebelum membahas tips secara umum, yuk kenali dulu kira-kira apa saja yang sering jadi masalah pada pagar rumah berbahan kayu sekaligus solusi praktisnya seperti apa. Kita bahas satu-satu ya!

Serangan rayap

Rayap merupakan salah satu masalah utama yang sering menyerang struktur material kayu. Termasuk pagar rumah dari kayu jenis apapun juga tidak kalah rentan untuk diserang rayap.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan langkah pencegahan dengan mengaplikasikan bahan anti rayap dengan cara dioles atau sebagai campuran cat atau finishing lainya.

Selain itu, untuk perawatan berkala guna mengusir rayap, Anda bisa menggunakan bahan kimia anti rayap yang disemprotkan setidaknya setiap enam bulan sekali.

Warna mengusam

Paparan sinar matahari dan hujan bisa mengakibatkan warna pagar kayu lama-kelamaan menjadi kusam. Masalah ini memerlukan strategi merawat pagar kayu yang ekstra.

Untuk memunculkan kembali warna cerah pada pagar kayu, Anda bisa mengecatnya dengan cat biasa yang sudah dicampur dengan cairan anti rayap atau jamur. Selain itu, bisa juga dengan cara yang lebih mudah tanpa harus mengecat ulang, yaitu dengan mengoleskan produk perawatan khusus untuk kayu.

Permukaan menjamur

Masalah lain yang juga tak kalah sering timbul pada pagar kayu adalah munculnya jamur. Hal ini umumnya terjadi akibat material kayu yang terlalu sering lembab. Terutama saat musim hujan yang mana sering menjadi masalah besar bagi pagar luar rumah bermaterial kayu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan cara merawat pagar kayu paling simpel. Yaitu dengan mengecat permukaan pagar dengan menggunakan cat poles alami yang mengandung antiseptik dengan tujuan mematikan jamur agar tidak bisa tumbuh dan menyebar.

Merawat pagar kayu, tips Merawat pagar kayu, jenis-jenis pagar rumah
Tips merawat pagar kayu yang terawat dengan baik – diminimalis.com

Tips Efektif Merawat Pagar Kayu Rumah Minimalis

Keberadaan pagar dari material kayu memang memberikan tampilan eksterior rumah menjadi lebih cantik dengan sentuhan vintage yang klasik. Namun kecantikan itu tidak akan bertahan jika dibiarkan begitu saja. Anda perlu melakukan berbagai strategi merawat pagar kayu di rumah Anda tampak selalu indah dan awet.

Meski jenis kayu yang digunakan untuk membuat pagar bermacam-macam, mulai dari jati hingga kempas. Otomatis pagar kayu tersebut punya cara perawatan yang berbeda dari jenis pagar yang lain seperti dari besi dan aluminium. Sifat kayu yang lebih mudah keropos karena dimakan rayap dan rentan terhadap jamur membuatnya butuh strategi khusus untuk merawatnya.

Berikut ini beberapa informasi mengenai cara merawat pagar kayu agar awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

1. Pilih cat kayu khusus water based

Cat khusus yang dimaksud adalah yang tahan terhadap segala cuaca. Anda dapat menggunakan cat politur khusus eksterior untuk melindungi pagar dari sinar UV yang dapat membuat warnanya menjadi cepat pudar dan tidak tahan lama.

GunakanCat water based, karena umumnya menggunakan pengencer air yang sifatnya fleksibel terhadap perubahan suhu. Sehingga, pagar kayu dapat terlindungi dari pemuaian dan penyusutan serta tidak mudah retak

2. Gunakan bahan anti rayap

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pagar kayu rentan terhadap serangan rayap. Oleh karena itu, Anda harus memiliki langkah proteksi yang tepat agar pagar kayu Anda tidak cepat keropos. Anda bisa aplikasikan bahan kimia anti rayap sebelum melakukan proses finishing. Seperti sudah disinggung pada poin di atas sebelumnya, Anda bisa gunakan semprot anti rayap minimal setiap 6 bulan sekali.

pagar kayu, pagar kayu minimalis, pagar rumah kayu sederhana
Cara merawat pagar kayu dengan cairan anti jamu dan rayap- diminimalis.com

3. Aplikasikan cairan anti jamur

Sama halnya dengan rayap, jamur merupakan ‘musuh’ bagi pagar dari kayu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak jati atau teak oil agar pertumbuhan jamur bisa dicegah.

Jika pagar kayu sudah ditumbuhi jamur, maka Anda perlu menggunakan cairan khusus anti jamur. Caranya, bersihkan bagian kayu yang berjamur dengan ampelas. Lalu, oleskan cairan anti jamur dan tunggu sampai kering. Setelah kering, aplikasikan cat high gloss atau super gloss secara merata.

4. Gunakan pelapis atau obat untuk pagar kayu

Saat ini sudah banyak pelapis atau obat yang dijual di pasaran yang fungsinya untuk melindungi kayu dari kerusakan. Pelapis tersebut mampu melindungi kayu dari sinar matahari serta mencegah jamur yang hinggap pada permukaan kayu akibat suhu yang lembab

5. Gunakan lapisan anti rayap sebelum memoles cat

Anda perlu menambahkan lapisan anti rayap agar pagar kayu Anda awet dan tidak keropos dimakan rayap. Untuk perawatannya, Anda dapat menyemprotkan cairan pengusir rayap secara berkala setiap 6 bulan sekali.

6. Cat ulang pagar kayu yang sudah mulai kusam

Pagar kayu juga rentan terhadap warnanya yang mudah kusam dan memudar. Oleh karena itu, Anda perlu mengecatnya kembali. Caranya, amplas permukaan kayu terlebih dahulu hingga halus sehingga akan memudahkan dalam proses pengecatan.

Gunakan cat yang mengandung bahan anti rayap dan anti jamur sekaligus. Khusus cat solid, Anda perlu memberi dempul pada permukaan kayu yang retak sebelum mengecatnya.

Mungkin demikian dulu ya ulasan dari kami tentang tips merawat pagar kayu pada rumah minimalis Anda. Uraian di atas hanya opini dan arahan bersifat opsional, jadi jika Anda punya cara lain yang lebih efektif tidak ada salahnya dicoba. Semoga bermanfaat ya. (ls.) editted by RN09042021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.