by

Merawat Karang Akuarium Air Laut Agar dapat Tumbuh Dengan Baik

Merawat karang akuarium air laut penting dilakukan karena karang merupakan hewan dengan pertumbuhan yang lambat dan yang perlu dilestarikan.

Membahas seputaran karang yang ada di laut membuat kita teringat kejadian yang akhir – akhir terdengar dimedia televisi yaitu kerusakan karang laut asli.

Sayang sekali terumbu karang alami ini mengalami nasib yang buruk akibat Kapal Pesiar yang dibawa oleh pimpinan Inggris ( MV Caledonian Sky ). Kapal tersebut terjebak di perairan dangkal dan saat air sedang dangkal, dengan boat mereka menarik kapal tersebut lalu rusaklah keindahan alam bawah lautnya.

Kita tidak akan membahas lebih jauh ini untuk intro saja agar kalian mau merawat terumbu karang yang ada baik di laut ataupun di akuarium. Tentu kita tidak mau bila karang yang ada di akurium kita mengalami nasib yang sama seperti diatas.

Maka dari itu, kali ini Diminimalis akan mengulas cara merawat karang akuarium air laut.

Merawat Karang Akuarium Air Laut, pakan untuk terumbu karang, cara membuat terumbu karang di akuarium
terumbu karang di akuarium harus dipelihara karena pertumbuhannya sangat lambat – diminimalis.com

Merawat Karang Akuarium Air Laut

Media yang kita gunakan memanglah sebuah akuarium yang airnya wajib selalu diganti setiap 2 minggu sekali, dimana komposisi airnya 20% per 2minggu dan 50% per bulannya.

Gunakan air laut dan air tawar yang telah di aklamasi agar saat air menguap tersisa garam yang ada pada kandungan air laut. Kemudian sering mengecek kadar pH, karena karang sangat sensitif terhadap kandungan air lautnya.

cara merawat akuarium air laut, cara merawat ikan akuarium air laut, cara membuat dan merawat akuarium air laut,
merawat akuarium air laut – diminimalis.com

Kadar yang baik antara 8 hingga 8,3 normalnya. Anda dapat mengecek menggunakan pH meter ataupun kertas lakmus yang biasa dijual dipasaran. Untuk mutu airnya, dapat anda gunakan protein skimmer.

Mutu air sangat mempengaruhi keadaan karang di akuarium. Gunakan tumbuhan alami agar karang laut dapat beradaptasi dengan lingkungan dan memiliki kemiripan pada habitat aslinya.

Sebagian terumbu karang akan memakan sisa makanan pakan ikan yang telah jatuh di dasar akuarium, namun kalian harus memberikan asupan makanan setidaknya 1 atau 2 minggu seperti potongan udang/kerang kupas.

Pemberian pakan ini cocok anda lakukan pada malam hari saat ikan diakuarium telah kenyang.

Untuk menyuapkannya, Anda dapat menggunakan alat penjepit ,alat suntik dan alat jaring. Beberapa pemberian pakan yang memerlukan perhatian khusus seperti polip matahari, elephant pear, anemone, cerianthus , krang melati, karang daging ataupun kolang – kaling dan sebagainya.

Tips Mendesain Akuarium yang Bagus

Sebelum membahasa lebih jauh tentang bagaimana merawat akuarium air laut, sekarang kita bahas terlebih dulu bagaimana kiat terbaik mendesainnya.

1. Desain besar akuarium

Pada dasarnya, akuarium perlu mendapatkan proses fotosintesis. Anda bisa menata bagian dalam akuarium sebagus mungkin tapi tetap ramah ekosistem.

Bisa dengan menata terumbu karang sedekat mungkin dengan permukaan akuarium. Dengan begitu ekosistem di akuarium akan muadah mendapat fotosintesis.

2. Tambahkan pasir dan karang palsu

Di bagian dasar akuarium bisa Anda tambahkan dengan pasir atau karang palsu agar nuansa laut di akuarium semakin terlihat.

Caranya bisa Anda atur dengan menempatkan beberapa jenis karang. Atur agar penempatan karang tidak menutupi ikan yang berlalu lalang. Sisakan space di bagian depan agar tidak mengganggu aktivitas ikan.

3. Memilih terumbu karang & jenis arus

Sebagian besar terumbu karang memang bersifat predator. Jenis terumbu karang ini umumnya berwarna cerah, kuning, dan merah.

Selain itu, terumbu karang ini lebih tepat di kolam berarus sedang. Karena perawatannya susah, untuk Anda yang pemula sebaiknya tidak perlu menambahkan terumbu karang.

Menentukan ukuran akuarium

Dalam menentukan ukuran akuarium yang akan digunakan, Anda perlu melakukan riset dengan beberapa pertimbangan. Sesuaikan ukuran akuarium dengan ekosistem seperti apa yang ingin Anda terapkan di dalamnya.

Baca: Jenis Ikan Air Laut yang Cocok dipelihara di dalam Akuarium Anda

Tidak selamanya akuarium berukuran kecil bagus sebab ukuran kecilnya lah yang justru membuat perawatannya cukup sulit. Anda bisa mencoba akuarium berukuran sedang karena ukuran ini lebih tepat untuk bereksploarasi.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara merawat karang akuarium air laut. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis ikan air laut yang cocok dipelihara di dalam akuarium Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) -editted by RN27032019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.