Memiliki kulkas kadang jadi bumerang bagi sebagian orang karena kebanyakan memperlakukan kulas sebatas dipakai saja tanpa diberi perawatan. Merawat kulkas agar awet tidak ada cara lain selain memperhatikan gaya penggunaannya dengan benar.

Tidak banyak orang yang tahu cara merawat kulkas dengan benar. Bahkan ada beberapa orang yang harus menerima kenyataan bahwa kulkas mereka rusak padahal terbilang belum lama beli.

Setelah ditelusuri ternyata karena gaya kebiasaan penggunaannya yang memang kurang baik. Setiap orang semestinya tahu bahwa kulkas punya mesin yang perlu dijaga performanya.

Pentingnya Merawat Kulkas dengan Baik

Kerusakan kulkas adalah salah satu momok yang sudah sering terjadi pada sebagian orang. Bukan cuma karena faktor kualitas kulkasnya saja yang buruk, namun juga biasanya karena pola perawatannya yang seperti sudah disebutkan sebelumnya: salah.

Efektivitas perawatan bisa dilihat dari seberapa sering kulkas dibersihkan, pemahamaan terhadap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada kulkas, dan sebagainya.

Pentingnya merawat kulkas dengan baik tidak lain karena perkakas yang satu ini amat akrab dengan penggunaan harian. Yakni untuk menyimpan makanan dan minuman yang dibutuhkan setiap harinya, baik untuk dimakan langsung atau masih mentah.

Ditambah lagi resiko kesehatan yang mungkin saja terjadi lantaran fungsinya berkaitan dengan makanan dan minuman.

Kalau dalam merawat lemari es buruk maka bisa-bisa akan berakibat buruk juga pada kualitas makanan dan minuman yang disimpan.

Untuk itu, merawat kulkas dengan  baik sudha serharuisnya dipahami oleh para pemilik perkakas elektronik yang satu ini. Misi penghematan pun akasn sukses jika dalam merawat berdampak paa kewatena sehingga tidak bolak balik membeli baru.

Merawat Kulkas, Merawat Kulkas agar tidak bau, Merawat Kulkas saat mati lampu
kulkas yang bersih dan rerawat demi kesehatan keluarga Anda – diminimalis.com

Tips Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

Kulkas atau lemari es adalah alat elektronik yang dibuat untuk dapat menciptakan suhu dingin dalam ruangan. Fungsi pendinginana ini ialah untuk menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di area pendinginan tersebut.

Karena kecanggihan teknologi ini, kulkas biasa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman baik dalam keadaan mentah ataupun sudah siap konsumsi.

Karena berhubungan dengan makanan dan minuman, sehingga merawat kebersihan kulkas menjadi kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap pemiliknya.

Tujuannya selain agar unit kulkas tersebut awet adalah supaya kulkas tidak menjadi sumber penyakit baru yang dapat mengancam kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai upaya/cara merawat kulkas dengan perlakuan terbaik.

Merawat Kulkas, Merawat Kulkas agar tidak bau, Merawat Kulkas saat mati lampu , Tips dapur sehat, tips membuat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, tips memilih peralatan dapur yang sehat, syarat dapur sehat
isi kulkas dengan kapasitas yang ideal -diminimalis.com

1. Isilah kulkas sesuai dengan kapasitasnya, jangan berlebihan

Kulkas dibuat dengan kapasitas tertentu, sehingga sangat disarankan untuk tidak membuatnya overload.

Hindari sekali mengisi kulkas dengan jumlah yang melebihi kapasitasnya. Sebab hal ini akan membuat kinerja mesin menjadi ekstra lebih berat dan mengakibatkan kinerja pendinginan juga jadi tidak optimal.

Efeknya, kondisi ini bisa membuat makanan yang ada di dalamnya jadi cepat rusak/basi. Disamping itu penggunaan listrik pun juga akan meningkat secara drastis.

2. Hindari Membiarkan Kulkas Terbuka Terlalu lama

Ketika Anda seleesai membuka, mengambil atau meletakkan sesuatu di lemari es, hindari untuk membiarkannya terbuka dalam waktu lama. Hal ini karena dapat mengakibatkan suhu dingin di dalam kulkas berubah atau dengan kata lain pendinginan ruangan jadi tidak efektif.

Selain itu, energi yang digunakan untuk mengembalikan ke suhu semula akan menjadi lebih banyak. Kulkas menjadi berpotensi cepat rusak karena terbiasa tidak efektif pendinginannya ditambah listriknya juga menjadi boros.

3. Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Dalam rangka menjaga kinerja kulkas agar tetap efektif dan efisien maka hindarkan penempatan kulkas di lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

Pancaran sinar matahari yang langsung mengenai kulkas meski bagian luarnya saja, tetap berpotensi menjadikan sistem pendinginan tidak bekerja dengan baik.

Jika sudah demikian, dampaknya akan sangat terasa jika hal ini sudah berlangsung lama.

4. Jauhkan dari benda-benda Tajam

Salah satu tips perawatan kulkas yang penting tapi sering diabaikan adalah persoalan kebiasaan meletakkan benda-benda tajam di dekat kulkas.

Kenapa tidak dianjurkan melakukan hal demikian? Salah satu sebab paling logis adalah benda tajam tersebut berpotensi menggores/membuat lecet bodi kulkas. Selain itu, perangkat penting yang berkaitan dengan kelistrikan juga bisa saja terdampak kerusakan yang bisa membahayakan pemiliknya.

Baca juga: Tips menghilangkan bau kulkas yang efektif ala Diminimalis

5. Bersihkan Kulkas Secara Teratur

Membersihkan kulas tidak berati hanya bodi luarnya saja yang harus dilap-lap dari kotoran yang menempel. Pembersihan disini berati secara keseluruhan baik luar maupun dalam.

Untuk bagian luar, bersihkanlah kulkas secara berkala dan rutin dengan cara mengelapnya menggunakan kain basah.

Sementara untuk pembersihan interior kulkas mesti lebih hati-hati lagi karena masih terkait dengan mesin. Saat membersihkan bunga es, jangan sekali kali menggunakan alat tajam karena hal ini dapat merusak bagian-bagian vital kulas itu sendiri.

Alternatifnya, matikan dulu kulkas dari sambungan listrik dan tunggulah hingga bunga es tersebut mencair dengan sendirinya. Setelah itu baru bersihkan sebagaimana membersihakan cairan air biasa.

Dari tips merawat kulkas/lemari es yang sudah dibahas di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk menjaga kulkas agar berfungsi dengan baik dalam waktu lama harus benar-benar dirawat.

Cara merawatnya harus dimulai dari bodi luar kemudian bagian dalamnya juga mesti diperlakukan sebagaimana rekomendasi penggunaannya.

Selanjutnya dengan menghindari berbagai hal yang tidak boleh berada dekat dengan kulkas maka akan menyempurnakan ikhtiar perawatannya.

Dengan melakukan tips-tips tersebut maka kulkas Anda akan awet dan bisa bertahan bertahun-tahun.

Mungkin itu saja ulasan singkat kami tentang tips merawat kulkas dengan cara terbaik yang semoga membuat Anda tercerahkan. Sampai jumpa. (ls) editted by RN21102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *