Merawat Lemari Es dengan Benar Bisa Dilakukan dengan Cara Ini

lemari es yang terawat dapat melindungi makanan dari bakteri- diminimalis.com

Merawat lemari es atau kulkas merupakan pekerjaan yang harus dilakukan secara rutin. Bila hal ini tidak dilakukan, maka akan ada berbagai efek buruk pada jangka panjang. Karena kulkas merupakan tempat menyimpan makanan yang harus selalu kita jaga performanya.

 merawat lemari es, perawatan lemari es bari, cara merawat lemari es biar awet, cara merawat kulkas 1 pintu
lemari es yang terawat dapat melindungi makanan dari bakteri- diminimalis.com

Membersihkan kulkas tidak sama dengan membersihkan bagian lain di dapur, karena dan ada beberapa produk pembersih yang sebaiknya tidak digunakan. Termasuk juga terkait dengan caranya, kita tidak boleh asal-asalan memperlakukan kulkas tanpa prosedur yang benar saat membersihkannya. Demi kebaikan jangka panjang, kali ini Diminimalis akan ulas untuk Anda tentang cara membersihkan kulkas dengan baikdan benar.

Merawat Lemari Es dengan Baik dan Benar

1. Jangan membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama. Bila pintu kulkas terbuka terlalu lama, maka mesin akan bekerja sangat keras, sehingga kulkas akan cepat rusak.

Merawat Kulkas, Merawat Kulkas agar tidak bau, Merawat Kulkas saat mati lampu , Tips dapur sehat, tips membuat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, tips memilih peralatan dapur yang sehat, syarat dapur sehat
isi kulkas dengan kapasitas yang ideal -diminimalis.com

2. Jangan mengisi kulkas secara berlebihan. Muatan berlebih di dalam kulkas, akan membuat mesin bekerja lebih keras. Selain itu, mengisi kulkas secara berlebihan bisa membuat kulkas mengeluarkan aroma tak sedap.

3. Hindarilah kulkas dari sorotan sinar matahari langsung dan jangan dekatkan kulkas dengan benda-benda yang mengeluarkan panas. Jangan pula memasukan makanan atau minuman yang masih panas. Sebaiknya makanan dan minuman yang masih panas tersebut, didiamkan dulu hingga suhunya mendekati suhu normal, baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Aturlah temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan. Jangan menyetel dengan suhu yang terlalu dingin, karena hal ini bisa membuat mesin bekerja dengan ekstra dan akan menambah biaya listrik

5. Jangan membersihkan bunga es menggunakan benda tajam atau benda keras. Karena hal ini akan merusak sistem kulkas yang mengakibatkan pendingin kulkas tidak bekerja maksimal. Untuk membersihkan bunga es yang menempel, Anda tinggal matikan kulkas dan biarkan kulkas dalam keadaan terbuka, lalu tunggu hingga bunga es mencair.

6. Bersihkan kulkas secara rutin, terutama bagian kondensornya. Biasanya pada bagian tersebut banyak sekali debu yang menempel, debu tersebut bisa menghambat kinerja mesin kulkas.

7. Hindari menempatkan kulkas menempel langsung dengan dinding. Berilah jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding. Hal ini bertujuan supaya udara panas dari mesin kulkas bisa keluar dengan maksimal.

8. Jika terjadi pemadaman listrik, matikan kulkas dan jangan terlalu sering membukanya. Bila aliran listrik menyala kembali, biarkan dahulu selama 5 menit, baru kemudian dinyalakan. Hal ini untuk membiarkan kompresor benar-benar di-reset ke posisi awal, sebelum berjalan normal kembali.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat lemari es dengan baik dan benar, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.