Tips Terbaik Merawat Lemari Es Agar Awet

Punya lemari es di rumah bukan untuk sekedar mengawetkan bahan makanan atau minuman saja. Anda juga harus paham bagaimana merawat lemari es agar bisa awet bertahun-tahun. Melakukan perawatan dengan benar bisa menghindarkan Anda dari keperluan servis yang bisa saja memakan biaya banyak.

Nah, sekarang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menggunakan lemari es? Bagaimana cara terbaik merawatnya agar tidak cepat rusak, kita akan bahas pada artikel kali ini.

Pentingnya Perawatan terhadap Lemari Es

Bicara soal perawatan lemari es atau kulkas merupakan pekerjaan yang harus dilakukan secara rutin. Alasannya karena penggunaannya yang memang tanpa batas waktu dan selalu teraliri listrik.

Bila tidak dilakukan perawatan dengan benar, maka biasanya akan ada berbagai efek buruk terutama dalam jangka panjang. Kita tahu bahwa kulkas sendiri merupakan tempat menyimpan makanan dan minuman yang harus selalu terjaga performa kehigienisannya. Disinilah pentingnya Anda coba merawat kulkas yang Anda miliki serutin mungkin.

 merawat lemari es, perawatan lemari es bari, cara merawat lemari es biar awet, cara merawat kulkas 1 pintu
Tips merawat lemari es yang benar- diminimalis.com

Merawat lemari es bisa dimulai dengan membersihkan bagian luarnya secara fisik, setelah itu baru ke area bagian dalamnya. Jika sudah semua dilakukan maka langkah selanjutnya ialah masuk ke bagian interiornya.

Membersihkan kulkas tidak sama dengan benda lain di dapur, karena ada beberapa produk pembersih yang sebaiknya tidak digunakan. Termasuk juga terkait dengan caranya, Anda tidak boleh asal-asalan memperlakukan kulkas tanpa prosedur yang benar saat membersihkannya.

Demi agar bisa dibahas bersama, kali ini Diminimalis akan ulas untuk Anda tentang cara membersihkan kulkas dengan baik dan benar.

Tips Merawat Lemari Es dengan Baik dan Benar

Pada dasarnya, untuk mendapatkan kulkas yang terawas, cukup dengan memperhatikan hal-hal kecil yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja, cek saja berikut ini.

1. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama

Jangan membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama. Bila pintu kulkas terbuka terlalu lama, maka mesin akan bekerja sangat keras, sehingga berpotensi akan cepat rusak.

Merawat Kulkas, Merawat Kulkas agar tidak bau, Merawat Kulkas saat mati lampu , Tips dapur sehat, tips membuat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, tips memilih peralatan dapur yang sehat, syarat dapur sehat
isi kulkas dengan kapasitas yang ideal -diminimalis.com

2. Tidak perlu semua rak diisi

Hindari mengisi kulkas dengan bahan makanan/minuman secara berlebihan. Muatan berlebih di dalam kulkas akan membuat mesin harus bekerja lebih keras yang mana bisa mempercepat penurunan performa.

Selain itu, mengisi kulkas secara berlebihan juga bisa membuatnya mengeluarkan aroma tak sedap. Tentu ini sangat penting untuk dihindari mengingat kulkas adalah tempat penyimpanan makanan/minuman.

3. Hindarkan kulkas dari sinar matahari langsung

Kulkas/lemari es juga perlu ditempatkan di “tempat yang aman”. Salah satunya adalah tidak terlalu dekat dengan sinar matahari langsung. Menjauhkan kulkas dari matahari langsung akan membuat performa mesin maupun material eksterior tetap terjaga.

Hindarikan juga kulkas dari benda-benda yang mengeluarkan hawa panas. Tidak memasukan makanan atau minuman yang masih panas ke dalamnya. Sebaiknya, makanan dan minuman tersebut didiamkan dulu hingga suhunya mendekati suhu normal, baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas.

4. Aturlah temperatur kulkas sesuai kebutuhan

Ini juga perlu jadi bagian dari ikhtiar Anda dalam merawat lemari es di rumah. Kulkas juga ada batas suhu yang aman untuk bekerja. Jangan menyetel dengan suhu yang terlalu dingin, karena hal ini bisa membuat mesin bekerja dengan ekstra. Tentunya juga akan menambah biaya listrik

5. Jangan membersihkan bunga es menggunakan benda tajam atau benda keras

Saat membersihkan bunga-bunga es, sebaiknya jangan sekali-kali gunakan benda tajam. Sebab, hal ini akan merusak sistem pendinginan kulkas yang mengakibatkan pendingin tidak bekerja maksimal.

Untuk membersihkan bunga es yang menempel, Anda tinggal matikan kulkas dan biarkan kulkas dalam keadaan terbuka, lalu tunggu hingga bunga es mencair. Setelah itu jika ingin menghilangkan bau pada kulkas bisa lakukan pembersihan lebih lanjut setelahnya.

6. Bersihkan kulkas secara rutin, terutama bagian kondensornya

Tips merawat lemari es yang satu ini sangat penting untuk dirutinkan mengingat biasanya pada bagian tersebut banyak sekali debu yang menempel. Debu tersebut bisa menghambat kinerja mesin kulkas sehingga pembersihannya perlu dilakukan secara rutin jika Anda ada waktu luang.

7. Hindari menempatkan kulkas menempel langsung dengan dinding

Kenapa ini penting? Karena Anda tahu sendiri bahwa jika terlalu dekat dengan dinding, efeknya bisa membuat goresan tak sengaja pada bodi kulkas. Berilah jarak sekitar 20 cm antara kulkas dengan dinding supaya udara panas dari mesin kulkas bisa keluar dengan maksimal.

8. Jika terjadi pemadaman listrik, matikan kulkas dan jangan terlalu sering membukanya

Ada kalanya aliran listrik di rumah Anda padam dan berpengaruh terhadap semua barang elektronik termasuk kulkas. Salah satu cara merawat lemari es berkaitan dengan ini ialah dengan mematikan sambungan, lepas jaknya.

Bila aliran listrik menyala kembali, biarkan dahulu selama 5 menit, baru kemudian dinyalakan lagi. Hal ini untuk membiarkan kompresor benar-benar di-reset ke posisi awal sebelum berjalan ke setting normal kembali.

Baca juga: Tips Memilih Kulkas Mini Terbaik

Dari sekian hal tips merawat lemari es di atas sepertinya cukup simpel untuk dilakukan ya. Tugas Anda adalah konsisten dan selalu patuhi prosedur perawatan yang benar. Terakhir, semoga kulkas Anda awet terus. (ls) editted by RN12062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.